Lingkungan kerja berperan penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Semakin baik lingkungan tersebut, karyawan akan betah dan produktif bekerja.

Bukan hanya itu, mereka juga akan mampu mengeluarkan potensi terbaiknya. Tidak sekadar demi gaji, namun mereka melakukannya demi kemajuan perusahaan dalam jangka panjang.

Jangan khawatir jika sekarang ini Anda tidak tahu cara menciptakan lingkungan kerja yang baik di perusahaan Anda. Percaya atau tidak, caranya tidak sesulit yang kebanyakan orang kira. 

Nah sekarang coba Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dengan Cara Ini:

1. Rekrutlah Staf yang Tepat

lingkungan kerja

Orang-orang yang Anda rekrut untuk bekerja di perusahaan Anda akan menjadi bagian yang berkontribusi terhadap kondisi lingkungan kerja. Jadi pastikan bahwa Anda merekrut orang yang profesional, dapat bekerja di dalam tim maupun secara individual, serta dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Ada peribahasa yang berbunyi “karena nila setitik, rusak susu sebelangga” yang artinya kira-kira karena ada setitik hal kecil yang buruk, keburukan tersebut dapat mempengaruhi dan merusak seluruh lingkungan yang besentuhan dengannya.

Oleh karena itu, jika Anda merasa ada calon karyawan yang berbakat namun memiliki sifat ‘toxic’ atau menurunkan produktivitas karyawan lainnya dengan berbagai cara, sebisa mungkin Anda tidak merekrutnya.

2. Fasilitasi Karyawan untuk Berkolaborasi

Cara ketiga untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik adalah dengan memfasilitasi para karyawan untuk berkolaborasi dan berdiskusi. Atur meja kerja di dalam satu ruangan sehingga saling berhadapan. Atau jika kantor berbentuk kubikel-kubikel, sediakan satu spacekhusus untuk para karyawan berdiskusi dan berkolaborasi.

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat memfasilitasi para karyawannya untuk terus bekerja sama dan tidak bekerja sendiri-sendiri. Kerjasama didapatkan dengan saling berdiskusi dan saling mendukung pekerjaan satu sama lain.

Dengan memfasilitasi para karyawan untuk lebih sering berinteraksi, secara tidak langsung Anda akan memiliki karyawan yang lebih memperhatikan hasil pekerjaannya dan selalu ingin memiliki karier cemerlang.

3. Sesekali Traktir Karyawan Anda

lingkungan kerja

Setelah menyelesaikan satu proyek besar atau saat para karyawan bekerja dengan sangat baik, cobalah ajak mereka untuk makan bersama. Hal ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk meningkatkan kepuasan karyawan.

Dengan mentraktir para karyawan, artinya Anda memberikan apresiasi terhadap hasil kerja mereka. Orang yang merasa diapresiasi selanjutnya akan lebih giat lagi bekerja dan mempertahankan prestasinya.

Tidak perlu jauh-jauh dan perencanaan khusus, bahkan dengan memesan pizza atau makanan delivery lainnya untuk dimakan bersama di kantor tentunya akan menciptakan energi positif di lingkungan kerja.

4. Pasang Satu Buah Papan Tulis di Ruang Kerja

Apakah di ruangan tempat para karyawan bekerja ada sebuah papan tulis besar? Jika tidak, Anda dapat mulai menyediakan papan tulis sebagai salah satu cara untuk menunjang lingkungan kerja yang produktif.

Gunakan spidol yang mudah dihapus untuk menuliskan berbagai list pekerjaan yang harus dilakukan dalam satu periode tertentu, sehingga setiap para karyawan melewati papan tulis, mereka akan selalu tersadarkan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang belum diselesaikan.

Memasang papan tulis juga dapat menjaga antusiasme para karyawan menyelesaikan pekerjaannya sebelum batas tenggat waktu berakhir.

5. Pastikan Lampu Kantor Terang

lingkungan kerja

Walaupun terdengar sepele, namun dengan pencahayaan yang baik, Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan positif. Pencahayaan yang buruk akan menyebabkan mata lebih cepat lelah, penglihatan yang kurang jelas, hingga sakit kepala yang dapat menurunkan performa karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.

