5 Tips Penting Atasi Rasa Jenuh Di Tempat Kerja

Rasa jenuh adalah perasaan yang sangat manusiawi, melakukan aktivitas yang itu itu saja dan sama setiap harinya pasti akan membuat dirimu merasa bosan. Ataupun tuntutan yang tidak ada habisnya di tempat kerja juga akan membuat dirimu depresi, membuatmu ingin pergi ke antah berantah dan berteriak sekencang-kencangnya.

Bangun pagi, mandi, beranjak ke kantor, kemudian mengambil tempat duduk dan menatap layar komputer hingga jam kerja usai. Ritme monoton ini membuat kita merasa seperti layaknya robot pekerja.

Kejenuhan yang semakin menumpuk menumbuhkan rasa malas dan merunyamkan mood. Kerja jadi tak lagi nikmat, sekarang yang penting asal selesai. Kamu boleh aja marah, boleh mengeluh, dan menangis pun boleh. Tapi satu yang pasti, jangan pernah kamu menyerah.

Info Loker

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat rasa jenuh di tempat kerja itu datang:

1.  Ingat kembali proses awal kamu memperoleh pekerjaanmu saat ini

Jenuh

Ingat kembali betapa dulu kamu selalu merasa bersemangat ketika akan berangkat ke kantor dan pulang dengan mengantongi rasa puas. Segarkan juga ingatanmu pada fakta bahwa kamu bekerja demi bertanggung jawab sebagai seorang pribadi yang telah menginjak usia dewasa.

Kamu harus mampu menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu memang sanggup memimpin hidup sendiri. Ayah dan ibu sangat bangga ketika kamu sanggup hidup dengan mandiri.

Jangan sampai senyum di wajah mereka memudar hanya karena kamu resign dari tempat kerja akibat rasa jenuh tersebut.

2. Cari tahu penyebab rasa jenuh itu

Jenuh

Ketika rasa tersebut muncul, tak ada salahnya mencari tahu apa yang menyebabkan Anda merasakan itu. Apakah karena atasan yang tidak bersahabat? Karena rekan kerja yang menjengkelkan? Atau karena meja kerja yang berantakan?

Dengan mengetahui penyebab ketidaknyamanan itu, Anda bisa mencari cara untuk mengatasinya. Sehingga mood untuk bekerja tetap ada, hasil pekerjaan pun juga menjadi lebih maksimal.

3. Lihatlah orang lain di sekitarmu yang nasibnya kurang baik

Jenuh

Sesekali coba lihatlah ke bawah, melihat keadaan orang-orang lain yang nasibnya tidak sebaik dirimu. Akan ada begitu banyak hal yang dapat kamu syukuri yang mungkin sering kamu lupakan. Kenikmatan-kenikmatan yang kamu punya namun tidak dimiliki orang lain.

Kamu mungkin salah satu yang nasibnya baik karena bisa sudah mendapatkan pekerjaan, coba bayangkan kalau sesekali kamu ada di posisi mereka ?

4. Manfaatkan Jatah Cuti untuk Liburan

Jenuh

Kerjaan yang seolah tidak ada habisnya bisa membuat Anda merasa bosan dan jenuh. Rasa-rasanya ingin mencampakkan kertas kerja yang ada di meja, tapi tidak mungkin karena sikap ini sangat tidak profesional.

Segera ambil langkah cepat, misalnya dengan mengajukan cuti.  Manfaatkan cuti untuk bersenang-senang atau liburan bersama keluarga. Percaya atau tidak, liburan adalah satu kegiatan yang bisa mengembalikan mood yang hilang.

Setelah cuti habis, Anda pun bisa kembali bekerja dengan suasana hari yang bagus, sehingga hasil kerja pun jadi lebih optimal.

5. Selalu berpikir positif

Jenuh

Meski sudah tidak nyaman bekerja di kantor, bukan berarti Anda harus mengajukan resign kepada atasan. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan, apalagi kalau keputusan itu tidak dilandasi dengan alasan dan pertimbangan yang matang.

Berpikirlah positif terlebih dulu, rasa tidak nyaman bisa saja muncul karena Anda bosan dengan situasi kerja yang begitu-begitu saja. Anda bisa mengubah situasi tersebut menjadi lebih nyaman dengan cara mengubah posisi meja kerja, misalnya.

Dengan demikian, situasi kerja pun akan sedikit berbeda sehingga Anda nyaman kembali saat bekerja.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita ya.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

 

(Visited 13 times, 1 visits today)