8 Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja

8 Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja

Halo sobat TOG, Wawancara kerja adalah sebuah langkah penting dalam meraih pekerjaan idaman Anda. Semakin baik Anda mempersiapkan dan melakukannya, peluang Anda diterima untuk posisi yang dilamar semakin terbuka lebar. Akan tetapi, wawancara kerja dapat menjadi aktivitas yang mendebarkan, menakutkan, dan membebani bagi sejumlah pencari kerja.

Wawancara kerja dapat membuat seseorang yang percaya diri sekalipun menjadi gugup. Tak heran, mereka terlihat gugup saat diwawancarai kerja. Terlebih, mereka yang kali pertama mengalaminya, tapi Anda tidak perlu panik.

Dengan beberapa teknik sederhana dan sebuah persiapan yang baik dapat membuat keajaiban yang dapat mengurangi tingkat gugup Anda. Anda harus percaya diri dan siap untuk menciptakan kesan pertama yang baik.

Info Loker

Berikut ini ada 8 cara mengatasi rasa gugup saat wawancara kerja:

1. Melakukan persiapan

 

gugup

Sebelum berperang, ketahui siapa lawan Anda secara mendetail. Persiapan ini juga harus dilakukan oleh para karyawan yang akan menghadapi interview kerja. Lakukan penelitian terhadap perusahaan yang sedang Anda lamar. Kenali setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, cari tahu secara jelas pergerakan perusahaan hingga kompetitor yang menjadi saingan dari perusahaan tersebut.

Pengetahuan adalah kekuatan, oleh sebab itu, ketahui yang bisa Anda ketahui dan semakin banyak Anda tahu, Anda akan semakin percaya diri dan dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pihak pewawanara dengan lebih tenang.

2. Memiliki waktu tidur yang cukup

 

Memang sangatlah penting jika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup agar stamina tubuh Anda tetap terjaga. Sebaiknya Anda memiliki waktu tidur selama 7-8 jam dalam satu hari. Dikarenakan berdasarkan hasil pengamatan dari pakar kesehatan, ketika Anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur, akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi serta rasa percaya diri saat proses wawancara kerja berlangsung.

3. Sarapan

 

gugup

Sebelum Anda menjalankan serangkaian proses wawancara kerja, sebaiknya Anda sarapan terlebih dahulu. Karena ketika Anda sarapan, maka akan memberikan banyak manfaat untuk diri serta tubuh Anda sepanjang hari. Selain itu, dengan Anda sarapan juga akan membantu Anda menambahkan energi pada tubuh, serta membuat Anda menjadi lebih konsentrasi saat proses wawancara kerja berlangsung.

4. Santai dan rileks

 

Jangan datang ke lokasi interview di saat – saat terakhir. Beri diri Anda beberapa waktu untuk bersantai dan rileks. Usahakan sampai di sana lebih awal dan habiskan beberapa waktu di kedai kopi di dekat kantor tersebut, karena ini akan memberi otak Anda sedikit waktu tenang, bahkan Anda bisa melakukan persiapan terakhir agar Anda semakin percaya diri ketika interview.

5. Berfikir positif

 

gugup

Saat wawancara itu berlangsung, teruslah berpikir positif agar Anda tidak merasa grogi dan penuh percaya diri. Tampakkan bahwa Anda akan bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.

6. Anggap Pewawancara sebagai Teman

 

 

Untuk membantu Anda dalam memberikan jawaban terbaik dan dapat berpikir dengan lebih jernih, tanamkan dalam benak Anda bahwa pewawancara adalah teman Anda, bukan musuh atau seseorang yang sedang mengorek-ngorek tentang diri Anda. Anda bisa menciptakan atmosfer yang lebih ringan dan santai namun tetap profesional saat melakukan interview kerja.

7. Mengetahui kekuatan Anda

 

gugup

Jika Anda menyadari kekuatan dalam diri Anda, Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih kuat untuk berhasil dalam wawancara tersebut. Oleh karena itu, pahamilah apa yang Anda miliki dengan baik pada diri Anda.

8. Selalu berdoa

Berdoa merupakan salah satu jalan yang perlu Anda lakukan. Sebelum masuk ke ruang wawancara dan setelah keluar dari ruang wawancara, berdoalah sesuai Agama Anda. Ini akan membantu Anda dalam menenangkan pikiran Anda yang mungkin saja sedang tertekan. Selain itu, dengan berdoa, percaya diri Anda juga akan meningkat karena Anda yakin Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi Anda.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

By |2018-11-28T13:04:14+00:00November 28th, 2018|Article, Career|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat