Kebutuhan sebuah perusahaan terhadap tenaga Programmer memang meningkat akhir-akhir ini. Karena proses digitalisasi sangat membutuhkan peran Programmer untuk membangun sistem yang tepat dan penting untuk Anda perhatikan tips cara mengetahui Programmer yang palsu. 

Setiap perusahaan membutuhkan keahlian programming yang berbeda untuk mendukung proses bisnis secara maksimal. Sayangnya, hal tersebut dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang mengakui menguasai keahlian programming. Bahkan,  Programmer palsu tersebut bisa lolos dalam proses rekrutmen secara mulus.

Jadi, bagaimana Anda dapat memastikan bahwa calon karyawan yang Anda wawancarai bukanlah seorang Programmer palsu, terutama jika Anda sendiri bukanlah seorang Programmer?

Berikut 6 tips cara mengetahui Programmer palsu Agar Anda tidak tertipu

1. Menerapkan tes diagnostik di tempat

Tips Mengetahui Programmer Palsu

Ini adalah suatu solusi yang baik jika Anda terapkan, mintalah para calon kandidat menyelesaikan tugas coding praktis dan menghasilkan program yang dapat dijalankan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah kemampuan mereka sesuai dengan yang mereka katakan, atau hanya bualan semata.

2. Berikan pertanyaan tentang penerapan coding di dunia nyata

Pemrograman adalah tentang kepraktisan. Tanyakan pada mereka bagaimana mereka dapat menggunakan fitur-fitur ini untuk memperbaiki sistem dan kerangka kerja yang telah ada. Jika mereka tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan, mungkin mereka tidak benar-benar mengetahui arti dari istilah tersebut.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

3. Mencermati Pengalaman Kerja

Tips Mengetahui Programmer Palsu

Seorang Programmer yang mengaku sudah berpengalaman pasti sudah pernah bekerja di beberapa perusahaan lain. Tak ada salahnya  jika Anda meminta kontak referensi sang Programmer untuk mencari tahu lebih banyak tentang kemampuan Programmer tersebut.

4. Melibatkan Staf Ahli Programming

Alangkah lebih baik jika proses rekrutmen melibatkan staf ahli programming. Sehingga staf ahli tersebut dapat mengajukan berbagai pertanyaan atau tes sederhana tentang programming. Seorang Programmer pasti bisa menilai kemampuan Programmer lainnya secara lebih akurat. Berbeda dengan staf HRD yang lebih mudah terpukau dengan kepribadian pelamar kerja yang menarik.

5. Waspadalah terhadap kandidat yang terlalu percaya diri

Tips Mengetahui Programmer Palsu

Kemampuan menulis kode jauh lebih diutamakan daripada aspek penilaian wawancara tradisional seperti artikulasi yang baik dan rasa percaya diri yang tinggi. Bukan berarti kandidat yang berbicara dengan baik adalah seorang penipu. Programmer berdedikasi memahami ini, sehingga mereka biasanya fokus untuk meningkatkan kemampuan programming dibandingkan meningkatkan daya tarik lainnya.

6. Mengajukan Pertanyaan tentang Implementasi Coding

Selain tes programming, pertanyaan mengenai implementasi coding sangat penting. Anda harus mengajukan pertanyaaan tentang implementasi coding yang cocok bagi perusahaan. Pertanyaan ini akan memberikan kesempatan bagi Programmer untuk menunjukkan kemampuan analisisnya. Jawaban yang tepat dan kreatif adalah bahan pertimbangan terbaik sebelum mempekerjakan sang Programmer.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Dalam merekrut calon Programmer untuk bekerja di perusahaan Anda memang tidak mudah, dibutuhkan penilaian secara cermat agar bisa mendapatkan Programmer berkualitas.

Jika Perusahaan Anda sedang membutuhkan tenaga kerja seorang Programmer dan belum menemukan Programmer yang tepat, Kami dapat membantu Anda. Silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 145 times, 1 visits today)