Rasa malas saat di kantor bisa datang datang kapan saja, terutama pada jam setelah makan siang. Namun jika Anda mencintai pekerjaan Anda, seharusnya Anda dapat mencari cara menghilangkan rasa malas saat rasa malas tersebut datang menyerang. Malas itu ibarat penyakit, ia bisa datang dari mana saja dan kita harus mencegahnya. Supaya virus malas ini tidak hinggap terlalu lama dan tidak menguasai diri kita, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas untuk membangkitkan semangat Anda kembali. Di antaranya sebagai berikut.

Makan permen
Ketika Anda makan permen, khususnya permen karet, maka mulut cenderung menguyah terus. Aktivitas menguyah ini memberikan stimulus untuk syaraf ke otak sehingga Anda tidak mengantuk. Otak yang kekurangan stimulus membuat tubuh terasa mengantuk, akibatnya rasa malas mudah datang. Aktivitas makan permen ini akan membuat otak tetap bekerja dengan baik dan mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Mendengarkan musik
Selain makan permen, Anda juga dapat memutar lagu-lagu yang membangkitkan semangat. Aktivitas mendengarkan musik ini dapat memicu pelepasan dopamine dalam otak yang mampu membangkitkan mood saat bekerja.

Lakukan olahraga ringan atau jalan-jalan santai di sekeliling kantor
Duduk terlalu lama juga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Walaupun pekerjaan Anda menuntut untuk banyak duduk di depan computer, Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan seperti peregangan anggota badan, push-up, sit-up, hingga jalan-jalan naik turun tangga di kantor. Tubuh yang bugar akan menjauhkan diri dari rasa malas.

Minum air putih
Kekurangan air putih menyebabkan dehidrasi pada tubuh, dan dehidrasi ini berdampak pada penurunan kinerja otak. Jika rasa kantuk dan malas melanda, hal ringan yang dapat Anda lakukan adalah mengambil air putih. Hampir semua perusahaan pastinya peduli dengan kesehatan karyawan-nya hingga menyediakan air putih gratis.

Mengobrol santai
Sesekali bisa juga kita mengobrol santai dengan bos atau rekan kerja untuk melepas penat, terlebih saat beban pekerjaan tidak terlalu tinggi. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan diri untuk membantu pekerjaan rekan kerja lain. Mereka pasti akan mengapresiasi bantuan Anda.

(Visited 8 times, 1 visits today)