Tips Semangat Bekerja Saat Puasa

semangat berpuasa
Akhirnya Ramadhan tiba, bulan penuh berkah sudah datang. Untuk umat muslim, diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan.

Namun, yang menjadi masalah adalah, tubuh kita menjadi lemas saat bekerja atau beraktifitas. Tahukah anda, menurut dr. Samuel Oetoro, MS.Sp.GK, ahli gizi dari Semanggi Specialist Clinic mengatakan bahwa rasa lemas saat berpuasa disebabkan karena menurunnya gula darah secara berlebihan.

Untuk itu, dalam menghadapi lemas tadi, kita wajib memperhatikan asupan nutrisi dalam tubuh, sehingga hal ini akan menjaga dan memperoleh energi yang cukup untuk menahan lemas.

Berikut adalah tips seputar cara mengatasi lemas saat kita sedang berpuasa, dicoba ya….

1. Awali berbuka dengan minum terlebih dahulu
Langkah tepat agar kadar gula meningkat perlahan adalah minum teh manis hangat dengan 3-5 biji kurma terlebih dahulu, tujuannya agar pankreas tidak terkejut.

Hindari berbuka dengan minuman yang dingin karena akan membuat perut yang kosong menjadi kembung. Air dingin akan membuat asam lambung meningkat.

Sayangnya orang Indonesia lebih suka langsung makan besar pada saat berbuka, sehingga selepas terawih sudah malas untuk makan. Pola makan ini mengakibatkan mudah lapar di siang hari.

2. Cukup Air
Ketika tidak berpuasa, tubuh membutuhkan minimal 8 gelas air minum setiap harinya. Tidak harus mengonsumsi air mineral, namun juga bisa lewat jus buah, teh atau sup.

3. Sahur
Jangan melewatkan makan sahur, karena dapat memberikan tenaga dalam menjalankan aktivitas berpuasa. Pilih menu yang mengandung karbohidrat komplek seperti beras merah, outmeal, roti gandum atau ubi. Karbohidrat ini tahan lebih lama dalam tubuh dan dicerna secara bertahap, sehingga lebih tahan lapar.

Hindari makanan berlemak, karena dapat mengakibatkan hormon insulin berlebihan sehingga mempercepat turunnya kadar gula darah dan membuat anda cepat lapar.

4. Konsumsi Buah dan Sayur
Ini dilakukan untuk mensiasati turunnya gula darah secara berlebihan dan cadangan glukosa dan glikogen dalam tubuh tetap cukup.

5. Cukup Tidur
Tidur berlebihan tidak membuahkan hasil yang baik, begitu pula kekurangan tidur. Dianjurkan tidur setelah terawih. Tidur siang sebentar juga disarankan.

6. Olahraga
Puasa bukan alasan untuk berhenti berolahraga. Olahraga ringan akan membuat badan menjadi lebih segar. Atur waktu olahraga agar tidak mengganggu puasa.

Semoga di bulan Ramadhan ini, bisa menjadikan kita makin dekat dengan NYA. Selamat berpuasa

Salam Sukses

By |2018-05-22T16:32:49+00:00May 22nd, 2018|Article, Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat