Dalam dunia pemrograman, bahasa pemrograman merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai terlebih lagi untuk mereka yang bekerja sebagai developer, computer scientist, atau Programmer tentu sudah tahu manfaat belajar bahasa pemrograman. Jumlah bahasa pemrograman ini sangat banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, terdapat bahasa pemrograman dari Google yaitu bahasa pemrograman yang bernama Golang.

Bahasa pemrograman Go atau sering juga disebut golang adalah bahasa pemrograman yang free dan open source dari Google. Bahasa ini telah dibuat pada tahun 2007 oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Meskipun demikian bahasa golang pertama kali dirilis ke publik sebagai proyek open source pada tanggal 10 November 2009. Setelah desain dan pengembangan yang berlangsung selama bertahun-tahun, Go versi stabil (versi 1) akhirnya bisa dirilis pada tanggal 28 Maret 2012.

Bahasa Go diciptakan karena didasari oleh rasa frustrasi orang-orang Google terhadap bahasa pemrograman sistem yang telah ada karena menjadi terlalu sulit. Dalam memilih bahasa pemrograman sistem, ada tiga faktor yang perlu diperhatikan yaitu kompilasi yang efisien, eksekusi yang efisien, dan kemudahan dalam pengembangan. Ketiga faktor tersebut tidak tersedia di satu bahasa. Programmer akhirnya lebih memilih kemudahaan di atas keamanan dan efisiensi dengan mengganti pilihan bahasanya ke Python dan JavaScript dibanding C++ atau Java. Bahasa GO diciptakan untuk menyatukan kebutuhan-kebutuhan tadi kedalam satu bahasa yang memiliki kemudahan namun dengan kompilasi dan eksekusi yang efisien.

Pentingnya Bahasa Pemrograman Go untuk dipelajari

golang

Image Source : da6girzjrkkhq.cloudfront.net

Bahasa pemrograman Go juga dirancang untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang memiliki performansi tinggi dan memanfaatkan resource yang ada dengan seefektif dan seefisien mungkin. Berbeda seperti PHP, Phyton atau Ruby yang bersifat interpreter, bahasa pemrograman Go adalah sebuah compiler. Hasil akhir dari bahasa pemrograman Go adalah sebuah file binary yang bisa dieksekusi langsung oleh komputer tanpa memerlukan ketergantungan terhadap aplikasi yang lain. Tentu saja hal ini harus dibayar dengan file size hasil dari program bahasa Go yang sedikit lebih besar.

Bahasa pemrograman Go juga memiliiki sintaks-sintaks yang jauh lebih simpel, hal itu yang membuat bahasa pemrograman Go lebih mudah untuk dipelajari. Bahasa pemrograman Go juga memiliki dokumen yang lebih terstruktur dan lebih rapi. Selain itu bagi seorang yang baru mengenal bahasa pemrograman Go, juga menyediakan tutorial untuk belajar bahasa pemrograman Go dengan model yang lebih interaktif.

GO ( Bahasa Pemrograman)

Ketika melakukan pemrograman di Go, maka kita akan “dipaksa” untuk menggunakan metodologi penulisan mereka. Metodologi dari bahasa pemrograman ini juga menghasilkan rangkaian kode yang bersih dan sangat rapi. Go adalah bahasa yang menganut konsep strongly typed programming, di mana semua elemen di Go harus dideklarasikan tipe datanya. Hal ini mengakibatkan disiplin yang sangat tinggi yang harus dianut oleh Programmer bahasa Go. Go juga tidak akan menolerir apabila sebuah variable atau package didefinisikan tetapi tidak pernah digunakan.

Di usianya yang masih muda dibanding bahasa lain. Go berkembang sangat pesat dan banyak diadopsi oleh banyak perusahaan besar untuk menyesaikan problem komputika mereka. Hal ini tentunya tak lepas dari dukungan para pengembang dan pengguna Go. Komunitas Gopher, para pengguna Go, inilah yang memberi kontribusi cukup besar bagi perkembangan Go.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Kepopuleran bahasa pemrograman Go berdasarkan indeks Tiobe juga sedikit demi sedikit mulai naik. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi developer yang ingin mencoba mempelajari bahasa pemrograman Go, The Go Play Space mulai terus dikembangkan.

The Go Play Space merupakan sarana bereksperimen dengan bahasa pemrograman Go yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Go itu sendiri. Bahasa pemrograman Go dikembangkan dengan GopherJS, transpiler dari Go ke dalam kode JavaScript, dan Vecty, pustaka frontend mirip React untuk GopherJS.

golang

Image Source : i.ytimg.com

The Go Play memiliki fitur-fitur seperti:

  • Syntax highlighting
  • Golang help lookup (akan menampilkan informasi saat melakukan double click di kata kunci Go seperti Println, func, dll.)
  • Live syntax error checking
  • *Error line highlighting
  • Highlight lines and blocks of code
  • Keyboard shortcut (ada keterangan di tiap tombol)  
  • Memiliki support UI themes and UI tweaks (yang berada di Settings)
  • Support font Fira Code (bisa menggunakan yang ada di sistem atau webfont)
golang

Image Source : loginworks.com

Bahasa pemrograman GO juga memiliki kelebihan dibandingkan bahasa pemrograman lain, seperti

  • Mendukung konkurensi di level bahasa dengan pengaplikasian cukup mudah
  • Mendukung pemrosesan data dengan banyak prosesor dalam waktu yang bersamaan (pararel processing)
  • Memiliki garbage collector
    Proses kompilasi sangat cepat
  • Bukan bahasa pemrograman yang hirarkial, menjadikan developer tidak perlu ribet memikirkan segmen OOP-nya
  • Package/modul yang disediakan terbilang lengkap. Karena bahasa ini open source, banyak sekali developer yang juga mengembangkan modul-modul lain yang bisa dimanfaatkan

TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Contoh syntax bahasa pemrograman Go :

var message = `Nama saya “Rian Saputra”.

Salam kenal.

Mari belajar “Golang”.`

fmt.Println(message)

Bahasa Go memang sangat menarik untuk dipelajari dan sudah mulai banyak industri dan perusahaan yang menggunakan Go sampai level production, termasuk diantaranya adalah Google sendiri. Menarik untuk melihat perkembangan dari bahasa pemrograman Go dimasa depan.

Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 32 times, 1 visits today)