Profesi IT network engineer memiliki peran yang amat luas dalam sebuah perusahaan. Tak hanya bertanggung jawab dari segi internal, seperti berhubungan dengan database, tapi juga eksternal dengan pengguna. Oleh karena itu, profesi IT network engineer dibutuhkan guna membantu mendukung keberlangsungan dan stabilitas jaringan internet di perusahaan. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang IT network engineer, yuk cari tahu lebih lanjut ulasan dibawah ini.

Apa Itu IT Network Engineer

IT network engineer

Sumber Foto : miro.medium.com

profesi yang satu ini memiliki tanggung jawab atas keberlangsungan dan stabilitas jaringan internet sebuah perusahaan. Stabilitas tersebut diukur oleh data, suara, panggilan, video ketika digunakan oleh seluruh tim yang ada di perusahaan tersebut.

Pada umumnya, profesi ini memiliki tanggung jawab dalam membuat desain dan implementasinya di suatu area. Selain itu, melakukan monitoring dan melakukan pengaturan secara rutin agar tidak ada sedikit pun masalah hal wajib yang harus dilakukan.

Job Desk IT Network Engineer

Mendukung penggunaan jaringan

Setiap orang yang bekerja pada posisi ini, dituntut untuk memiliki pemahaman dasar mengenai jaringan internet, hingga instal dan konfigurasi. Kebutuhan penginstalan dan konfigurasi ini meliputi router, proxy servers, switches, WAN accelerators, DNS, dan DHCP.

Memimpin proses pengadaan peralatan

Bagi sebuah perusahaan, mengatur harga konsumsi agar terkontrol menjadi hal yang penting. Meski berstatus engineer, mereka seringkali diminta untuk memimpin proses pengadaan peralatan. Proses pengadaan ini meliputi seperti mencari kontraktor yang menjual peralatan jaringan dalam jumlah banyak dan besar. Dalam proses ini, terdapat tiga hal yang menjadi pertimbangan network engineer, kualitas peralatan, usia maksimum alat, dan biaya.

Menciptakan jaringan yang efisien dan aman

Mengatasi masalah tersebut menjadi salah satu tugas yang wajib dilakukan. Mereka dituntut untuk menciptakan jaringan internet yang efisien tetapi harus tetap aman. Efisien di sini dimaksudkan pada harga. Karena dalam beberapa kasus, internet yang aman memiliki harga yang mahal dan harus bisa memilih penyedia layanan internet yang cocok untuk perusahaan.

Oleh karena itu, mereka diharapkan bisa mengatasi persoialan ini, entah itu menggunakan provider dengan harga murah atau menciptakan sistim keamanan terpadu.

Baca juga : 5 Sertifikasi SQL Terbaik untuk Meningkatkan Karir Anda di Tahun 2021

(Visited 22 times, 1 visits today)