Apa Itu SSID? Pernahkah Anda menggunakan SSID untuk jaringan WiFi sebelumnya? Atau Anda justru sudah familier dan umum dengan SSID? Lalu, apakah Anda sudah mengerti bagaimana cara mengoperasikannya?

Jadi, SSID merupakan suatu istilah teknis yang umumnya digunakan para ISP (Internet Service Provider) untuk menamai jaringan WiFi. SSID ini diciptakan untuk membedakan beberapa jaringan WiFi pada area tertentu sejak awal.

Lalu untuk menjawab pertanyaan Apa Itu SSID, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut :

SSID ini sebenarnya adalah sebuah kepanjangan yang artinya adalah Service Set Identifier, atau popular dikenal sebagai ID dari sebuah jaringan. SSID ini memang dimiliki oleh semua jaringan WiFi dan akan dengan mudah terlihat saat WiFi Anda dalam keadaan menyala atau aktif.

Selain definisi secara harfiah, jawaban dari pertanyaan Apa Itu SSID juga perlu Anda ulik lebih dalam. Bisa dikatakan bahwa SSID ini merupakan wadah agar Anda dapat mengisi nama IP atau Access Point.

Dan jika Anda sudah melakukan setting pada jaringan WiFi baru, SSID beserta kata sandinya akan terprogram secara default oleh sistem itu sendiri.

Setelah mengetahui Apa Itu SSID, Anda mungkin juga sangat penasaran dengan fungsi utama SSID ini, bukan? Karena fungsi utama dari hadirnya SSID ini adalah untuk memudahkan Anda dalam proses identifikasi sebuah jaringan WiFi dan tentunya mempermudah Anda dalam proses menyambungkan ke WiFi itu sendiri nantinya.

SSID ini akan berbeda pada tiap-tiap jaringan WiFi, karena digunakan untuk menunjukkan tanda pengenal yang dikirimkan melalui jaringan WLAN yang tersedia.

Setelah Anda memahami Apa Itu SSID beserta fungsinya, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan setting SSID :

  1. Pertama-tama pergilah ke browser Anda dan masukkan link untuk menuju ke modem router. Pastikan Anda memasukkan link sesuai provider yang sedang Anda gunakan.
  2. Buatlah kata pengguna beserta kata sandinya
  3. Selanjutnya masuklah ke menu Network, lalu ke WLAN  dan pilih SSID Settings
  4. Pada bagian SSID name, Anda bisa menggantinya sesuai keinginan
  5. Lalu klik submit untuk bisa menyimpan perubahan yang Anda lakukan sebelumnya.

Baca juga Apa Itu Ransomware dan Cara Mencegahnya

(Visited 29 times, 1 visits today)