Pernah dengar, Apa itu DARKNET?

Menyadap data dan mengevaluasinya sesuatu yang tampaknya mudah bagi dinas rahasia AS NSA. Apakah dengan begitu penjahat dan teroris tidak lagi dapat memanfaatkan internet? Masih bisa, karena ada “Darknet“.

Deepweb merujuk pada situs-situs yang tidak terindeks oleh mesin pencari standar seperti Google/Yahoo/Bing. Sehingga kita tidak dapat mencarinya pada mesin pencari tersebut. Secara sederhana, Deep Web ini bisa dikatakan sebagai website yang tidak ditemukan atau terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Baidu, Bing, atau Ask. Deep Web ini memang sengaja tidak mengizinkan mesin pencari mengindeks konten di dalamnya, sehingga pengguna internet tidak dapat menemukannya.

Apa sebenarnya isi dari Deep Web itu?

Banyak dari website yang masuk kategori Deep Web berisi konten sensitif, ilegal, jual beli obat, jual beli senjata, dan banyak lagi. Ada juga Deep Web yang hanya berisi informasi saja yang tidak diakses oleh publik. Banyak orang atau hacker yang memanfaatkan Deep Web untuk pelbagai kepentingan, baik yang legal maupun ilegal.

Lalu bagaimana cara mengakses Deep Web ini?

Pengguna internet cukup mengunduh browser Tor atau yang sering disebut dengan Tor Browser Bundle. Di dalamnya telat terdapat tool yang dibutuhkan untuk mengakses Deep Web. Instalasi browser Tor ini pada dasarnya sama seperti saat kita menginstal aplikasi atau software biasa.

Pengguna yang ingin mengakses Deep Web sebaiknya membekali perangkatnya dengan tool keamanan yang lengkap dan tidak sembarangan melakukan interaksi di sana. Beberapa orang menyarankan untuk menutup webcam dan microhone saat mengakses Deep Web ini agar tidak penyusup yang memata-matai pengguna.

 Source: http://sidomi.com

(Visited 41 times, 1 visits today)