Cloud Engineer merupakan orang  yang bertugas dan bertanggung jawab dalam membangun infrastruktur cloud. Tak hanya itu, infrastrukturnya disesuaikan dengan rancangan yang telah dibuat oleh arsitek Cloud.

Profesi ini juga memiliki berbagai tugas yang sangat penting. Tugasnya memang telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan pada saat itu. Tugas dari profesi ini meliputi Cloud System Engineer, Cloud Network Engineer, Cloud Security dan Cloud Software Engineer.

Profesi Engineer dalam Cloud Computing

1. Cloud Network

Bidang ini memiliki tugas untuk melakukan optimasi terhadap perangkat, mendukung segala operasional, melakukan maintenance secara berkala, melakukan optimasi perangkat jaringan, mengatur jalur komunikasi infrastruktur cloud, dan menjalankan implementasi.

2. Cloud System 

Pekerjaan dibidang ini adalah orang yang nantinya akan bertanggung jawab dalam membangun sistem virtual. Contoh deskripsi pekerjaan Cloud System Engineer adalah mendukung implementasi cloud.

3. Cloud Software

CSE yang memiliki peran dalam mengembangkan dan mendesain modul software-nya. Modul software dapat terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud.

Jenjang Karirnya

Cloud Engineer merupakan profesi dengan jenjang karir bagus. Karena kebutuhan perusahaan saat ini terhadap cloud computing terbilang sangat besar. Kebutuhan serta permintaan terhadap profesional cloud computing di Indonesia juga terus meningkat dan masih belum terpenuhi. Dilansir oleh Dice.com, lowongan yang tersedia dibidang cloud computing sudah mencapai 4000 lebih.

Hal ini bisa menjadi kesempatan buat Anda yang ingin bekerja dan terjun didunia cloud computing. Terdapat 3  level dibidang ini yaitu level junior, middle dan senior. Ada baiknya Anda meraih sejumlah sertifikasi di bidang cloud computing agar karir Anda juga semakin meningkat

Jika Anda sedang mencari lowongan kerja Cloud Enginner, Anda bisa bergabung dan meniti karir yang baik bersama TOG Indonesia

Baca juga artikel lainnya : Pentingnya Perusahaan IT Konsultan untuk Perusahaan Anda


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 26 times, 1 visits today)