Gaji Android developer menjadi topik yang cukup mengusik perhatian bagi siapa pun, terutama yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi atau IT. Android dan iOS bisa dikatakan dua sistem operasional yang merajai dunia saat ini. Android banyak dipakai oleh konsumen di dunia untuk ponsel cerdas mereka.

Tak mengherankan akan ada yang menganggap gaji Android developer tinggi untuk semua level. Banyaknya permintaan akan pemakaian sistem operasional Android menghadirkan asumsi bahwa gaji Android developer akan ikut terkerek.

Sementara kami hingga saat ini tidak menemukan data pasti sebagai acuan gaji Android developer 2020, data berikut bisa Anda jadikan pengetahuan. Sebagaimana kami ambil dari id.bitdegree.org, gaji Android developer terbagi ke dalam tingkatan keahlian.

Gaji Android Developer di Indonesia

Gaji Android Developer

Yang pertama adalah developer aplikasi level pemula. Perkiraan gaji untuk level pemula kami ambil dari Payscale.com. Developer aplikasi level pemula merujuk pada orang yang baru saja memulai di bidang pengembangan aplikasi seluler. Mengingat pengalamannya yang masih minimal, developer aplikasi ini biasanya lebih banyak membantu atasan dalam hal pekerjaan kecil. Tak jarang mereka akan diminta untuk belajar lagi melalui pelatihan formal.

Gaji Android developer tingkatan ini berkisar US$4.800 atau sekira Rp69,1 juta per bulan, tidak terlalu jauh dari rerata US$3.700 per bulan sebagai rerata gaji bulanan di Amerika Serikat per 9 Januari 2020.

Untuk gaji Android developer untuk aplikasi junior sedikit di atas dari level pemula. Menurut Glassdoor.com, gaji posisi ini sekitar US$66.800 per tahun atau US$5.570 atau sekira Rp80,2 juta per bulan. Mereka yang berada di posisi ini dianggap mereka yang telah mengerjakan proyek sebelumnya dan cepat belajar.

Tingkatan tertinggi yakni developer aplikasi level senior dapat menghasilkan sekitar US$90 ribu per tahun atau US$7.500 atau sekira Rp108 juta per bulannya.

Selain gambaran pendapatan di atas, sumber lainnya, badoystudio.com menyebut ada acuan gaji lain yang bisa Anda pelajari. Melalui studi per kasus, Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa gaji Android developer 2020 akan tetap menjanjikan. Sebagai contoh, ada seorang developer yang meraup antara Rp7 dan Rp9 juta per bulan setelah membuat lima aplikasi game yang dipasang di PlayStore.

Ada pula Yusup Suparman, pria asal Depok, Jawa Barat, yang membuat 51 aplikasi di PlayStore. Aplikasinya telah diunduh hingga 40 ribu pengguna sehingga membayar Yusuf antara US$5.000 atau Rp72 juta dan US$6.000 per bulannya.

Angka-angka di atas tentu saja sangat dipengaruhi oleh kondisi keuangan perusahaan tempat Anda melamar, situasi ekonomi suatu negara hingga keterampilan apa saja yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan data di atas sebagai “modal” saat negosiasi gaji dengan tentu saja berpijak pada kualitas aplikasi berbasis Android yang Anda buat. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel lainnya : Perkembangan Android Sistem Dari Astro Hingga Pie

Jika anda mencari lowongan Android Developer, Anda bisa bergabung dengan TOG Indonesia yang merupakan perusahaan IT terbaik di Jakarta.


DAPATKAN UANG TUNAI Hingga Rp 2,5 JUTA UNTUK SETIAP ORANG YANG ANDA REKOMENDASIKAN

Rekomendasikan Teman atau Keluarga Anda dan Dapatkan Keuntungannya Cukup dengan mengisi formulir di sebelah kanan, kami akan segera menghubungi teman atau keluarga Anda. Jika Mereka dinyatakan LOLOS saat recruitment maka Anda berhak mendapatkan uang tunai hingga Rp 2,5 JUTA

Referral Program TOG Indonesia

Referral Program TOG Indonesia adalah sebuah program dimana kita bisa merekomendasikan rekan/kerabat Anda untuk bergabung dengan TOG Indonesia (PT Tekno Gemilang). Apabila orang Anda rekomendasikan telah dinyatakan lulus proses seleksi, Anda akan langsung mendapatkan uang tunai hingga 2.5 jt untuk setiap 1 orang yang kamu rekomendasikan.⁣ Kamu bisa kunjungi Form Referral Program TOG Indonesia, yuk ikutan.



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

 

(Visited 593 times, 1 visits today)