Data engineering menjadi salah satu karir yang tumbuh paling cepat dengan gaji kompetitif dan banyak pelatihan. Belum lagi semakin lama akan semakin banyak bisnis beralih ke model berbasis data, menjadikan profesi ini banyak dicari oleh banyak orang. Berikut beberapa alasan mengapa profesi ini menjanjikan.

Alasan Data Engineering Menjadi Profesi yang Menjanjikan

data engineering

Sumber Foto : mygreatlearning.com

 

Pekerjaan ini tumbuh sebesar 50% dari tahun ke tahun dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan. Pekerjaan ini sangat diminati karena semakin banyak bisnis yang bertransformasi ke model berbasis cloud dan berbasis data. Pada tahun 2020, gaji data engineering berkisar dari $110.000 USD hingga $155.000 USD per tahun. Gaji rata-rata adalah $137.776 USD, dan mediannya $102.472 USD. 

Data engineering merupakan fundamental

Search engine, data science, AI, semuanya dibangun di atas data engineering. Tanpa aliran data yang andal dan stabil itu, semua teknologi itu tidak dapat dibuat. Hal ini berarti bahwa rekayasa data merupakan tempat yang baik untuk mulai membangun karir di bidang data science

Kehadiran data engineer sangat dibutuhkan

Bekerja di bidang ini memberi Anda pengaruh dan kebebasan yang mungkin tidak ada pada bidang lain. Ingin bekerja jarak jauh dari Hawaii, atau lebih suka bekerja di perusahaan teknologi yang sedang naik daun di San Francisco? Bisa. Bahkan pada Mei 2021, ada sekitar 114 ribu lowongan pekerjaan data engineer di Amerika Serikat.

Pendapatan yang terbilang tinggi

Gaji yang diterima jika Anda berkecimpung di bidang ini mulai dari $100.000 USD hingga $163.000 USD. Untuk pemula, biasanya gajinya berkisar $77.000 per tahun. Akan tetapi, gaji tersebut bergantung pada lokasi tempat bekerja.

Memiliki tantangan tersendiri

Banyak yang mengatakan bahwa para engineer suka tantangan dan membutuhkan masalah baru untuk dipecahkan. Anda bisa memperoleh tantangan itu di bidang ini. Entah itu mengatasi data flood terus-menerus, atau menavigasi peralihan ke cloud. Masalah-masalah tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk para penyuka tantangan.

Keterampilan data engineering dapat ditransfer

Data engineering berkaitan dengan berbagai karir, seperti data analyst, data science, dan AI. Jika Anda memulai sebagai data engineer, Anda bisa saja beralih ke bidang yang berbeda dengan pelatihan dan sertifikasi tambahan. Insinyur data juga dapat bekerja dalam rekayasa perangkat lunak setelah mempelajari kerangka kerja web, seperti Django (Python), Express (Node), atau Spring Boot (Java). 

Untuk Anda yang menjadi lulusan IT, data engineering bisa menjadi salah satu profesi pilihan. Apakah Anda tertarik?

Baca juga : Tips Membuat Data Engineer Resume yang Menarik Perusahaan Besar

(Visited 49 times, 1 visits today)