Database Administrator menjadi salah satu profesi di bidang IT yang banyak peminatnya. Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja sebagai Database Administrator, tugas utama Database Administrator ini perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Tugas Database Administrator

Ruang lingkup dari seorang Database Administrator cukup beragam. Industri dan bidang pekerjaan yang sudah Go digital pasti akan membutuhkan admin database yang bertugas untuk memastikan informasi data perusahaan dapat diakses dan dikelola secara profesional.

Tak hanya bertanggung jawab dalam melakukan pengelolaan terhadap basis data, admin database juga sering kali ditugaskan untuk merancang sistem keamanan mumpuni untuk melindungi data dari risiko peretasan.

Admin database juga bekerja bersama System Manager untuk menyesuaikan kapasitas database yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Di lapangan, Database Administrator terbagi ke dalam dua kategori yaitu:

System Database Adminstrator

Secara umum, ruang lingkup dari  system Database Administrator meliputi aspek teknis pengelolaan database, dan termasuk dalam memperbarui software dan debug kode. System Database Administrator ini bertugas di bidang operasional database. Jobdesknya mulai dari instalasi, patching, dan pengelolaan. Oleh karena itu, mereka juga dipercaya untuk merekomendasikan software maupun hardware yang dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan. System Database Administrator juga memiliki satu tugas lagi yang tak kalah penting, yakni merancang sistem keamanan untuk melindungi database.

Application Database Administrator

Application Database Administrator ini memiliki tanggung jawab terhadap kegiatan penggunaan database. Tugas dari pekerjaan yang satu ini bisa dibilang cukup sulit. Contohnya adalah merancang arsitektur data, model data, sampai harus bisa menunjang penggunaan Database untuk aplikasi tertentu. Untuk bisa bekerja dalam posisi ini, pemahaman tentang desain dan implementasi keamanan database sangat diperlukan.

Selain tugas khusus di atas, baik dari System maupun Application Database Administrator memiliki tugas harian yang terbilang sama. Database Administrator juga bertanggung jawab untuk melindungi data dengan sistem yang sudah terstruktur, mampu mengembalikan data yang hilang, bisa membuat izin pengguna baru, dapat menggabungkan database lama, serta harus menguji modifikasi, serta melakukan monitoring tehadap sistem database untuk menjamin efektivitasnya.

Prospek Karir Database Administrator

Untuk seorang IT Fresh Graduates, karier awal Database Administrator berada di jenjang entry-level sebagai data analyst atau Software Developer.

Nantinya jenjang karier Database Administrator bisa berkembang sampai posisi manajemen, terutama jika Anda sudah bisa menempuh pendidikan Master. Untuk entry-level, prediksi gaji Database Administrator berkisar di angka lima juta rupiah. Jika Anda memiliki sertifikat keahlian dari Google atau IBM, bukan tidak mungkin Anda bisa memperoleh gaji yang jauh lebih besar.

Baca juga artikel lainnya : Kisaran Gaji Mobile Developer di Indonesia


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 20 times, 1 visits today)