Layaknya Windows, Linux merupakan sistem operasi yang cukup banyak digunakan pada desktop. Linux telah lama digunakan untuk infrastruktur internet dan peralatan seperti, mobil, mesin, CCTV, rambu lalu lintas, android, dan masih banyak lagi.
Meskipun tidak sepopuler Windows, Linux memiliki banyak kelebihan dibanding OS lain. Yuk, ketahui apa saja kelebihan Linux.

Mengenal Apa Itu Linux

Apa itu Linux? Linux merupakan Operating System (OS) berbasis Unix yang bersifat open source sehingga dapat digunakan dan dikembangkan secara gratis. Akses kode sumber yang tersedia memungkinka pengguna untuk memodifikasi, menggunakan, juga mendistribusikan kembali sistem OS secara bebas.
Sistem operasi Linux sering dimanfaatkan untuk mengembangkan Internet network infrastructure, security, industrial machines, hingga IT. Tak heran OS ini terkesan kurang populer dibandingkan dengan Windows yang menargetkan user dan pemula.

Meskipun Linux jarang dibicarakan, bukan berarti OS ini jarang digunakan. Linux banyak dimanfaatkan dalam perangkat sehari-hari, mulai dari alat elektronik, mobil, hingga smartphone berbasis android.
Sejarah Linux

Sistem operasi Linux yang diciptakan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds ini berawal dari gagasannya yang ingin memperbaiki kekurangan Unix. Sistem operasi komersil yang sudah ada sebelumnya, namun bersifat tertutup dan berbayar.

Komunitas developer membentuk grup bernama GNU yang bertujuan untuk menciptakan sistem aplikasi gratis dan open source agar dapat digunakan oleh semua orang. Kemudian tercipta lah Linux yang tidak terbentur lisensi dan regulasi yang kompleks untuk mengembangkan perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Berikut beberapa Kelebihan Linux :

· Bersifat open source, bisa digunakan dan dikembangkan secara gratis oleh siapa saja;
· Dibandingkan Windows, performa Linux lebih ringan karena pengguna memory dan disk space tidak terlalu berat. Linux juga rutin melakukan update.
· Memiliki banyak jenis dan cocok untuk para developer;
· Hak akses untuk file terbatas, sehingga keamanan lebih ketat dan aman dari serangan hack;
· Banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan mulai dari C++. PHP, Java, hingga Python;
· Komunitas yang luas dari seluruh penjuru.

Linux juga punya beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut:

· Dibanding Windows, dukungan hardware masih sedikit;
· Belum banyak aplikasi yang kompatibel dengan Linux;
· Bukan pilihan yang tepat untuk gamer, itulah sebabnya mengapa tidak banyak game yang bisa dimainkan di Linux.

 

Baca Juga Kenali Apa itu Business Intelligence, Profesi yang Banyak di Cari Peusahaan

(Visited 21 times, 1 visits today)