Pada masa digital ini, umumnya perusahaan yang berada di ibu kota DKI Jakarta mengandalkan sistem IT (Information Technology) demi memberikan layanan, baik kepada masyarakat maupun konsumennya. Untuk itulah dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mampu menangani setiap tantangan perusahaan dan perubahan serta teknologi terkini. Banyak perusahaan di Jakarta yang telah menggunakan jasa training IT Jakarta untuk mengembangkan SDM di dalam perusahaan, supaya dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada. 

Beberapa pelaku bisnis yang ada di Jakarta, juga telah menggunakan teknologi digital untuk memberikan layanan yang terbaik melalui sistem yang dikembangkan dan terintegrasi. Pemanfaatan dan pembaruan teknologi digital tentu harus dilakukan supaya bisnis yang dijalankan tetap berkembang dan tidak mengalami kemunduran. Namun, hal ini harus diimbangi dengan SDM yang benar-benar berkualitas, terutama di bidang IT.

Pentingnya Training IT Bagi Karyawan dan Bisnis (Perusahaan)

training it jakarta

Oleh karena itulah dalam rangka menyiapkan SDM yang handal untuk bekerja pada bisnis yang Anda jalankan,  merupakan salah satu hal yang sangat penting. Di sini, staf Anda dapat mengasah dan juga meningkatkan kemampuan dalam menguasai segala hal mengenai teknologi khususnya yang terkait dengan IT. Sebab, keahlian inilah yang nantinya akan dibutuhkan oleh instansi maupun lembaga dan perusahaan yang bersangkutan dengan bisnis Anda.

Dengan SDM yang mampu dan siap menyambut perkembangan teknologi, tentu saja akan menghindarkan bisnis Anda dari berbagai macam kerugian yang bisa saja datang kapanpun tanpa diketahui. Seperti diketahui, Jakarta merupakan pusat segala aktivitas, mulai dari ekonomi, binis, perdagangan, dan juga pendidikan. Di kota ini tersedia berbagai macam pilihan institusi pendidikan IT Training untuk mengembangkan karir dan juga keilmuan IT, agar mampu bersaing di dunia kerja. 

5 Jenis Training IT yang Paling Dibutuhkan Karyawan

Untuk meningkatkan kemampuan karyawan, diperlukan suatu training dan pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas daripada karyawan, supaya dapat mencapai visi dan misi daripada perusahaan. Untuk itu, Anda sebagai pemilik bisnis, kiranya perlu mengetahui jenis-jenis training IT yang paling dibutuhkan oleh karyawan Anda, yang mana training atau pelatihan ini telah digunakan di banyak perusahaan-perusahaan baik di Jakarta maupun luar negeri:

1.  Training IT for Management

  • Information Technology (IT) Risk Management
    Pelatihan ini memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai  kerangka manajemen risiko di dalam mekanisme teknologi informasi.
  • Information Technology (IT) Project Management
    Pelatihan ini membahas tentang semua elemen yang berkaitan dengan semua manajemen proyek yang berkaitan dengan teknologi informasi.
  • Audit Teknologi Informasi
    Pelatihan ini didesain khusus bagi semua praktisi dan auditor teknologi informasi. Membahas tentang sistem teknologi informasi, aplikasi teknologi informasi, pengembangan sistem, dan topik audit khusus.
  • Sistem Informasi Laboratorium
    Pelatihan ini ditujukan untuk memberi pembekalan dan pemahaman kepada karyawan, mengenai sistem informasi manajemen pada aktivitas laboratorium.

2.  Training IT for Office Administration

  • Electronic Filing Implementation
    Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada karyawan, mengenai cara membuat sistem pengarsipan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
  • Managing Office & Filing System
    Pelatihan atau training ini bertujuan untuk mempelajari tentang tata kelola kantor berdasarkan sistem 5S (lean office), yang dipraktikkan sesuai dengan kebutuhan sebuah bisnis.  
  • Document Control & Filling System
    Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan karyawan perusahaan dalam hal bisnis, yang erat kaitannya dengan pengelolaan dokumen perusahaan.
  • Power Query Microsoft Excel
    Pelatihan ini bertujuan untuk mempelajari teknologi koneksi data yang memungkinkan karyawan untuk menemukan, menyambungkan, menggabungkan, memperbaiki sumber data untuk memenuhi kebutuhan analisis bisnis yang dikelola perusahaan tempatnya bekerja.
  • Mastering Spreadsheet Data
    Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi yang efektif dan efisien bagi karyawan untuk melakukan otomatisasi pengolahan data dalam jumlah yang besar dengan aplikasi Microsoft Excel.

3.  Training IT for Human Resources

  • Comprehensive Human Resources Information System (HRIS)
    Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan perusahaan, mengenai prinsip-prinsip dasar penyusunan sistem informasi Sumber Daya Manusia (SDM).

4.  Training IT for Business Communications

  • Interactive Dashboard with Microsoft Excel
    Pelatihan ini bertujuan untuk membuat interactive dashboard dengan aplikasi Microsoft Excel dan Powerpoint untuk keperluan input data-data analisa keuangan, kinerja penjualan, kinerja KPI, dll.
  • Advanced Visual Communication with Infographics
    Pelatihan bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat komunikasi visual dan bagaimana menerapkannya dalam bentuk presentasi infografis.

5. Training IT for Sales & Marketing

  • Digital Marketing Total Solution
    Program pelatihan digital marketing bagi karyawan ini dilengkapi dengan online coaching and consultation.
  • Digital Marketing Strategy
    Peserta akan diajarkan dalam tujuannya menyusun strategi marketing melalui berbagai media digital, sekaligus dengan evaluasi berkala untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam belajar.
  • Facebook & Instagram Ads Masterclass
    Peserta akan diajarkan cara bagaimana untuk menurunkan biaya Facebook Ads dan Instagram Ads dan Meningkatkan Return of Investment (ROI).
  • Google Ads Masterclass
    Peserta training akan diajarkan bagaimana membuat Google Ads yang dapat menjual produk dan layanan secara terus-menerus dari pengalaman banyak perusahaan yang telah melakukannya.

