IT Developer – Jika IT developer/programmer itu merupakan dunia yang sama sekali baru bagimu, jangan khawatir artikel kita kali ini akan membantu kamu. Belajar untuk mulai sebagai IT developer/programmer menjadi kebutuhan yang enggak bisa ditunda-tunda. Mengingat kemampuan ini baru bisa terbentuk secara nyata setelah berulangkali mengalami trial & error. Bagi para generasi milenial, ini dia tips yang harus kita pelajari.


IT Konsultan & Rekruitmen HR Terbaik di Jakarta dan Yogyakarta

IT Professional Service, Managed Services, Training & Development

Hubungi Kami di: +628151622988 (Jakarta) / +6285290880808 (Yogyakarta)

Email:  [email protected] / [email protected]


Simak dibawah ini beberapa kita sukses untuk menjadi seorang IT Developer:

1. Mulailah berlatih coding

it developer

Sebagian besar orang gagal menjadi seorang developer karena terus-menerus mencari formula untuk belajar coding. Tapi mereka lupa pada satu hal, yakni memulai berlatih coding. Jika selama ini menghabiskan banyak waktu untuk mencari bahasa programmingframeworks, dan lain-lain, hentikan dulu. Lalu mulailah berlatih codingsesering mungkin.

2. Lakukan latihan secara konsisten

Konsisten itu bukan berarti menghabiskan waktu yang terlalu banyak untuk berlatih coding pada suatu hari. Seorang baru bisa konsisten ketika latihan terus dilakukan setiap hari tanpa putus. Latihan 15 menit untuk belajar coding, asalkan serius dan berkelanjutan, maka jadi awal yang bagus sebelum menapaki jalan sebagai seorang ahli.

3. Minta tanggapan dan kritik dari ahli

it developer

Tips terbaik untuk meningkatkan kualitas hasil coding kamu adalah dengan meminta pendapat dari ahlinya. Demi kemajuanmu, lebih baik hilangkan dulu perasaan sungkan dan malu. Dengarkan setiap masukannya. Jadilah seolah-olah kamu adalah gelas kosong yang terus-menerus minta diisi dengan ilmu baru.

4. Tetap tenang saat terjadi kesalahan

Ketika berproses sebagai developer pemula, pasti sering mengalami masalah. Apa pun yang terjadi, tetaplah tenang, jangan panik. Sebuah aplikasi terdiri dari rangkaian algoritme yang saling padu. Jika terjadi kesalahan sedikit saja, keseluruhan program yang dibangun bisa bermasalah. Segera perbaiki dan sering-sering brainstormingagar solusi terus bermunculann.


Baca juga: 10 Peluang Kerja Yang Cocok Untuk Lulusan Teknik Informatika


5. Minta bantuan jika membutuhkan

it developer

Sebagai pemula, kiat sukses dalam karir IT developer/programmer ini menjadi makanan rutin. Seorang developer memang ditargetkan menjadi pemecah masalah andal. Tapi kadang-kadang beberapa enggak bisa dipecahkan sendiri. Terutama kalau masalah yang dihadapi tergolong baru. Saat itu juga langsung minta bantuan saja. Kemudian dipelajari betul-betul.

6. Fokus pada detail program yang diusulkan

Detail dari masalah program menjadi sebuah kepastian yang perlu dijaga jika jadi seorang developer. Lebih-lebih jika nantinya kamu jadi web developer yang lebih banyak mendapat tantangan dari luar-dalam. Bug-bug sering berdatangan dan menghambat jalannya aplikasi. Tanpa kesadaran tentang detail program, maka pemecahan akan sulit dilakukan.

7. Terus update terhadap perkembangan teknologi terbaru

it developer

Kenyataannya, teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu tanpa bisa dibendung arusnya. Sekarang mungkin saja lagi tren. Tapi bisa jadi besok sudah jadi usang. Kemampuan adaptasi seorang developer wajib ditingkatkan dari hari ke hari kalau ingin bertahan dalam persaingan sesama pengembang. Terutama ketika ingin menjadi seorang ahli.


Baca juga: Asal Mula Dan Sejarah Bahasa Pemrograman C


8. Menghafal bagian terpenting program kamu saat jauh dari komputer

Selalu ada saat-saat yang membuat kita jauh dari komputer. Misalnya sudah bekerja selama beberapa jam. Bukankah memerlukan istirahat untuk kemudian beraksi kembali? Sebelum dimatikan, pastikan kamu menghafal bagian terpenting dari rancanganmu. Siapa tahu ketika komputer dihidupkan, dia susah menyala dan menghapus bagian penting tersebut.

9. Hadiri setiap seminar agar bertemu dengan developer lain

it developer

Jika ada sebuah seminar yang mengangkat tema programmer atau developer, hadiri saja. Dengan bertemu para developer, maka jaringanmu semakin kuat. Kamu jadi punya teman baru. Dari situlah biasanya informasi baru dan penting bakal kamu terima karena banyak para ahli yang berbagi pengalaman mereka selama bertahun-tahun.

Menjadi seorang developer memang enggak mudah. Setiap prosesnya, terutama di awal-awal, pasti membutuhkan waktu lebih banyak untuk meredam rasa frustrasi daripada meloncat-loncat karena rasa senang.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 94 times, 1 visits today)