Jika Kamu baru saja lulus atau masih menyelesaikan gelar di universitas, Kamu akan memiliki kebutuhan yang berkembang untuk membuat CV atau Curriculum Vitae yang “sempurna”. Meskipun, tidak ada formula yang “sempurna”, tetapi selalu ada strategi yang baik tentang bagaimana memulai CV yang luar biasa itu.

membuat CV

Jadi, informasi seperti apa yang akan Kamu masukkan ke dalam CV atau Resume? Format apa yang akan Kamu ikuti untuk detailnya? Jika Kamu masih belum jelas dengan profil Kamu, berikut adalah beberapa tips membuat resume untuk kamu yang baru saja menyelesaikan kuliah:

1. Buat Daftar
Buat informasi yang terorganisir yang Kamu inginkan di CV kamu. Meskipun, selalu baik untuk menyesuaikan resume Kamu dengan lowongan pekerjaan, ada informasi standar yang harus Kamu sertakan pada resume termasuk:

  • Nama, Alamat, dan Detail Kontak
  • Gelar / Pendidikan Tertinggi
  • Tanggal lulus / selesai gelar Anda
  • Keterampilan
  • Pengalaman kerja dan sejarah (jika Anda sudah memilikinya)
  • Proyek yang pernah ditangani atau Karya Tesis
  • Prestasi dan Penghargaan

2. Pelajari Format Resume
Banyak format resume yang tersedia di Internet yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Tinjau sampel resume, format, atau Kamu bahkan dapat mengunduh template gratis secara online. Sampel ini akan memberi Kamu inspirasi tentang apa yang sebenarnya Kamu inginkan untuk resume yang ingin dibuat.

3. Resume Services
Layanan untuk membuat resume telah menjadi populer. Namun Kamu harus berhati-hati. Ada layanan resume yang akan menagih kamu lebih dari biasanya. Akan lebih baik jika Kamu melakukan pemeriksaan latar belakang atau membaca ulasan dari penyedia layanan resume yang berbeda sebelum membeli siapa pun dari mereka.

4. Pahami Resume Kamu Sendiri
Tidak akan butuh waktu lama untuk membaca resume kamu. Jika Kamu tidak puas, biarkan seseorang membacakannya. Pastikan tidak ada kesalahan dalam tata bahasa dan tipografi.

5. Perbarui Resume Anda
Ketika kamu Ingin melanjutkan karir, pastinya Kamu akan memperoleh lebih banyak keterampilan, pengalaman, dan prestasi. Pastikan kamu memasukannya ke dalam resume. Kesempatan kerja terbuka setiap hari dan Kamu harus selalu siap dengan profil di resume Kamu.

6. Presentasi
Ya! Presentasi itu penting. Kamu harus mempersiapkannya dengan baik agar wawancara terlihat rapi dan profesional. Buat resume kamu se-menarik mungkin, gunakan font yang dapat dibaca, hindari warna yang berlebihan dan teks hitam pada latar belakang putih agar lebih terlihat mengesankan

(Visited 76 times, 1 visits today)