UI UX Design merupakan profesi yang saat ini sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Tak heran jika gaji UI UX Designer terbilang cukup besar. Nah jika Anda seorang IT Fresh Graduate dan tertarik untuk menjadi seorang UI UX Design, tips dibawah ini akan membantu Anda agar menjadi UI UX Design yang hebat dan dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia.

Apa sih Kunci Utama menjadi UI UX Design?

Konsep dasar terhadap desain sangatlah penting. Namun, Anda perlu mengetahui kunci utama UI UX design dibagi menjadi 3 bagian diantaranya

  • Problem

Masalah apa yang terjadi? Sebagai UX designer sendiri justru kita diharuskan mencari suatu masalah, bukan malah menghindarinya. Masalah seperti apakah yang dimaksud? Contohnya seperti latar belakang dibuat suatu flow sistem, alat untuk meminimalisir sistem manualisasi yang ada saat ini. Supaya bisa menghasilkan suatu ide ataupun solusi.

  • Solution

Bagaimana cara memperbaikinya? Anda perlu membuatnya sebaik mungkin seperti mempunyai tampilan yang menarik, dan mudah digunakan oleh pengguna (user friendly).

  • Result

Anda perlu menghasilkan suatu keluaran atau output yang nantinya akan mempermudah pekerjaan dari para pengguna, bukannya malah mempersulit mereka.

Memilih Tools yang Sesuai

Hal ini perlu juga diperhatikan karena dengan memilih tools yang tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi waktu kerja. Jika Anda baru saja memulai belajar UI, maka alangkah baiknya menggunakan software penunjang seperti Adobe XD, Figma tools. Mengapa? Anda juga dapat memilih salah satu atau kedua software tersebut karena sudah memiliki standar yang memudahkan proses desain dan dilengkapi dengan proses prototyping.

Sedangkan untuk UX flow Anda juga bisa menggunakan platform online seperti Whimsical. Di sini telah disediakan fitur yang mempermudah Anda dalam urusan perancangan sebelum diimplementasikan oleh UI designer berupa flowchart, mind maps, dan juga wireframes. Anda juga bisa pelajari lebih lanjut di internet.

Mencari Banyak Sumber Referensi

Sebagai UI UX designer Anda disarankan agar mencari berbagai sumber referensi. Seseorang yang mengembangkan desain harus banyak belajar juga dari sumber-sumber seperti buku, website, Youtube, dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki kendala dalam mencari sumber inspirasi desain, Anda bisa kunjungi website dribble search aja di Google. Hal ini bisa lebih membantumu menemukan ide untuk membuat sebuah desain website maupun aplikasi mobile.

Baca juga artikel lainnya : Berapa Sih Kisaran Gaji UI UX Designer?


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 28 times, 1 visits today)