Sebaliknya, dengan pencahayaan yang terang namun tidak terlalu silau, akan mengisi energi karyawan sepanjang hari sehingga lebih fokus mengerjakan pekerjaannya.

Jika kantor Anda tidak memungkinkan untuk memasang jendela besar untuk pencahayaan secara alami, cobalah menggunakan lampu yang dapat diatur kadar terangnya.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

6. Dekorasi Kantor secara Menarik

Di era informasi ini, tidak zaman lagi kantor hanya berbentuk kubikel-kubikel yang kaku. Beberapa perusahaan seperti Bukalapak dan Google bahkan memiliki ruangan bermain bagi para karyawannya, juga dekorasi ruangan yang membuat para karyawan tidak merasa sedang berada di kantor.

Dengan begitu, ketika jenuh melanda, para karyawan sejenak dapat menyegarkan pikiran langsung di kantor. Otak manusia juga sebetulnya tidak didesain untuk terus menerus bekerja.

Paling tidak setelah bekerja 2 jam, otak memerlukan asupan udara segar atau relaksasi sejenak untuk dapat berkonsentrasi kembali. Jika tidak, yang ada produktivitas malah menurun.

Oleh karena itu, mulailah perhatikan suasana tempat para karyawan bekerja. Apakah sinar matahari dapat masuk ke ruangan kerja? Apakah furnitur yang nyaman sudah tersedia? Jika tidak, cobalah untuk melakukan sedikit renovasi demi lingkungan kerja yang lebih baik.

7. Personalisasi Meja Kerja

lingkungan kerja

Untuk tiap karyawan yang bekerjasama dengan Anda, cobalah untuk memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk menata sendiri tempat kerjanya sesuai dengan yang mereka inginkan.

Setiap orang tentunya memiliki preferensi lingkungan kerja masing-masing. Ada yang nyaman dengan berbagai tumpukan kertas dan dokumen, ada pula yang tidak tahan jika ada barang berantakan sedikit saja.

Daripada menyeragamkan dekorasi meja tiap-tiap karyawan, bebaskan mereka untuk mengaturnya sesuai dengan keinginan mereka, asalkan masih sesuai dengan batasan-batasan wajar.

8. Berikan Kesempatan untuk Bergerak

Karyawan Anda bukan robot yang dapat terus-menerus duduk di belakang meja kerja dan tanpa jeda memfokuskan diri terhadap pekerjaannya. Jangan pernah membiarkan para karyawan merasa Anda terlalu mengekang mereka untuk duduk di meja kerja.

Duduk di meja kerja dalam waktu lama juga terkadang dapat membuat jenuh, dan para karyawan perlu sedikit bergerak untuk melemaskan otot dan pikirannya.

Dari beberapa kasus yang sudah ada pun, karyawan yang lebih bebas bergerak juga lebih banyak mendapat udara segar, yang kemudian mempengaruhi terhadap pemikiran dan kinerja yang lebih baik.

9. Temui Para Karyawan Secara Langsung

Di era informasi yang sudah cukup canggih, rapat bisa dilakukan secara online melalui media apa pun. Semakin jarang para atasan bertemu langsung tatap muka dengan para karyawannya dengan alasan kesibukan dan lainnya.

Padahal, dengan lebih sering melakukan pertemuan tatap muka dengan karyawan, Anda dapat mendapatkan feedback langsung dari mereka. Berbeda dengan pesan singkat atau surat elektrinik yang terkadang tidak bersifat personal.

Intinya, lebih banyaklah berinteraksi dengan para karyawan Anda. Dengarkan mereka dan Anda pun akan terkejut dengan berbagai hal yang tidak akan Anda ketahui dengan mengobrol secara online.

10. Perbaiki Cara Memberi Instruksi

Saat Anda menginginkan karyawan Anda untuk melakukan sesuatu, jangan katakan ‘Kamu harus…”. Lebih baik Anda menggunakan frasa “Mari bersama-sama..”, sehingga karyawan akan merasa tidak sendiri dalam menangani urusan perusahaan.

Terdengar cukup remeh, namun sangat efektif untuk membuat lingkungan kerja lebih nyaman. Hal ini lebih berpengaruh pada mindset para karyawan, sehingga hasil pekerjaan pun dapat lebih baik.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 42 times, 1 visits today)