5 Macam Layanan Yang Ada Di Amazon Web Service

Amazon Web Service adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Salah satu perusahaan raksasa yang terkenal di internet ini sering kita kenal untuk membeli buku dan lagu, namun sekarang Amazon telah menambah layanannya dalam hal infrastrutktur cloud computing. Mereka juga menyediakan layanan-layanan nya yang saling terintegrasi dan mudah kustomisasi.

Di tahun 2006, Amazon memperkenalkan layanan Amazon’s Elastic Compute cloud (EC2) sebagai commercial web service yang menyediakan akses cloud kepada perusahaan dan individu untuk menyewa komputer storage yang bisa digunakan sebagai salah satu platform pengembangan aplikasi secara online, inilah awal dari IaaS, yaitu perusahaan yang menyediakan infrastruktur sebagai sebuah layanan.

Artikel yang berkaitan dengan AWS:

Macam-macam layanan yang ada di Amazon Web Service:

1. Layanan Komputasi

Layanan ini secara khusus dibuat untuk memberikan layanan infrastruktur bagi pengguna yang hendak menggunakan Amazon guna melakukan komputasi layaknya clustered server. Server tersebut disebut juga sebagai instance. Kamu dapat memiliki 1 instance atau lebih yang kemudian bisa disebar ke semua data center milik Amazon. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi instance-instance tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

Contoh Layanan Komputasi adalah:

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)
  • Elastic Load Balancing
  • Amazon Elastic Map Reduce

2. Layanan Penyimpanan

Layanan ini secara khusus dibuat untuk memberikan layanan infrastruktur bagi pengguna yang hendak menggunakan Amazon guna melakukan penyimpanan. Kamu bisa menggunakan layanan ini sebagai media backup atau Content Delivery Network / CDN. Data kamu nantinya akan disimpan secara aman, cepat juga bisa diandalkan.

Contoh Layanan Penyimpanan adalah:

  • AWS Storage Gateway
  • Amazon Simple Storage Service (S3)
  • Amazon CloudFront
  • Amazon Elastic Block Store (EBS)

3. Layanan Basis Data

Layanan ini secara khusus dibuat untuk basis data. Basis data kamu akan disimpan di Cloud nantinya. Sehingga kamu dapat mengakses data tersebut dimana saja dengan aman, terpercaya serta cepat. Jika kamu adalah pengembang aplikasi web, layanan ini sangat berguna untuk menghemat waktu ketika melakukan konfigurasi serta replikasi data.

Contoh Layanan Basis Data adalah:

  • Amazon SimpleDB
  • Amazon Relational Database Service (RDS)
  • Amazon ElastiCache
  • Amazon DynamoDB

Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Layanan Jaringan

Layanan digunakan secara khusus untuk mengatur jaringan layanan-layanan yang ada di dalam dan di luar cloud. Jadi, antar layanan-layanan tersebut akan menggunakan layanan Jaringan ini. Dengan contoh, seperti DNS Server yang akan membuat Kamu mudah untuk melakukan konfigurasi DNS website domain. Harganya juga terjangkau sedangkan aksesnya sangat cepat.

Contoh Layanan Jaringan adalah:

  • Amazon Route 53
  • Amazon Virtual Private Cloud (VPC)

5. Layanan Aplikasi

Layanan ini dibuat oleh Amazon guna melengkapi layanan-layanan yang lain.

Contoh Layanan Aplikasi adalah:

  • Amazon CloudSearch
  • Amazon Simple Queue Service (SQS)
  • Amazon Simple Workflow Service (SWF)
  • Amazon Simple Email Service (SES)
  • Amazon Simple Notification Service (SNS)

Selain macam-macam layanan di atas, Amazon Web Services juga sebenarnya masih memiliki berbagai layanan lainnya. Namun, bagi kamu yang ingin menggunakan layanan cloud utama dari Amazon, cukup mengetahui dari berbagai layanan yang sudah disebut di atas. Dari sini, jika kamu memiliki website, toko online, perusahaan start up atau bisnis lain yang berhubungan dengan cloud atau layanan di atas, kamu bisa menggunakan Amazon Web Services ini. Bahkan kamu bisa mengandalkannya untuk mempermudah berbagai urusan bisnis terkait.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 115 times, 1 visits today)