CV yang menarik menjadi kunci untuk mendapatkan karier di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang merupakan IT freshgraduate, ketika ingin melamar pekerjaan perlu memperhatikan apa saja yang harus cantumkan di dalam CV untuk membuat perusahaan tertarik. Kali ini TOG Indonesia akan memberikan tips membuat CV teknik informatika yang bisa Anda coba.

Tips Membuat CV Teknik Informatika

1.  Membuat portofolio dengan baik

Portofolio adalah hal pertama yang akan dilihat oleh perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan dan mengumpulkan seluruh portofolio terbaik sebagai pendamping CV teknik informatika.

Anda bisa memasukkan pengalaman kerja dan hasil pembuatan aplikasi  yang sebelumnya sudah Anda kerjakan. Jika sebelumnya Anda bekerja dalam sebuah kelompok, katakan juga apa peran Anda dalam proses membuat program tersebut.

Akan lebih baik lagi jika Anda bisa memberikan link yang langsung menuju kepada aplikasi yang kamu kerjakan. Bisa juga Anda memberikan screenshot hasil jadi dari aplikasi tersebut.

2. Perhatikan kualifikasi lowongan pekerjaan

Tak sedikit orang yang sering  melamar kerja pada satu perusahaan pada banyak lowongan. Jadi sesuaikanlah dengan kemampuanmu. Contohnya jika Anda ingin melamar bidang software engineering, idealnya Anda mempunyai skill dan pengalaman di bidang serupa.

3. Mencantumkan skill dalam CV

Sudah menjadi hal yang umum apabila memperlihatkan skill dalam CV.  Namun tidak hanya mencantumkan hard skills saja, soft skill juga harus masuk dalam CV teknik informatika Anda seperti;

  • Mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Bisa bekerja dengan baik, individual maupun dengan tim.
  • Mempunyai inovasi dan kreativitas yang tinggi (cantumkan di portofolio)
  • Menguasai bahasa pemrograman Phyton, C++, SQLdll.

4. Masukkan prestasi dan pengalaman

Anda bisa memasukan prestasi dalam CV teknik informatika. Akan tetapi, jika prestasimu tidak begitu berkaitan, Anda bisa memasukkan yang benar-benar memberi pengaruh dalam hidupmu. Jangan lupa untuk memasukan pengalaman kerja atau organisasi yang Anda miliki. Hal tersebut nantinya akan memberikanmu nilai lebih di mata recruiter.

5. CV harus jelas dan ringkas

Dalam membuat CV, pastikan Anda selalu menjelaskan tentang dirimu secara sederhana dan jelas. Anda tidak perlu menggunakan bahasa yang terlalu sulit untuk dimengerti. Anda bisa menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti tapi tetap ringkas.

Baca juga : Bocoran Pertanyaan Interview Software Quality Assurance


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 18 times, 1 visits today)