Saat ini semakin banyak pihak yang membutuhkan mereka yang mahir di bidang IT. Salah satu yang banyak dicari adalah web developer. Web developer sendiri merupakan profesi yang pekerjaan utamanya membuat dan mengembangkan website, mulai dari mengatur domain, membuat database, hingga menciptakan aplikasi berbasis web. Kalau Anda akan menjalani interview web developer, coba baca ini dulu.

Beberapa Pertanyaan Interview Web Developer

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang akan muncul saat Anda menghadapi interview web developer.

1. Apa tanggung jawab web developer?

Tentu ini untuk menguji seberapa jauh pemahaman Anda terkait tugas dan tanggung jawab web developer. Anda bisa menjwaab bahwa web developer bertanggung jawab untuk merancang, menganalisis, mengembangkan, hingga meluncurkan website. Situs tersebut harus user-friendly. Artinya, web developer bisa memelihara website tersebut.

2. Proyek apa saja yang sudah sukses dikerjakan?

Anda bisa menjabarkan berbagai proyek website yang telah Anda selesaikan sebelumnya. Untuk memvalidasi itu, bawalah hasil prestasi dan portofolio dari proyek tersebut. Anda juga bisa menyampaikan kendala dan solusi saat menjalankan proyek tersebut.

3. Bahasa pemrograman apa saja yang sudah dikuasai?

Beri jawaban yang jelas dan detail bahasa pemrograman apa saja yang paling Anda kuasai.

4. Apa yang membuat Anda tertarik menjadi web developer?

Ketika menghadapi pertanyaan ini, jawablah dengan menunjukkan antusiasme, pengalaman, dan komitmen Anda dalam mengembangkan website. Beri penjelasan terkait

tool yang pernah digunakan dan alasan yang membuat Anda tertarik di bidang pengembangan web ini.

5. Apa yang Anda lakukan untuk mengikuti tren perkembangan web?

Jelaskan rencana dan riset yang Anda siapkan untuk mengetahui tren situs saat ini. Jangan lupa tambahkan sumber yang kredibel dan pendapat Anda terkait tren situs tersebut.

6. Bagaimana cara memenuhi keinginan klien?

Memenuhi keinginan klien bisa dibilang menjadi tantangan tersendiri untuk seorang web developer. Tidak semua klien bisa dibujuk denga mudah. Oleh karena itu, tunjukkan kepada interviewer bahwa Anda bisa berkomunikasi dan bernegosiasi dengan klien.

Itulah beberapa pertanyaan yang akan Anda hadapi saat interview web developer. Sudah siap menghadapi interview?

Baca juga : Tugas Web Developer yang Datangkan Gaji Tinggi

(Visited 43 times, 1 visits today)