7 Tips Jitu Negosiasi Gaji Yang Ampuh

7 Tips Jitu Negosiasi Gaji Yang Ampuh

Sobat TOG, Setiap orang sudah pasti mendambakan pekerjaan yang layak, terlebih jika mengingat biaya kebutuhan hidup yang terus merangkak naik setiap tahunnya. Jadi tidak heran apabila banyak orang berlomba mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Meski terbilang sulit lantaran harus berkompetisi dengan banyak orang, namun ini tidak menjadi masalah.

Negosiasi gaji merupakan satu dari banyak hal yang harus Anda lakukan sebagai calon karyawan ketika interview kerja ataupun pada saat Anda dipromosikan untuk naik jabatan. Namun, survei yang dilakukan oleh salary.com mengatakan bahwa hanya ada 37% orang yang menegosiasikan gaji mereka. Sementara sisanya tidak pernah menanyakan soal kenaikan gaji, dengan alasan takut.

Info Loker

Berikut ini beberapa tips jitu agar negosiasi gaji yang ampuh:

1. Ketahui dulu kemampuan kita

negosiasi

Agar mendapatkan gaji yang sesuai, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menyadari kemampuan Anda sendiri. Selain itu, Anda juga harus mengetahui nominal rata-rata gaji untuk posisi Anda di industri dan area yang sama, sesuai dengan Upah Minimun Propinsi.

2. Pemilihan waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji

 

Jika Anda sudah bekerja cukup lama dan baik di sebuah perusahaan, tidak ada salahnya untuk mengajukan kenaikan gaji. Biasanya kenaikan gaji diberikan setelah penilaian periode tertentu, namun sebaiknya Anda mengajukan permohonan kenaikan gaji dari tiga atau empat bulan sebelumnya.

Pasalnya, atasan Anda biasanya akan menetapkan angka tertentu jelang waktu penilaian Anda yang mungkin saja jumlah kenaikannya sangat kecil atau bahkan tidak ada kenaikan sama sekali.

3.Mintalah lebih dari yang Anda harapkan

negosiasi

Jangan takut untuk meminta lebih dari yang Anda pikir bisa Anda dapatkan. Dan jangan langsung menerima segala hal pada tawaran pertama (walaupun Anda pikir itu adil). Kemungkinannya, walaupun angka (gaji) yang Anda minta ditolak, tawaran awal tersebut masih bisa Anda ambil. Dan lebih baik bernegosiasi dan ditolak, daripada menerima angka yang lebih kecil dari yang seharusnya Anda dapatkan dan tidak mencoba bernegosiasi di awal.

4. Buktikan hasil kerja Anda

 

Siapkan beberapa dokumen pendukung yang memperlihatkan hasil kerja Anda sehingga atasan Anda bisa mengetahui seberapa baik Anda sudah bekerja bagi perusahaan. Buat daftar pencapaian, award dan testimoni dari klien atau rekan kerja Anda sebagai “bukti”.

5. Jadilah diri sendiri

negosiasi

Anda akan menemukan banyak artikel yang membahas apakah harus mengadopsi gaya tawar menawar secara umum atau menggunakan cara negosiasi yang lebih tradisional. Terlepas dari apapun itu, Anda dapat menggunakan kekuatan, empati, keberanian dan keramahan (semua alat negosiasi yang dapat Anda gunakan). Kuncinya adalah mengadopsi strategi apa pun yang secara alami ada pada diri Anda sendiri.

6. Berpikirlah Positif

 

Negosiasi gaji adalah hal yang mungkin tidak bisa dilakukan semua orang karena dianggap “menyeramkan”. Namun jika Anda bisa melakukannya, pastikan untuk berkomunikasi secara positif, bukan malah memaksa.

Ucapkan kalimat seperti, “Saya sangat senang bisa bekerja di sini dan saya juga merasa pekerjaan ini sangat menantang. Tahun lalu, saya pekerjaan saya jauh bertambah banyak dan saya merasa tanggung jawab dan peran saya di sini terus meningkat. Saya ingin berdiskusi mengenai kemungkinan kenaikan gaji untuk saya.”

7. Jangan lupa untuk fokus mendengarkan lawan bicara

negosiasi

Mendengarkan lawan bicara Anda dalam setiap percakapan, termasuk ketika negosiasi gaji adalah hal yang sangat penting dilakukan. Perhatikan apa yang dikatakan atasan atau perekrut sehingga Anda juga bisa mengerti ekspektasi, kebutuhan hingga batasan mereka. Cara ini akan membawa kedua belah pihak mendapatkan solusi terbaik.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

By |2018-11-27T14:48:50+00:00November 27th, 2018|Article, Career|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat