Bahasa pemrograman terbaik di tahun 2022 ini wajib diketahui dan bisa menjadi referensi Anda. Bahasa pemrograman merupakan sebuah instruksi standar yang bertugas untuk memerintahkan komputer. Bahasa pemrograman sering disebut juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemograman komputer. Bahasa pemrograman juga bisa di katakan sebagai alat untuk menampung suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang khususnya dipakai untuk mendefinisikan sebuah program yang berada di komputer.

Bahasa pemrograman saat ini masih terus berkembang. Bahasa pemrograman baru juga terus muncul sementara bahasa pemrograman yang lain mulai terhapus oleh waktu. Namun, ada beberapa bahasa yang tidak akan hilang eksistensinya.

1. Java

Bahasa Pemrograman terbaik

Bahasa pemrograman yang satu ini memang sangat populer dan juga dapat dijalankan di berbagai platform baik melalui PC, maupun perangkat mobile. Java memiliki beberapa kelebihan yang seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. Java juga termasuk ke dalam pemrograman OOP atau pemrograman orientasi objek, sehingga programmer menjadi lebih mudah dalam menyusun program yang menggunakan bahasa ini.

Selain itu, bahasa  Java ini juga memiliki sebuah library yang lengkap sehingga memudahkan bagi Programmer. Aplikasi yang ada di telepon genggam Android juga dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programmer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.

2. Swift, Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Apple

Bahasa Pemrograman terbaik

Swift adalah termasuk bahasa pemrograman yang paling baru dalam industri ini. Saat pertama diluncurkan, Swift menjadi bahasa pemrograman alternatif untuk Objective-C, yang merupakan bahasa utama untuk produk Apple. Developer beralih ke Swift sebab menawarkan fitur-fitur modern, seperti pemrograman konkuren (concurrent) dan pengelolaan memori otomatis. Swift juga relatif lebih mudah ditulis dan lebih cepat daripada Objective-C.

Dengan kata lain, Swift merupakan bahasa pemrograman terbaik untuk pengembangan produk Apple dan termasuk ke dalam bahasa pemrograman dengan pertumbuhan tercepat. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan produk Apple, sebaiknya memilih Swift sebagai bahasa pertama yang Anda pelajari. Selain itu, keahlian dalam mengembangkan aplikasi iOS kini sangat diminati karena Apple terus menjadi pemimpin dalam menghasilkan keuntungan dan pendapatan terbesar dalam bisnis smartphone.

3. C++

Bahasa Pemrograman terbaik

Bahasa Pemrograman C++ ini adalah salah satu pengembangan dari bahasa C. Mungkin Anda akan melihat penulisan untuk C++ dan C hampir mirip tapi meskipun demikian kedua bahasa ini memiliki perbedaan yang terdapat pada penyelesaian masalahnya. Nah, pada umumnya dalam bahasa C penyelesaian masalah adalah dengan cara pembagian ke dalam sub –sub masalah yang lebih kecil atau kita bisa sebut sebagai bahasa pemrograman yang prosedural.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Python

Python termasuk salah satu bahasa tingkat tinggi dalam tingkat bahasa pemrograman. Python juga menjadi salah satu yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini juga termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi para pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakan Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

5. Go

Bahasa Pemrograman terbaik

Go atau Golang dibuat untuk pengembangan API, aplikasi desktop berbasis GUI, dan aplikasi web. Walau tergolong masih baru, Go menjadi salah satu bahasa pemrograman terbaik yang berkembang sangat cepat. Pemrograman konkuren merupakan salah satu fitur terbaik Go. Fitur ini memungkinkan programmer untuk menggunakan CPU multicore dan codebase yang sangat besar. Ditambah lagi dengan performa yang luar biasa, Go menjadi bahasa coding yang sangat cocok untuk membuat algoritma, web server, dan pipeline data.

Berita baiknya, konkurensi Go bisa dibilang lebih sederhana dibanding bahasa lainnya. Dengan thread Goroutine yang ringan, programmer hanya perlu tambahkan sintaksis Go untuk membuat fungsi berjalan sebagai subproses. Disamping itu, Go telah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer untuk dipelajari. Walau berbasis sintaksis disiplin C, Go lebih mudah untuk dipahami karena tidak begitu kompleks.

Beberapa peluang karir terbaik untuk developer Go termasuk software engineer, data scientist, web developer back-end, dan AI researcher. Gaji developer Go juga terbilang yang paling tinggi, dan posisinya semakin banyak dibutuhkan.

