Mencari Lowongan Kerja – Di tahun 2019 ini, bagi Anda yang masih menganggur, tak ada salahnya untuk mencari Lowongan Kerja. Nah, jika Anda bingung mencari Lowongan Kerja, Anda bisa megikuti beberapa tips atau cara untuk memudahkan Anda mencarinya. Tak dipungkiri lagi, mencari Lowongan Kerja dan mendapatkan suatu pekerjaan bukan merupakan hal yang mudah. Tapi, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, tentunya dapat memudahkan seseorang untuk mencari informasi lowongan kerja.


IT Konsultan & Rekruitmen HR Terbaik di Jakarta dan Yogyakarta

IT Professional Service, Managed Services, Training & Development

Hubungi Kami di: +628151622988 (Jakarta) / +6285290880808 (Yogyakarta)

Email:  [email protected] / [email protected]


Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan lowongan kerja. Mencari lowongan kerja saat ini bisa lewat online maupun offline. Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana cara mudah saat mencari sebuah lowongan kerja?

Berikut ini ada 5 tips jitu mencari lowongan kerja untuk para pencari kerja:

1. Mengikuti Job Fair

mencari lowongan kerja

Mengikuti job fair merupakan salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh para pencari kerja untuk menemukan lowongan kerja yang tepat. Dalam sebuah job fair, biasanya banyak perusahaan yang membuka stand untuk merekrut pegawai baru.

Pada umumnya, konsep rekrutmen di job fair masih menggunakan sistem drop CV. Dengan cara ini, para pelamar harus memberikan CV mereka di stand perusahaan yang dipilihnya.

2. Memperluas Relasi Pertemenan

Memperluas relasi pertemanan tentunya sangat bermanfaat, terutama dalam hal mencari pekerjaan. Anda bisa memperkuat silaturahmi dan memperluas jaringan pertemanan.

Dengan adanya relasi, Anda bisa memperoleh berbagai informasi lowongan kerja. Gunakan kemampuan berkomunikasimu untuk mendapat informasi, atau bahkan rekomendasi untuk mendapat pekerjaan di perusahaan tertentu.

3. Cari Iklan di Koran

mencari lowongan kerja

Mencari lowongan pekerjaan melaui iklan dari koran merupakan sebuah cara yang paling tradisional dan sudah dilakukan sejak jaman orang tua kita dahulu. Sebagian besar surat kabar tertentu masih memuat iklan lowongan pekerjaan setidaknya sekali dalam sepekan.

Biasanya, iklan lowongan pekerjaan disusun pada kolom dan baris yang rapat dan memuat persyaratan untuk pekerjaan tersebut. Jika menemukan lowongan menarik yang sesuai dengan keinginan, segeralah mendaftar.


Baca juga:


4. Mencari Lewat Situs Lowongan Kerja

Di era digital ini, Anda bisa memanfaatkan situs lowongan kerja untuk mendapatkan informasi posisi kosong di satu perusahaan. Dalam situs lowongan kerja, tidak hanya menyediakan informasi lowongan kerja, melainkan juga informasi gaji pasaran untuk posisi yang diinginkan.

Mencari kerja dengan menggunakan situs lowongan kerja sebenarnya lebih murah karena Anda tidak perlu mencetak CV dan resume. Anda hanya perlu mengunggah CV dan mengisi data diri secara online. Selain itu, Anda juga bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan lebih cepat berdasarkan kategori pekerjaan yang diinginkan.

5. Media Sosial

mencari lowongan kerja

Media sosial juga bisa memudahkanmu mencari pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn untuk mencari informasi pekerjaan.

Anda juga bisa mengetahui pengumuman lowongan kerja dari linimasa akun teman yang bekerja di perusahaan tertentu. Tetapi, jika tujuan utama mencari kerja, maka peluang terbesar bisa Anda dapatkan dari media sosial khusus profesional seperti LinkedIn.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 112 times, 1 visits today)