Pencarian Kerja – Suatu ketika kamu akan kewalahan jika terlalu asik berburu pekerjaan dan berusaha melacak semua pelamaran yang dikirim, jadwal interview dan apa saja yang berhubungan dengan hal tersebut. Hebat jika kamu bisa menjaga ritme yang produktif saat berburu pekerjaan, penting juga untuk melakukan pendekatan secara sistematik dan terorganisir.

Tujuan akhir setiap kandidat adalah untuk mendapatkan “ya” dari HRD, tapi untuk sampai kesana seseorang harus melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai target tersebut. Untuk itu kamu harus tahu cara mengelola dan mengatur pencarian kerja.

Bertentangan dengan opini publik, jangan jadikan hal ini sebuah permainan. Meski kadangkala keadaan mengharuskan kita untuk melamar setiap lowongan pekerjaan dan menerima setiap penawaran yang menghampiri, tapi mereka yang punya tujuan karier jangka panjang harus mempunyai rencana yang jelas. Dengan melakukan pendekatan yang lebih selektif akan lebih mudah untuk mengatur pencarian pekerjaanmu dan memberikan yang baik saat proses pelamaran.

Mulai dari mana? Berikut ini Cara Mudah Untuk Mengatur Pencarian Kerja Anda:

1. Tentukan Tujuan Kariermu

 

pencarian kerja

Pertama kamu harus menentukan tujuan kariermu. Apakah kamu ingin mendapatkan pengalaman bekerja secara langsung dan memantapkan kepercayaan diri pada saat ini? Atau kamu punya ambisi tertentu yang ingin kamu capai dalam beberapa tahun ke depan?

Banyak orang mungkin mengatakan bahwa kamu harus tahu apa yang kamu inginkan pada 5 tahun mendatang, kenyataannya sering tidak berjalan sesuai rencana. Jadi, perlu punya rencana tapi sama petingnya untuk tetap fleksibel untuk berubah arah jika ada alasan yang kuat.

Dikatakan bahwa seseorang perlu menentukan tujuan karier jangka pendek agar bisa melamar pekerjaan yang tepat dengan perusahaan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Visualisasikan Perusahaan Idealmu

pencarian kerja

 

Sama pentingnya dengan memiliki tujuan karier yang jelas, kamu juga harus mempunyai pandangan yang jelas tentang perusahaan yang ideal. Lingkungan kerja seperti apa yang kamu inginkan? Budaya kerja seperti apa yang cocok dengan kepribadian dan nilaimu? Seandainya kamu belum menyadarinya, berikut 5 langkah umum penyesuaian budaya yang berpengaruh di perkembangan kariermu.

Bekerja bersama dengan rekan yang memiliki pemikiran yang sejalan akan mengispirasi dan memotivasi, berbeda jika sebaliknya. Dalam hal ini, penting untuk mengidentifikasi apakah kamu lebih suka bekerja di lingkungan kerja yang dinamis dan sosial atau kamu seorang introvert yang lebih suka bekerja secara mandiri dengan minimnya interaksi sosial. Berikut panduan berguna untuk membantumu memilih perusahaan yang tepat.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

3. Gunakan Pendekatan yang Memiliki Target

pencarian kerja

 

Hanya karena kamu fresh graduate bukan berarti kamu harus mengambil penawaran kerja yang pertama kamu terima. Kamu akan lebih bahagia bekerja pada perusahaan yang cocok, dalam lingkungan yang menginspirasi dan memotivasi kamu untuk belajar dan berkembang.

Buat list singkat perusahaan yang memiliki kualitas yang kamu cari, terlepas dari apakah mereka memiliki lowongan pekerjaan saat ini. Ini untuk membuat namamu dikenal di luar sana dan membangun jaringan profesional. Berinisiatif dengan mengirimkan lamaran pekerjaan mungkin bisa membuat HRD terkesan dan menyimpan resume mu dalam filenya. Mungkin mereka tidak langsung menghubungi, tapi segera. Intinya adalah kamu tidak akan pernah tahu sebelum mencobanya. Harus aktif, jangan pasif.

4. Lakukan Uji Kelayakan Pada Daftar Singkat Perusahaan Pilihanmu

pencarian kerja

 

Sebagai bagian dari prosespengecekan, kamu perlu melakukan uji kelayakan pada daftar singkat perusahaan pilihanmu. Kamu harus mencari review perusahaan tersebut secara online, memantau obrolan mengenai perusahaan tersebut pada media sosial, forum online dan grup chat. Untuk kalian yang masih awam terhadap review perusahaan, berikut ini 5 tips untuk menganalisa review dan menggunakannya dalam perburuan pekerjaan.

5. Atur Perburuan Pekerjaanmu Dengan Cara Cerdas

 

Mulai dengan daftar sederhana untuk setiap lamaran pekerjaan. Tambahkan item tindakan seperti:

a) Lakukan penelitian budaya perusahaan melalui

* Review perusahaan secara online

* Obrolan pada media sosial

* forum online

b) Siapkan resume dan surat lamaran pekerjaan yang disesuaikan untuk setiap lowongan

c) Lacak nama perusahaan dan detail kontaknya

d) Kirim email pribadi yang berisi surat lamaran pekerjaan dengan tautan atau lampiran resume dan portofolio

Kamu juga bisa menggunakan alat bantu seperti Huntr yang di desain khusus untuk perburuan pekerjaan yang memudahkan mengatur dan melacak status dari setiap lamaran pekerjaan, detail kontak perusahaan, status aplikasi, tanggal dan waktu interview, status interview, dll.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 25 times, 1 visits today)