Front End Developer dan Backend Developer bertanggung jawab atas kinerja sebuah website dan aplikasi. Artikel ini akan khusus membahas tugas Front End Developer yang biasanya dikerjakan demi website dan aplikasi yang efektif dan menarik bagi pengguna.

Secara garis besar, tugas Front End Developer Indonesia berkutat mengembangkan dan merancang sebuah website atau aplikasi yang mudah digunakan oleh pemakai. Ia bertugas menerjemahkan ide dari seorang UI/UX desainer yang meneliti tampilan website atau aplikasi apa yang sedang tren di kalangan masyarakat.

Secara teknis, tugas Front End Developer adalah membuat tampilan website atau aplikasi menarik, baik dan konsisten. Ia harus memastikan rancangannya mendukung berbagai ukuran dari layar perangkat yang berbeda-beda. Dari segi “jeroan”, seorang Front End Developer harus bisa menulis kode website dengan paling tidak memakai JavaScript, CSS atau HTML. Ia turut memastikan tidak ada bug dalam website atau aplikasi yang tengah dikembangkan.

Apa Saja Tugas Front End Developer?

Tugas Front End Developer

Tugas Front End Developer akan dikatakan berhasil jika sukses membuat sebuah website atau aplikasi responsif pada perangkat mobile atau pun desktop. Pemakai akan merasa nyaman dengan website atau aplikasi tersebut. Seorang Front End Developer harus bisa mengoptimalkan kode CSS serta menganalisanya agar mengetahui apakah dia perlu memakai CSS framework atau tidak.

Tolak ukur lainnya adalah website atau aplikasi tersebut bisa tampil bagus meski dalam kondisi offline dan tampil optimal walaupun diakses dalam jaringan yang kurang baik.

Penguasaan tugas Front End Developer di atas secara maksimal dapat secara perlahan membuat keahlian Anda meningkat yang secara tidak langsung membantu dalam meningkatkan gaji Anda nanti.

Bagi yang tertarik menekuni profesi ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Anda setidaknya lulus S1 jurusan Desain Grafis, Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan bidang lain yang sejalan. Syarat umum lainnya adalah Anda pernah membuat website atau aplikasi.

Sedangkan untuk kemampuan, Anda harus menguasai bahasa pemrograman, seperti HTML, JavaScript, CSS dan lainnya. Anda mesti mahir menggunakan Framework CSS untuk memudahkan website diakses baik melalui perangkat mobile atau pun desktop. Anda harus cakap dalam menghilangkan debugging dengan metode functional testing dan unit testing. Keahlian dalam developer tools menjadi poin wajib berikutnya. Sistem kerja dari RESTful dan API serta CSS Arsitektur, PWA dan AMP perlu Anda kuasai.

Sekian banyak keahlian tersebut akan Anda kuasai seiring dengan berjalannya pengalaman kerja Anda. Setelah mengerti pemahaman di atas, lengkapi penguasaan pengerjaan tugas Front End Developer Anda dengan mengoptimalkan kemampuan analisa sebuah website dan aplikasi yang hendak Anda buat. Jangan lupa untuk mengasah kemampuan dalam memperhatikan struktur layout dalam versi HTML dan CSS sebelum mengubahnya dalam detil animasi.

Jangan ragu untuk melakukan uji coba website atau aplikasi untuk beragam jenis browser dan asah imajinasi atau daya seni agar tampilan website dan aplikasi senantiasa segar.

Demikianlah tugas Front End Developer. Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Front End Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Bocoran Soal Front End Developer Terlengkap



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 83 times, 1 visits today)