Bagi pihak yang berkecimpung di dalam dunia pemrograman, perlu memahami tentang tipe data. Tipe – tipe data bermanfaat bagi kinerja komputer, melalui kode bahasa pemrograman.

Dalam ilmu komputer dan pemrograman, tipe data adalah klasifikasi variabel untuk menentukan data yang akan disimpan ke dalam memori. Tipe data dibutuhkan agar kompiler mengetahui bagaimana data akan digunakan.

Pemrograman komputer terdiri dari beberapa tipe data yang umumnya bisa digunakan untuk menentukan nilai dari data. Ada beberapa tipe data yang digunakan untuk pengembangan program, di antaranya integer, floating point, char, string, boolean, dan array. Berikut penjelasan dari masing-masing tipe data.

Tipe Data Dalam Pemrograman yang Perlu Diketahui

Tipe Data Dalam Pemrograman

1. Integer

Tipe data integer (int.) atau bilangan bulat , adalah tipe data numerik yang biasa digunakan apabila bertemu dengan bilangan bulat. Program yang menggunakan tipe data integer (int.) ini tidak mendukung penggunaan huruf.  Numerik ini mencakup semua bilangan bulat tanpa pecahan desimal. Contoh : 1, 27, ,-12, 100, dan lain sebagainya.

2. Floating Point

Jika integer berbentuk bilangan bulat, floating point adalah tipe bilangan pecahan yang menangani bilangan desimal. Tipe data ini memiliki bagian desimal di akhir angka, atau memiliki titik (floating point).

Terdapat beberapa jenis data floating, seperti float ganda, float tunggal, dan float quadruple. Jenis float ini dibedakan menurut banyaknya penggunaan total bit, dari yang terkecil hinigga yang terbesar (24 bit-128 bt).

Float atau real number ini cocok digunakan untuk variabel yang berisi angka pecahan, seperti hasil dari pembagian, dan hasil dari komputasi numerik yang tidak bisa ditampung oleh tipe data integer.

3. Character (Char)

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan angka, huruf, simbol, tanda baca, atau spasi kosong. Char membutuhkan 1 byte atau 8 bit ruang di dalam memori untuk menyimpan sebuah karakter. Tipe data char tidak memiliki batasan, dan dalam penggunaanya dengan menggunakan tanda kutip (‘).

4. String

Tipe data string terdiri dari kumpulan karakter yang mencakup angka, huruf, dan jenis karakter lainnya seperti teks biasa. String seringkali dianggap sebagai tipe data dasar, karena data string paling sering digunakan oleh para programmer.

String mewakili data bersifat alfanumerik, dimana meskipun karakter berupa angka karakter tersebut tetap dianggap sebagai teks. Layaknya char, tipe data string diawali dan diakhiri dengan tanda kutip.

5. Boolean

Tipe data boolean merupakan tipe data pemrograman yang memiliki dua nilai. Yaitu benar (true) atau salah (false). Tipe data boolean hanya dapat mewakili dua nilai dengan pertimbangan seperti hubungan angka lebih kecil atau lebih besar. Nilai pada tipe data dalam pemrograman ini sangat penting dalam mengambil keputusan suatu kejadian tertentu.

6. Array

Tipe data ini termasuk tipe data composite karena dapat menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel.  Dalam pemrograman, Array merupakan tipe data terstruktur, dimana tipe data ini memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks.

Baca Juga: Mengenal Profesi Cyber Security Consultant Dengan Gaji yang Menggiurkan

(Visited 64 times, 2 visits today)