Manfaat Training IT Bagi Bisnis (Perusahaan)

Di era digital saat ini banyak pelaku bisnis telah menerapkan teknologi bidang IT di bisnis yang dikelola, tidak ketinggalan pemilik-pemilik bisnis yang berada di Jakarta juga telah memanfaatkannya. Ini disebabkan oleh dampak kemajuan perkembangan teknologi terbaru yang membuat suatu bisnis, mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi dan menyesuaikannya.  

Dalam menjalankan operasional sebuah bisnis, kebutuhan akan pelatihan atau training IT di Jakarta, akan sangat diperlukan demi menunjang kinerja karyawan supaya dapat lebih meningkat hingga semua level organisasi di dalam bisnis. Pelatihan atau training IT tentu akan berdampak langsung kepada karyawan, sehingga dapat menjalankan infrastruktur IT di tempatnya bekerja dengan mudah. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang didapatkan oleh suatu bisnis ketika menggunakan layanan training IT, terutama yang mempunyai basis bisnis di daerah DKI Jakarta :

1. Meningkatkan Kualitas dan Efisiensi

Kualitas dan efisiensi merupakan hal yang sangat penting dalam penyediaan suatu layanan. Dengan menggunakan layanan training IT, maka akan dapat memaksimalkan segala sumber daya yang ada dan menjadikan tingkat keefisienan bertambah, sehingga menghasilkan kualitas yang sempurna. Selain itu, beberapa layanan training IT juga memungkinkan penyediaan layanan customer service selama 24 jam.

2. Mengurangi Risiko Perubahan IT

Dalam sebuah bisnis, perubahan akan dapat menimbulkan berbagai permasalahan tertentu, apabila tidak direncanakan secara baik. Dengan memanfaatkan layanan training IT yang tepat, maka dalam menjalankan operasional bisnis, Anda tidak perlu menerapkan perubahan pada infrastruktur IT dalam bisnis Anda, sehingga tidak akan  membahayakan proses bisnis yang Anda jalankan. Meskipun demikian, karyawan yang telah mendapatkan training IT yang berkaitan dengan infrastruktur perubahan yang baru, akan dapat menentukan peran, dan proses sehingga dapat merencanakan dan mengkomunikasikan dampak yang terjadi setelah adanya perubahan operasional bisnis.

3. Manajemen Insiden

Peran karyawan yang telah mendapatkan pelatihan IT terutama yang berkaitan dengan materi manajemen service perusahaan, yaitu akan cepat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi atau apabila terjadi gangguan di dalam operasional. Selain itu, karyawan yang bersangkutan juga akan cepat berperan untuk melakukan aktivitas pemulihan fungsi bisnis dengan cepat, termasuk apabila ada insiden.

4. Manajemen Aset

Berkat pelatihan di bidang IT Management Aset, maka karyawan Anda akan dapat memproses aset-aset yang ada di dalam bisnis untuk diperhitungkan, dipelihara, ditingkatkan, dirawat, dan dibuang pada saat yang telah tiba. Pelatihan di bidang ini akan mengajarkan kepada karyawan Anda mengenai pencatatan aset berharga, berwujud, dan tidak berwujud di dalam bisnis yang Anda kelola, sehingga akan mudah dilacak dan manfaatkan pada saatnya digunakan.  

Baca juga: 5 Poin Penting Sebelum Memilih Training IT di Jakarta

Penutup

Demikian tadi penjelasan mengenai betapa pentingnya manfaat training IT bagi karyawan maupun bisnis owner. Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis di Indonesia telah mencatat kemajuan dan kesuksesan besar, perusahaan-perusahaan baik nasional maupun multinasional yang melaju pesat setelah menggunakan layanan IT training demi pengembangan karyawannya. Percayalah wahai bisnis owner! Anda pasti akan membutuhkan layanan IT training apabila ingin mengalahkan kompetitor dengan produk dan layanan bisnis yang sama dengan yang Anda jalankan. Perusahaan-perusahaan besar di Jakarta seperti Telkomsel, Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya tetap memanfaatkan layanan IT training ini demi memacu para karyawannya untuk dapat berkembang dengan cepat, meski secara kemampuan mereka juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Semoga bermanfaat ya!

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Service Training Terbaik di Jakarta

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT training yang dibutuhkan oleh semua perusahaan, supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. 

Kami memberikan layanan IT training terpadu kepada karyawan Anda dengan tenaga-tenaga pengajar profesional IT yang kompeten dalam bidangnya dengan rekam jejak yang tersertifikasi demi mengembangkan SDM yang mempunyai pondasi kuat dalam menghadapi tantangan di era digital ini. 

Selain itu kami siap membantu bisnis Anda termasuk dalam hal penyediaan SDM IT, kami mempunyai talenta bidang IT yang telah ditempatkan di berbagai perusahaan meliputi: IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, dan sebagainya.

TOGI telah memiliki rekam jejak penempatan banyak tenaga-tenaga IT profesional maupun layanan IT manage service baik di instansi BUMN maupun swasta. Berbagai testimoni positif dan rasa puas terhadap layanan kami menjadi bukti jika kami adalah yang terdepan dalam hal solusi IT bagi Anda. Jangan ragu ataupun bimbang karenanya. segera hubungi kami di sini untuk informasi dan layanan konsultasi gratis dari TOGI!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

 

(Visited 1 times, 1 visits today)