Mengikuti perkembangan teknologi, kini sudah banyak tools yang digunakan untuk mengelola bisnis agar pembuatan data bisa lebih mudah didapatkan dan dipahami. Akan tetapi, masih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengelola data tersebut, menjadi bahan yang berguna untuk dijadikan strategi bisnis. Itulah alasan mengapa tools Business Intelligence ini memiliki peranan penting dalam menyukseskan bisnis perusahaan. Apa saja tools yang biasa digunakan oleh Business Intelligence? Yuk, simak pembahasannya!

1. Microsoft Power BI

Microsoft Power BI merupakan software bisnis intelijen buatan Microsoft, yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan data dari berbagai macam sumber. Tool ini digunakan untuk mengolah data secara lebih detail dengan menggunakan grafik yang lebih aktif dan variatif. Aplikasi ini dapat memvisualisasikan data yang telah dimasukkan, atau data yang telah terhubung dengan sistem lain. Microsoft Power BI bisa mempermudah pengontrolan dan pemantauan data.

2. Tableau

Bagi orang-orang awam di bidang ini, data-data mentah akan sangat sulit untuk dipahami. Tableau memungkinkan penggunanya untuk mengolah data menjadi visual yang menarik, sehingga data menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami. Tableau menyediakan dashboard dan scorecard, ad hoc analysis and queries, pemrosesan analitik online, integrasi spreadsheet, dan lain sebagainya.

Business intelligence biasa menggunakan tool ini untuk memvisualisasikan data dan menyederhanakan

3. Dundas

Dundas merupakan tools berbasis browser yang sangat populer karena kesederhanaan penggunaannya. Layaknya tools Business intelligence lainnya, software ini digunakan untuk membuat dashboard dan scorecards, data perusahaan, dan lainnya. Fitur data analytics pada tool ini mampu memprediksi perencanaan bisnis.

4. QlikView

Sama seperti Tableau, tool ini digunakan untuk visualisasi data dan membuat dashboard. Mengoperasikan tools ini sangat mudah dilakukan, hanya dengan drag and drop saja tools ini  sudah bisa digunakan. Qlikview sudah menggunakan natural language processing, sehingga pencarian data pun jauh lebih mudah dan akurat.

5. FineReport

FineReport adalah tools yang digunakan untuk mempermudah pembuatan laporan. Tools ini bisa dapat digunakan untuk memvisualisasikan data dari laporan atau dashboard grafik HTML5, dengan tampilan efek 3D dan dinamis. Interface FineReport yang menyerupai Excel mempermudah dalam membuat, mengekspor, dan menghasilkan laporan yang kompleks.

6. Domo

Domo merupakan tools yang dapat mengintegrasikan ribuan data dari sumber yang berbeda. Tools ini dilengkapi dengan berbagai fitur modern, seperti database, spreadsheet, perangkat dan fitur tambahan yang berbasis penyimpanan awan. Domo memungkinkan penggunanya untuk melacak email campaign, mengecek jumlah penjualan, dan mengevaluasi proses marketing.

Baca Juga: 10 Aplikasi Terbaik yang Dapat Membantu Pekerjaan UI/UX Designer

(Visited 36 times, 1 visits today)