Saat bekerja, front end developer pasti membutuhkan tools yang fleksibel untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan mereka. Nah saat ini banyak sekali perusahaan ataupun komunitas open-source yang membangun library, rancangan, serta aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi para web developer. Apa saja sih tools front end developer yang bisa digunakan? simak ulasannya berikut ini

Tools Front End Developer

1. Am I Responsive?

tools front end developer

Sumber Foto : theprotoolbox.com

Am I Responsive merupakan aplikasi online gratis yang menawarkan para penggunanya untuk memeriksa dengan cepat bagaimana projek website Anda terlihat pada ukuran layar yang berbeda. Tools ini juga memiliki fungsi dalam menunjukkan seberapa responsive sebuah website. Anda bisa menggunakan tools ini untuk mengujinya hanya dengan memasukkan URL website tersebut.

Tools ini dapat bekerja pada “http://localhost/” sehingga projek baru Anda tidak akan kesulitan saat melakukan pengujian. Anda juga bisa menggunakan bookmarklet Am I Responsive di browser untuk mulai menguji website Anda.

2. Angular

tools front end developer

Sumber Foto : klikgss.com

Angular merupakan framework buatan Google dan merupakan framework terbaik dan paling sempurna dari semua framework yang ada. Meskioun sempurna, tools front end ini bersifat gratis dan open source, jadi Anda bisa bebas untuk menggunakan dan mengembangkannya.

Tools ini juga merupakan tools lintas platform, yang membuat Anda bisa menggunakannya untuk web, mobile web, native mobile, dan native desktop. Kecepatan dan kinerja dari framework ini sudah terbukti, sehingga banyak orang yang memakai tools ini.

3. Atom

tools front end developer

Sumber Foto : yukeducate.com

Atom adalah code editor bersifat open source dan merupakan tools lintas platform yang bisa didapatkan secara gratis. Kelebihan dari tools ini adalah bisa membuat Anda berkolaborasi dengan developer lain yang menggunakan teletype untuk Atom.

Tak hanya itu, tools ini bisa bekerja dengan Git dan GitHub, melakukan pengeditan terhadap kode di platform berbeda, mempercepat coding secara otomatis, mencari, menginstal, bahkan sampai membuat package Anda sendiri.

4. Anime.js

Sumber Foto : freefrontend.com

Anime.js merupakan library animasi JavaScript yang bisa dibilang cukup ringan dengan antarmuka pemrograman aplikasi sederhana namun kuat. Tools yang satu ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan properti CSS, SVG, attribute DOM dan Objek JavaScript. Anda bisa menggunakan tools ini sepenuhnya gratis serta bersifat open source.

5. Chrome DevTools

Sumber Foto : css-tricks.com

Chrome DevTools adalah seperangkat web developer tools yang dibangun langsung ke dalam browser Google Chrome. Tools ini bisa membantu Anda dalam mengedit halaman dan langsung mendiagnosis masalah dengan cepat, serta membantu membangun situs web yang lebih baik, lebih cepat.

Baca juga : Skill Junior Front End Developer yang Wajib Dikuasai

 

(Visited 27 times, 1 visits today)