Kira-kira siapa ya, orang yang berada mendesain WordPress. Jika Anda belum mengetahui apa itu WordPress, mari kita bahas sedikit. WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang paling banyak dipakai setiap pembuat website. Nah, bagaimana nama WordPress bisa menjadi sebesar ini, bagaimana plugin – plugin yang mereka buat untuk memanjakan penggunanya. Mereka semua disebut WordPress Developer. 

WordPress Developer adalah jenis profesi web developer yang bekerja khusus untuk wordpress. Maksudnya bagaimana? Jadi mereka bekerja untuk WordPress, untuk membuat pengguna nyaman dan mudah untuk menggunakannya. 

Secara umum, seorang WordPress Developer persis seperti web developer yang harus memahami bahasa pemrograman untuk menunjang pekerjaannya. Begitupun dengan tanggung jawab yang dijalankannya untuk perusahaan. 

Tentunya mereka akan membuat WordPress sesuai permintaan yang spesifik dari klien, seperti tema, plugin dan lain-lalin. Agar penggunanya terus menggunakan CMS WordPress.

Tugas dan Tanggung Jawab

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian dari WordPress Developer, kini kita akan membahas tugas dan tanggung jawab mereka. 

  1. Merancang dan membangun front-end dan back-end WordPress, termasuk menghubungkan database dan server mereka. 
  2. Merancang tema dan plugin di WordPress
  3. Menemui klien untuk membahas desain dan tampilan yang diinginkannya
  4. Melakukan tes kerja pada situs web WordPress
  5. Membuat konten dan mengedukasi penggunanya
  6. Memonitoring hasil kerja mereka di situs web secara real-time

Profesi ini sangat penting, untuk itu para developer harus mengikuti perkembangan WordPress dengan mengikuti pelatihan terkait pemrograman. 

Skill Apa yang Dibutuhkan Untuk Menjadi WordPress Developer ?

1. HTML

Karna tidak jauh dari website, skill yang harus dikuasai untuk bisa bekerja dibidang ini adalah HTML. Apakah itu HTML ? HTML adalah singkatan dari (Hypertext Markup Language) yang berfungsi sebagai bahasa pemrograman pembuatan sebuah website. Tanpa HTML, maka orang tersebut akan kesulitan mengoperasikan WordPress.

2. CSS

Selain HTML, skill coding lainnya adalah CSS (Cascading Style Sheet). Mengapa skill ini sangat penting ? karna CSS memiliki peran penting dalam membuat tampilan yang sangat friendly kepada pengguna WordPress. 

3. JavaScript

Sama seperti web developer, seorang WordPress Developer harus menguasai JavaScript. Karna dengan bahasa pemrograman ini, mereka dapat menyempurnakan tampilan yang dibuat dari CSS sebelumnya. 

4. Marketing

Walaupun tugas utamanya adalah mengoding dan mengurus WordPress. Pada profesi ini mereka juga harus memiliki skill marketing. Untuk apa? Dengan membuat tampilan situs yang menarik, namun tidak berhasil menarik perhatian orang, maka tidak akan mendapatkan pengguna baru. 

Dengan memiliki skill marketing, mereka akan semakin tahu tentang tren marketing yang sedang terjadi, dan agar bisa membuat tampilan WordPress menyesuaikan tren saat ini. 

5. Berfikir Strategis

Skill terakhir yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk berfikir strategis. Karna dengan skill ini, Anda dapat berfikir rasional dalam membuat website. 

Misalkan, harus menggunakan plugin tertentu untuk kita memudahkan user. Selain itu, skill ini dapat membantu dalam mengenal strategi bisnis pada perusahaan. 

Demikian artikel singkat tentang WordPress Developer, dengan membahas tanggung jawab dan skill apa saja untuk bisa mendapatkan profesi tersebut. Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan IT yang terpercaya, kami sedang membuka lowongan  WordPress Developer Jakarta Terimakasih

Baca juga : Tips untuk Junior Web Developer Agar Meraih Kesuksesan

(Visited 13 times, 1 visits today)