Sedang berdebar menanti interview front-end developer? Baik level junior atau pun senior, Anda yang saat ini menginginkan melewati tes wawancara pasti penasaran pertanyaan yang akan Anda harus jawab.

Mengetahui materi interview front-end developer menjadi kunci jitu untuk merengkuh pekerjaan front-end developer yang Anda dambakan selama ini. Selain faktor psikologis, tentunya pengetahuan dan keahlian Anda di posisi ini akan memperoleh ujian ketat di hadapan pihak Human Resource Development atau HRD dari perusahaan yang kalian lamar.

Interview Front-End Developer

Interview Front-End Developer

Pertanyaan Umum

Secara garis besar, ada lima jenis pertanyaan yang biasanya dilontarkan oleh pihak pewawancara ke calon front-end developer yang mereka panggil. Yang pertama adalah pertanyaan umum.

Persiapkan diri Anda menghadapi interview front-end developer pada sesi ini dengan pertanyaan seperti apa yang belum lama ini Anda pelajari dan hal menarik apa dari coding sehingga Anda memutuskan untuk mempelajarinya. 

Pihak HRD mungkin akan menanyakan tantangan teknis apa yang baru-baru ini Anda hadapi lalu bagaimana cara mengatasinya. Pihak penanya akan menggali bagaimana alur kerja Anda dalam membuat sebuah web dan situs kontrol versi apa saja yang Anda kenali. 

Di level ini, Anda mungkin sudah harus menjelaskan lingkungan coding apa yang Anda sukai; OS, Editor atau IDE, Browser, Tools atau yang lainnya.

Pertanyaan terkait HTML

Selanjutnya adalah pertanyaan mengenai HTML. Yang akan Anda jumpai bisa berupa apa yang doc type lakukan. Pewawancara bisa jadi akan menggali perbedaan antara modus standar dan modus quirks, HTML dan XHTML serta apakah ada masalah dengan melayani halaman sebagai aplikasi/xhtml+xml.

Pertanyaan yang mungkin muncul berikutnya yakni bagaimana cara Anda melayani halaman dengan konten dalam berbagai bahasa. Pihak HRD bisa saja mencaritahu bagaimana cara Anda mewaspadai saat proses perancangan atau pengembangan situs multibahasa.

Level pengetahuan Anda tentang HTML akan digali melalui pertanyaan seperti apa saja yang membentuk HTML sebagai platform web terbuka. Buktikan ilmu Anda dengan menjelaskan perbedaan antara cookie, sessionStorage dan localStorage jika memang diminta. Siapkan pula jawaban tentang perbedaan antara <script>, <script async> dan <script defer> apabila muncul. 

Pertanyaan Kinerja

Sisi kinerja Anda turut digali melalui pertanyaan, seperti tool yang digunakan untuk mencari masalah kinerja dalam kode Anda. Pewawancara bisa jadi ingin mengetahui apa yang dapat Anda gunakan untuk menambah kinerja scrolling dalam web Anda. Tidak luput pertanyaan tentang perbedaan layout, painting dan compositing bisa dikemukakan oleh pihak HRD.

Pertanyaan Jaringan

Lebih baik mempelajari tentang jaringan untuk mengantisipasi pertanyaan terkait ini dari pihak HRD. Contoh pertanyaan yang bisa muncul yakni bagaimana contents kerja dari saat Anda mengetikkan URL situs web sampai saat halamannya selesai tampil di layar Anda.

Soal lainnya bisa jadi Anda diminta menjelaskan mengapa lebih baik untuk melayani aset situs dari beberapa domain dan aksi HTTP apa yang diketahui. 

Pertanyaan Coding

Besar kemungkinan coding masuk dalam daftar tema pertanyaan. Pihak HRD kemungkinan akan masuk ke pertanyaan sangat spesifik, seperti:

  1. Apakah hasil foo?

Var foo = 10 + ‘20’;

      2. Bagaimana Anda akan membuat fungsi berikut ini bekerja?

add(2, 5); // 7

add(2)(5); // 7; dan

      3. Apakah hasil yang akan dikembalikan dari pernyataan berikut?

“I’m a lasagna hog”.split(“”).rev

Pertanyaan tambahan

Terakhir, Anda bisa menemukan pertanyaan tambahan yang akan menambah nilai kompetensi Anda di mata calon atasan. Ini terutama penting bagi Anda yang sudah berada pada level senior. 

Contoh pertanyaan pada saat interview front-end developer dalam sesi ini adalah proyek menarik yang belum lama ini rampung Anda lakukan. Persiapkan jika nanti Anda harus menjelaskan hal favorit tentang alat pengembang yang Anda gunakan. Pertanyaan “pemanis” dapat berupa apa fitur yang Anda sukai di Internet Explorer.

Demikianlah pertanyaan-pertanyaan interview front-end developer. Sudahkah pertanyaan tersebut Anda kuasai semuanya? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda kesini jobs, dengan begini anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat, sukses untuk wawancara Anda nanti.

Baca juga artikel lainnya : Mengapa Gaji Project Manager IT Tinggi?


DAPATKAN UANG TUNAI Hingga Rp 2,5 JUTA UNTUK SETIAP ORANG YANG ANDA REKOMENDASIKAN

Rekomendasikan Teman atau Keluarga Anda dan Dapatkan Keuntungannya Cukup dengan mengisi formulir di sebelah kanan, kami akan segera menghubungi teman atau keluarga Anda. Jika Mereka dinyatakan LOLOS saat recruitment maka Anda berhak mendapatkan uang tunai hingga Rp 2,5 JUTA.

Referral Program TOG Indonesia

Referral Program TOG Indonesia adalah sebuah program dimana kita bisa merekomendasikan rekan/kerabat Anda untuk bergabung dengan TOG Indonesia (PT Tekno Gemilang). Apabila orang Anda rekomendasikan telah dinyatakan lulus proses seleksi, Anda akan langsung mendapatkan uang tunai hingga 2.5 jt untuk setiap 1 orang yang kamu rekomendasikan.⁣ Kamu bisa kunjungi Form Referral Program TOG Indonesia, yuk ikutan.



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 28 times, 1 visits today)