Apakah Coding Membosankan? Mungkin Itu Sebenarnya Adalah Pekerjaan Paling Menyenangkan

Berbicara tentang kode programming dan bekerja sebagai seorang programmer kita sering berfokus pada keuntungan yang terkait dengan hal-hal seperti jadwal kerja yang fleksibel, bayaran gaji yang tinggi (bahkan untuk posisi entry-level), dan peluang untuk bekerja dari jarak jauh. Tetapi bagaimana dengan pekerjaan itu sendiri? Dari luar melihat ke dalam, coding bisa tampak seperti jam tanpa henti mengetik dan fokus menatap ke layar komputer, sejujurnya itu sudah terdengar sangat membosankan. Apakah para programmer coding dengan pekerjaan yang sangat membosankan berpikir hanya untuk mendapatkan tunjangan dan manfaat itu? Atau apakah pengodingan berbeda secara signifikan daripada apa yang mungkin dipikirkan oleh para pendatang baru?

Apakah Coding Membosankan? Mungkin Itu Sebenarnya Adalah Pekerjaan Paling Menyenangkan

 

Coding Tidak Membosankan.

Jawaban singkat untuk satu pertanyaan dari “Apakah Coding Membosankan?” adalah  cukup sederhana “TIDAK.” Tentu saja jawaban pribadi dapat bervariasi, tetapi coding tidak begitu membosankan bagi banyak orang sehingga anda sendiri bahkan akan menemukan para coders melompat ke profesi dari banyak latar belakang agar terdengar lebih berani. Emily Kager, Pengembang Seluler di perusahaan perangkat lunak open source Mozilla, lulus dari perguruan tinggi dengan gelar dalam bidang neurosains, sesuatu yang hampir tidak dapat dianggap membosankan, tetapi dia tidak pernah merasa tertarik dengan jalur karier apa pun yang melibatkan ilmu biologi.

Apakah Coding Membosankan? Mungkin Itu Sebenarnya Adalah Pekerjaan Paling Menyenangkan

Emily Kager

Untuk Stephanie Melnyk, Pengembang di platform solusi pemasaran digital Vendasta, coding juga merupakan bagian besar dari rutinitasnya sehari-hari. Melnyk bekerja dengan sekitar lima bahasa pemrograman berbeda setiap hari, yang menurut dia jika coding membosankan akan menjadi ketidakpuasan pekerjaan yang besar. Dia tidak hanya puas dengan pekerjaannya, dia juga penggemar kode seumur hidup dan belum sama sekali kehilangan minatnya dalam coding. “Tumbuh besar, kakak saya menghabiskan banyak waktu untuk membuat game komputer sendiri,” kata Melnyk. “Saya pada dasarnya akan menjadi kelinci percobaannya dengan menguji game dan peta di game dan mencoba menemukan suatu bug di dalamnya. Aku menyukainya! Bagi saya, itu sangat mengasyikkan. ”Kegembiraan ini akhirnya mengarah pada karier pengkodean profesional Melnyk, yang telah ia lakukan dengan aktif selama tiga tahun terakhir.

Apakah Coding Membosankan? Mungkin Itu Sebenarnya Adalah Pekerjaan Paling Menyenangkan

Stephanie Melnyk

Coding Tidak Membosankan, Ini Menyenangkan, Menguntungkan dan Suatu Tantangan yang Menarik.

Kager mengatakan bahwa bekerja dengan coding memiliki penghargaan langsung dan nyata yang tidak dapat anda temukan di setiap bidang lain yaitu fakta bahwa pembuat kode merespons dengan fitur produk dan perbaikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan orang  yang menggunakan situs web atau perangkat lunak mereka. Khususnya untuk Kager, bekerja dengan perangkat lunak open source membawa suatu kebanggaan khusus. “Karena kode kami adalah open source,” kata Kager, “siapa pun dapat melihat bagaimana saya memecahkan masalah yang mungkin mereka alami di aplikasi mereka sendiri. Itu membuat saya merasa seperti saya berkontribusi pada pengetahuan universal, yang merupakan suatu perasaan luar biasa. ”

