5 Jenis Kesalahan Umum Saat Interview Yang Berakibat Fatal

Selamat Hari Jumat sobat TOG, Proses interview adalah kesempatan penting untuk lebih saling mengenal antara kamu dan perusahaan yang dilamar. Momen ini jadi sarana tawar-menawar antara kamu dan pihak perusahaan. Biasanya diwakili oleh kepala cabang, HRD, user, dan jajaran direksi. Untuk bisa lolos atau mencapai tahap selanjutnya, dibutuhkan niat yang kuat dan kecermatan dalam menjawab pertanyaan.

Buat kamu yang baru interview pasti ada rasa takut dan gugup. Melamar pekerjaan dibutuhkan persiapan yang matang, agar nantinya kamu akan diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Persiapan tersebut bukan hanya sebatas CV yang bagus saja, tapi juga sikapmu akan sangat dinilai.

Barangkali Anda merasa cemas sebelum memasuki ruang wawancara. Atau, Anda merasa khawatir sejak beberapa hari sebelumnya. Terlepas dari itu, banyak orang melakukan kesalahan fatal dalam wawancara kerja. Bahkan kesalahan tersebut terjadi tanpa disadari oleh mereka.

Info Loker

Agar kamu tidak gagal, coba deh kamu hindari 5 kesalahan umum berikut ini saat interview yang bisa berakibat fatal:

1. Datang terlambat

 

interview

Setiap perusahaan tentunya tidak ingin mempunyai karyawan yang suka datang terlambat, jadi jika kamu baru interview saja sudah telat tentunya perusahaan tersebut akan mengira kamu adalah orang yang tidak professional terhadap pekerjaanmu. Meski terlihat sepele, namun kebiasaan ini akan menjadi fatal kalau kamu lakukan.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda setengah jam sebelumnya menelepon narakontak Anda dan menjelaskannya bahwa Anda sedang terjebak di jalan dan sudah lama berkendara.

2. Kurang menjaga penampilan

 

Hal penting lain yang harus kamu perhatikan saat interview kerja yaitu penampilan, karena penampilan merupakan cermin dari kepribadian anda. Jadi kamu dituntut untuk tampil profesional saat memasuki tahap interview kerja. Usahakan tampil rapi, apa adanya, dan hindari kesan acak-acakan. Satu hal yang tidak kalah penting yaitu bau badan.

Jangan sekali-sekali kamu memasuki ruang interview dengan bau badan yang tidak enak. Tentunya kondisi ini akan membuat pihak yang meng-interview kamu akan tidak merasa nyaman sehingga proses interview kerja jadi tidak maksimal.

3. Tidak tahu profil perusahaan yang dilamar

 

interview

Kesalahan kecil berikut ini paling sering terjadi, karena mungkin pelamar mengira bahwa saat interview itu tidak ditanyakan profil perusahaan melainkan hanya ditanyakan skill saja. Karena biasanya para HRD akan menanyakan kepada anda tentang perusahaan yang kamu lamar.

Untuk itu buat kamu yang baru pertama kali interview, disarakan untuk cari info lebih dalam terlebih dahulu tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Kamu bisa mencarinya di web perusahaan dan menaksir lebih lanjut apa saja yang bisa kamu berikan untuk perusahaan tersebut.

4. Tidak ada persiapan

 

Ketika Anda melamar Anda sudah pasti mengirimkan CV/resume Anda kepada rekruiter. Namun, tidak ada salahnya untuk memberikan hard-copy resume Anda kembali saat wawancara. Dengan menyiapkan hard-copy, ini menunjukkan branding Anda dan kesungguhan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Selain itu, banyak juga kandidat yang justru tidak mengetahui posisi yang dilamarnya, atau bahkan tidak mengetahui jenis usaha dari perusahaannya.

5. Tampak tidak yakin pada diri sendiri

 

interview

Mungkin beberapa pelamar yang sedang melakukan proses wawancara akan membuyarkan fokus dan niatmu. Padahal kamu tetap memiliki kesempatan yang sama dari pelamar yang lain. Kamu tidak perlu minder ataupun gagal fokus karena melihat pelamar lain yang kelihatan lebih siap.

Cobalah datang dari rumah dengan niat dan percaya diri kalau kamu itu bisa memberikan hasil yang terbaik dan percaya terhadap kualitasmu. Jika kamu memang sangat menginginkan bekerja di sana, jangan ragu untuk bertanya hal-hal tentang posisi yang kamu lamar atau budaya perusahaan tersebut. Selain untuk menyeleksi kemampuan dan mengambil yang terbaik, pada dasarnya tujuan wawancara itu adalah saling bertukar informasi antara kamu dengan perusahaan sebelum bekerja.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

 

(Visited 28 times, 1 visits today)