Apakah itu CCNA ?

Sobat TOG HR Indonesia, CCNA adalah singkatan dari Cisco Certification Network Associate. Sebuah program sertifikasi di industri jaringan komputer yang dikeluarkan oleh Cisco System. Perusahaan yang saat ini secara de-facto menjadi standar teknologi jaringan komputer di dunia.

Sebagai orang yang bergelut di IT Networking, CCNA menjadi opsi yang paling berpotensi untuk membangun karir dan skill. Memang tidak akan langsung menjadi seorang IT Network yang expert, namun setidaknya inilah pintu gerbang yang pertama kali perlu kita buka

Program sertifikasi CCNA dikeluarkan oleh cisco pada tahun 1998. CCNA merupakan sertifikasi tingkat intermediate (menengah) yang berarti lulusan pemegang sertifikat cisco CCNA dianggap sudah mampu mengelola jaringan level medium-high skala enterprise. Namun pada tahun 2007, cisco menambah kebijakan lagi dengan mengeluarkan program sertifikasi CCENT atau Cisco Certified Entry Network Technician sebagai jenjang alternatif yang bisa ditempuh untuk mengambil sertifikasi CCNA.

Tingkatan Program Sertifikasi CCNA ada pada gambar dibawah ini

cisco, ccna, it outsource, outsourcing

Jika mau mengambil sertifikasi cisco, lebih bagus darimana dulu?

Jawabannya: mulai dari CCNA RS (Routing Switching).

Kalau kamu buka situs-situs maupun buku-buku tentang networking, sebagian besar akan mengatakan hal yang sama. Cisco sendiri menyarankan untuk memulai dari sertifikat CCNA RS.

Alasan Kamu Wajib Punya Sertifikat CCNA

Sertifikat adalah satu hal yang nyata manfaatnya dalam membangun karir. Entah itu menjadi karyawan, konsultan, pengusaha, apapun.
Karena dengan sertifikat berarti kita sudah memiliki pengakuan tertulis dari penerbit sertifikat. Kenapa harus wajib punya sertifikat CCNA RS?

1. Routing dan Switching sebagai Core Jaringan Komputer

sertifikat ccna

Routing dan switching adalah tulang punggung suatu jaringan komputer. Ketika berbicara infrastruktur jaringan komputer, 2 hal yang tak pernah dilupakan adalah: routing, dan switching.

Sederhananya, routing adalah proses pemilihan arah lalu lintas antar jaringan komputer.
Sedangkan switching adalah aktifitas penerimaan data, memproses dan memforwardnya ke dalam jaringan. Dua perangkat tersebut biasa kita kenal sebagai router dan switch.

2. CCNA Certified – Artinya Telah disertifikasi Oleh Networking Leader

sertifikat ccna

Meski diluar sana banyak perdebatan mengenai vendor apa yang terbaik. Tapi tetap saja cisco certified menjadi paling prioritas saat ini. Hal ini terbukti dengan pada umumnya persyaratan melamar kerja sebagai Network Engineer, hampir semua perusahaan mensyaratkan kandidat harus lulusan CCNA.

Dengan kata lain, CCNA adalah sertifikasi high-class, dan sudah diakui kualitasnya.Tentu saja saat ini mayoritas perusahaan besar menggunakan perangkat cisco. Walaupun begitu, suatu saat berhadapan dengan perangkat lain, seorang CCNA tidak akan kebingungan.

3. Tidak Perlu Khawatir akan ‘Cisco Minded’

sertifikat ccna

Justru kita perlu khawatir jika ‘other vendor minded’. Karena cisco sebagai networking leader umumnya menjadi patokan bagi vendor-vendor lain. Maka tak jarang jika kita menemukan perangkat yang cara konfigurasinya mirip-mirip dengan cisco.

Lalu bagaimana suatu saat di lapangan harus berhadapan dengan perangkat lain?

Tidak perlu khawatir juga.

Seperti penjelasan diatas, sebab dengan CCNA RS kita benar-benar sudah dipersiapkan dengan tumpukan pondasi dasar dan siap menekuni fokus lain, meski beda perangkat sekalipun. Hanya perlu sedikit saja penyesuaian.

4. Membuka Peluang untuk Kenaikan Gaji

sertifikat ccna

Memiliki sertifikat CCNA sudah pasti meningkatkan peluang kita agar bisa diterima bekerja di perusahaan-perusahaan yang kita idamkan. Terutama peluang diterima di perusahaan yang sudah menjadi gold partner cisco. Bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan yang kamu idamkan, apalagi kamu seorang freshgraduate, belajar CCNA adalah salah satu cara ampuh untuk mendongkrak karirmu.

Namun kalau hanya sekedar diterima bekerja di perusahaan saja, ini misi yang terlalu sederhana.
Manfaat memiliki sertifikat CCNA tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga bermanfaat bagi kamu yang saat ini sedang bekerja dan ingin memperoleh pendapatan yang lebih.

Lalu, Bagaimana Caranya Mendapatkan Sertifikat CCNA?

Bagi kamu yang di sekolah atau di kampus sudah belajar tentang jaringan komputer, tau yang sudah punya dasar komputer,  tentunya hal ini bukan masalah lagi karena sudah terbiasa dengan istilah-istilah di dunia networking.

Beda cerita bagi mereka yang tidak punya latar belakang di dunia IT sebelumnya. Tapi tertarik untuk mendapatkan sertifikat CCNA, bagaimana caranya?

Di PT TOG HR Indonesia, kita bisa memberikan training tentang Cisco dan CCNA bagi rekan-rekan yang ini mendapatkan pelatihan serta pembelajaran juga. Silahkan kunjungi website kita untuk informasi lebih lanjut.

Kita PT TOG HR Indonesia yang bergerak dalam kategori IT Professional Service, Managed Service dan Training & Development saat ini masih terus membuka peluang kerja bersama para rekan-rekan yang mau bekerja sama dengan kita, Dalam hal ini kita juga sudah banyak bekerja sama dengan para klien ternama seperti Adira Finance, ANTIKODE, Bank Indonesia, MNC Finance, CSUL Finance dan masih banyak lagi. Apabila ada rekan-rekan yang berminat bekerja sama dengan kita silahkan kirim CV Lengkap ke [email protected] dengan subject WEB_Name_Position_Nationality.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

 

 

(Visited 94 times, 1 visits today)