Apakah Coding Membosankan? Mungkin Itu Sebenarnya Adalah Pekerjaan Paling MenyenangkanApakah Coding Membosankan? Mungkin Itu Sebenarnya Adalah Pekerjaan Paling Menyenangkan

Melnyk berbagi sentimen bahwa pengkodean menawarkan hadiah memuaskan yang unik untuk profesi. “Saya suka kepuasan instan melihat apa yang telah Anda buat muncul di laman web dan dapat langsung mengetahui apakah itu berfungsi atau tidak.” Melnyk mengatakan. Selain itu, Melnyk mengutip tantangan yang muncul selama pengkodean sebagai bagian besar dari apa yang membuatnya tidak hanya tidak membosankan, tetapi secara aktif terlibat — hal-hal akan menjadi salah dengan kode, itu yang diberikan, tetapi belajar dari tantangan itu adalah apa yang meningkatkan kode dari semua permukaan. persepsi menjadi membosankan.

Coding Adalah Suatu Keajaiban, Terkadang Dia Akan Naik dan Turun.

Apakah Coding Membosankan? Mungkin Itu Sebenarnya Adalah Pekerjaan Paling MenyenangkanApakah Coding Membosankan? Mungkin Itu Sebenarnya Adalah Pekerjaan Paling Menyenangkan

Meskipun sudah jelas bahwa pengkodean tidak membosankan, ini masih tetap seperti pekerjaan, dan seperti semua pekerjaan terkadang ada pasang surutnya. Bagi Kager, salah satu bagian pengkodeannya yang paling tidak disukai tidak ada hubungannya dengan kode dan semuanya berkaitan dengan mindset yang ketinggalan jaman di industri. “Ada banyak “penjaga gawang” di lapangan,” kata Kager. “Orang-orang yang mencoba memberi tahu anda, ‘jika anda bukan ahli dalam X, maka anda tidak pantas menyebut diri anda adalah  seorang programmer.’ Semuanya adalah BS, dan cara untuk mencoba membuat orang tetap terintimidasi dari memasuki lapangan. “Bagi Kager, cara terbaik untuk memerangi aspek negatif dari ini adalah “mengabaikan si pembenci” sebanyak mungkin, dan menggunakan pengaruh positif anda sendiri di lapangan sebagai seseorang yang membantu membuat pengkodean yang mendukung dan inklusif.

Sementara itu, di beberapa bagian yang kurang menyenangkan dari pengkodean sebenarnya mengarah kembali ke apa yang membuat pengkodean khusus dari tempat pertama. “Teknologi selalu berubah dengan gaya yang berbeda-beda,” kata Kager, “jadi anda harus benar-benar dapat beradaptasi dan mau terus belajar baik di dalam maupun di luar pekerjaan.” Sementara Kager mengatakan bahwa ini kadang-kadang bisa melelahkan, tetapi pada akhirnya, proses belajar terus menerus adalah hal yang membuat pengkodean ini menjadi begitu menarik.

Melnyk mengatakan bahwa kemerosotan dalam hubungannya dengan coding terjadi pada saat dia akhirnya masuk ke alur kerja yang baru dengan bahasa pemrograman tertentu dan tiba-tiba ada proyek tempat kerja atau industri yang beralih ke bahasa baru. Melnyk mengatakan bahwa perubahan ini terkadang memerlukan sedikit pembelajaran (yang dapat menimbulkan stress), tetapi ini juga merupakan waktu untuk berkumpul bersama rekan kerja dan anggota tim dan menghadapi tantangan yang baru secara langsung, sesuatu yang terdengar jelas tidak akan membosankan.

Apakah anda sudah jadi seperti Emily Kager dan Stephanie Melnyk saat ini ? Kalau belum jadilah seperti mereka agar pekerjaan coding anda tidak membosankan, Programmer seperti ini yang banyak sekali dibutuhkan untuk kemajuan suatu perusahaan-perusahaan besar atau kecil. PT TOG Indonesia masih membuka kesempatan lowongan kerja yang banyak sekali di bidang IT untuk programmer-programmer di luar sana. Segera kirim CV anda melalui via e-mail atau via POS.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

PT TOG Indonesia

(Visited 38 times, 1 visits today)