Beban Pekerjaan – Bukan hanya tugas yang menumpuk, deadline dan tekanan dalam bekerja terkadang bisa menjadi beban bagi seorang karyawan. Belum lagi ketika moodsedang tidak bagus. Pekerjaan yang rutin dikerjakan terasa lebih berat.

Sebagian pegawai yang tak kuat pasti akan memilih menunda menyelesaikan tugas dengan harapan menjadi lebih fresh. Padahal, menunda pekerjaan itu berarti kamu menyiksa diri sendiri.

Daripada menunda yang akhirnya membuat pekerjaan terbengkalai, sebetulnya ada lho caranya agar pekerjaan tidak lagi menjadi beban.

Jika saat ini Anda berada di dalam kondisi tersebut, Anda bisa lakukan beberapa tips ini agar jangan jadikan pekerjaan anda sebagai beban:

1. Berdoa sebelum bekerja

beban pekerjaan

Sewaktu kecil kita diajarkan untuk berdoa sebelum melakukan sesuatu, misalnya membaca doa sebelum tidur. Oleh karena itu, biasakan juga berdoa sebelum Anda bekerja sesuai keyakinan Anda. Dengan berdoa, Anda memiliki energi positif karena percaya bahwa Tuhan YME akan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

2. Bersyukur bahwa Anda telah mendapatkan pekerjaan

Apa yang Anda cari ketika lulus kuliah? Salah satunya adalah mencari pekerjaan.

Nah, karena Anda sekarang sudah menjadi karyawan, bersykurlah Anda mendapatkan pekerjaan karena masih banyak orang yang masih mencari pekerjaan. Dengan bersyukur, pikiran Anda akan memberikan getaran positif sehingga Anda dapat menghadapai dan mengerjakan pekerjaan dengan nyaman.

3. Lakukan yang terbaik

beban pekerjaan

Semudah atau seberat apa pun pekerjaan Anda, lakukan yang terbaik. Sebagai contoh, Anda diminta laporan penjualan bulan lalu oleh atasan Anda. Buatlah laporan tersebut dengan menyertakan grafik penjualan harian, perbandingan dengan data penjualan bulan lalu, atau tren penjualan dalam 3 bulan terakhir.

Dengan melakukan yang terbaik, Anda akan mendapatkan respon yang baik juga. Mengapa? Karena Hukum Ketertarikan (law of attraction) bekerja pada Anda.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Memiliki paradigma sebagai seorang karyawan

Jika Anda selama ini menganggap Anda sebagai buruh atau pekerja, ganti paradigma tersebut menjadi Anda sebagai karyawan. Dilihat dari artinya, karyawan adalah orang yang berkarya. Dengan paradigma tersebut, Anda siap berkarya (menyelesaikan pekerjaan) sehingga karya Anda berkontribusi kepada perusahaan.

Semakin banyak Anda menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda, semakin besar karya Anda. Bila sudah demikian, bukan tidak mungkin karya gemilang Anda tersebut membawa Anda ke puncak karier Anda.

5. Ingat sasaran karier Anda

beban pekerjaan

Betapa pun beratnya beban pekerjaan Anda akan terasa ringan bila Anda mengingat sasaran karier Anda. Anggaplah pekerjaan-pekerjaan yang sedang Anda hadapi sekarang sebagai tangga untuk meraih sasaran tersebut atau meningkatkan daya saing Anda. Semakin baik Anda dalam mengelola dan menyelesaikan pekerjaan tersebut, sasaran Anda akan semakin cepat tergapai.

6. Kerjakan pekerjaan yang paling sulit terlebih dahulu

Setiap hari kerja Anda tentu mendapat beberapa pekerjaan, baik yang mudah atau yang sulit. Agar tidak menjadi stres, kerjakan terlebih dahulu pekerjaan yang paling sulit.

Mengapa? Karena dengan mengerjakan pekerjaan jenis itu, suasana hati (mood) Anda akan baik.

Dampaknya, