Saat ini, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) saat ini semakin marak. Tak heran banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa VR membutuhkan peranan dari VR Developer. Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam tentang VR Developer, yuk simak penjelasannya.

Tugas VR Developer

VR Developer memiliki tugas untuk mengintegrasikan teknologi komputer untuk dapat diinteraksikan oleh manusia. Mereka juga harus mengembangkan teknologi VR agar dapat diterapkan dan digunakan dengan baik.

Tugas lain dari VR developer adalah mendesain suatu interaksi, menganalisis permasalahan dalam pengembangan, serta mengembangkan prototype untuk VR tersebut.

Skill VR Developer

1. Pemahaman bahasa pemrograman

Bila Anda ingin bekerja di industri games, ada dua bahasa coding yang biasanya dipelajari yaitu C# dan C/C++. Hal ini dikarenakan game engine Unity dan Unreal Engine sangat populer saat ini, dan menggunakan bahasa pemrograman c# dan C/C++. Kedua engine itu juga sangat mendukung pembuatan VR.

Hal yang bagus dari perangkat VR ini adalah mereka memiliki SDK (software developer’s kits) yang cukup bagus. Jadi Anda hanya perlu menguasai salah satu bahasa saja.

2. Software design

Kemampuan ini diperlukan untuk membuat suatu software yang dapat digunakan dengan nyaman oleh pengguna. Hal ini berarti Anda dituntut untuk dapat memecahkan permasalahan dan memahami konsep dasar penerapan VR pada kehidupan nyata.

3. Kemampuan komunikasi dan analisis

Tak hanya bekerja dengan sesama developer saja, orang yang berada di posisi ini juga harus mampu bekerja dengan divisi-divisi lain yang berkaitan. oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi serta analytical thinking sangat diperlukan terhadap apa yang diinginkan oleh pihak lain.

4. Kemampuan pengembangan teknologi 3D

Teknologi VR mampu membuat pengguna bisa merasakan secara langsung atau berada dalam suatu situasi didunia virtual. Hal ini tentu saja membutuhkan objek atau teknologi tiga dimensi dalam penerapannya. Oleh karena itu, mereka harus paham mengenai pengembangan objek dan teknologi 3D.

5. Pemahaman mengenai tools VR

Pengguna dapat merasakan VR ketika menggunakan tools atau perangkat khusus VR seperti Oculus dan sebagainya. Jadi, seorang VR developer juga harus memahami cara kerja perangkat tersebut agar teknologi yang dikembangkannya dapat berjalan dengan optimal dan lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga : Berbagai Sertifikat Programmer yang Bisa Tunjang Karir Anda

(Visited 23 times, 1 visits today)