Lulus Kuliah – Kelulusan dan yudisium (wisuda) adalah hal-hal yang paling ditunggu oleh semua mahasiswa tingkat akhir yang telah menyelesaikan skripsi mereka. Namun, kelulusan juga membuat banyak mahasiswa khawatir, khususnya bagi mereka yang belum tahu apa yang akan dilakukan setelah lulus kuliah.

Mendapatkan pekerjaan impian setelah menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah merupakan harapan semua mahasiswa freshgraduate di Indonesia. Gaji tinggi serta posisi yang enak sudah menjadi target bagi sebagian besar lulusan baru. Akan tetapi, mendapatkan pekerjaan nggak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk itu coba ikuti cara-cara dibawah ini dalam mencari pekerjaan sebelum lulus kuliah :

1. Mengambil Kesempatan Untuk Magang

lulus kuliah

Sambil menunggu kelulusan, kamu bisa mengambil kesempatan untuk magang. Inilah kesempatan untuk menunjukkan kualitas kerja dan kemampuanmu secara profesional pada perusahaan. Hitung-hitung kamu selangkah lebih awal menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Konon, peralihan dunia akademik ke dunia profesional perlu adaptasi lho. Apalagi jika kamu dapat menunjukkan kesungguhan bekerja, tidak menutup kemungkinan kamu segera ditawari sebagai karyawan tetap.

2. Mulai Sering Mendatangi Jobfair

Tak perlu menunggu lulus untuk menjadi pengunjung job fair. Dari sini kamu bisa berinteraksi langsung dengan bagian recruiting perusahaan, bahkan menggali lebih dalam mengenai kriteria-kriteria posisi tertentu. Dari sini kamu juga lebih luas mengenal spektrum posisi-posisi dalam pekerjaan. Kamu boleh kok mulai menyebar lamaran. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menguji kemampuanmu menyusun CV dan cover letter.

3. Manfaatkan Koneksi

lulus kuliah

Kamu dapat mulai memanfaatkan jaringan yang dimiliki. Mungkin bisa dimulai dari dosen pembimbing. Selain melakukan bimbingan tugas akhir/skripsi, coba arahkan pembicaraan hingga keresahan soal karir. Siapa tahu kamu mendapat informasi pekerjaan dari koneksi beliau. Bahkan kamu direkomendasikan langsung pada rekan-rekan profesionalnya. Manfaatkan juga jaringan alumni kamu, siapa tahu ada undangan wawancara melalui perekrutan tertutup.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Giat Dalam Mencari Informasi Lowongan Kerja

Gerak cepat itu wajib! Cari informasi peluang pekerjaan dengan sebanyak mungkin. Kamu bisa mulai daftar situs-situs penyedia lowongan pekerjaan. Biasanya kampus pun punya career center yang bisa kamu manfaatkan lho. Kamu juga harus peka dengan berbagai iklan yang ditemui, mulai dari koran, televisi, bahkan media sosial kamu.

5. Mulai Rapikan Media Sosial

lulus kuliah

Percaya tidak percaya, kamu bisa dinilai dari media sosial kamu. Mulai sekarang, yuk, rapikan isi media sosialmu, smart buddies! Bila merasa terlalu banyak curahan hati kurang penting, coba rapikan akun LinkedIn agar terlihat lebih profesional. Pastikan semua yang kamu paparkan bisa menjadi representatif CV kamu ya. Bukan tidak mungkin ada panggilan wawancara karena profil media sosial yang kamu buat.

Itu adalah beberapa cara untuk mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah ya TOGI !


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 31 times, 1 visits today)