6. C#

C# ini merupakan bahasa pemrograman yang sukses dikembangkan oleh microsoft. Untuk bahasa komputer yang satu ini adalah tercipta berkat penggabungan prinsip dari C dan C++. Nah, untuk pemanfaatannya paling banyak digunakan untuk platform Windows. C# masuk dalam daftar Bahasa Pemrograman yang paling laris dan terbaik digunakan karena memiliki kualitas dan keunikannya tersendiri yang membedakannya dengan jenis bahasa komputer yang lainnya.

7. JavaScript

Javascript adalah bahasa pemrograman yang berhasil dikembangkan oleh Nestcafe. Pemanfaatan bahasa pemrograman yang satu ini kebanyakan terdapat dalam pengembangan web. Dengan JavaScript ini kelebihannya bisa dilihat dari pembuatan web yang interaktif dan sangat menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup di jejaring sosial Facebook yang membahas seputar tentang JavaScript, namanya adalah “JavaScript Indonesia” . Grup ini sudah beranggotakan dengan jumlah anggota lebih dari 10 ribu orang yang aktif sampai dengan sekarang.

8. PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman back-end pertama dan penting untuk dipelajari menurut para web developer. Selain itu, PHP digunakan oleh sekitar 78,1% dari semua website sebab merupakan bahasa pemrograman utama untuk WordPress. PHP lebih mudah dipelajari dibanding bahasa pemrograman lainnya. Selain memiliki banyak resource yang tersedia bagi pemula, sintaksis PHP tidak terlalu rumit.

Terlebih, bahasa pemrograman ini menawarkan framework yang sangat baik untuk pengembangan website dan aplikasi. Beberapa framework terbaik di antaranya adalah Laravel, Symfony, dan CodeIgniter. Untuk peluang karir, PHP termasuk bahasa pemrograman open-source terbaik yang banyak diminati walau termasuk yang tertua dalam industri. Programmer PHP dapat menggunakan bahasa ini untuk menulis skrip command-line hingga skrip sisi server dan mengembangkan aplikasi desktop.

9. SQL

Structured Query Language atau SQL adalah bahasa pemrograman yang paling cocok untuk dipelajari jika Anda tertarik dengan data science dan komputasi statistik. SQL merupakan bahasa khusus domain, yang memungkinkan programmer membuat kueri, memanipulasi, dan menganalisa data yang disimpan dalam database relasional. SQL merupakan bahasa ketiga yang paling banyak digunakan menurut statistik Stack Overflow. Untuk peluang karir, perusahaan dari berbagai industri membutuhkan developer SQL karena perannya yang sangat penting dalam pengelolaan database.

Web developer dapat menggunakan SQL untuk mengatur database website, dan marketer menggunakannya untuk membantu dalam mengevaluasi kampanye pemasaran. Selain itu, ada begitu banyak sistem pengelolaan database yang menggunakan SQL, termasuk MySQL dan MariaDB. Dengan kata lain, developer SQL memang cukup diminati. Untungnya, belajar SQL tidak sulit sebab sintaksisnya menggunakan kata-kata bahasa Inggris umum.

10. Ruby

Ruby adalah termasuk bahasa pemrograman open-source populer lainnya. Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk pengembangan aplikasi web, tetapi programmer juga dapat menggunakannya untuk analisis data dan membuat prototype. Karena Ruby menggunakan sintaksis dengan bahasa Inggris, Anda dapat mempelajari bahasa interpreted serbaguna ini dengan cukup mudah.

Disamping itu, framework Ruby on Rails (RoR) memberikan banyak keuntungan, termasuk keamanan yang lebih baik, tidak perlu sering maintenance, dan cocok bagi full-stack development. Walau banyak yang merasa bahwa Ruby sudah tidak laku, bahasa pemrograman ini menjadi salah satu opsi paling stabil untuk pengembangan website. Jadi, jika ingin meningkatkan skill web development dan aplikasi web, Anda bisa coba mempelajari Ruby.

Nah, itulah bahasa pemrograman terbaik 2022, mana bahasa pemrograman yang paling menarik untuk Anda? menerapkan mana bahasa pemrograman yang ingin ditekuni terlebih dahulu akan membuat kemungkinan besar Anda berhasil. 


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia Phone: 021-21192578,WhatsApp: 0816999735
Email: recruitment@tog.co.id

(Visited 609 times, 1 visits today)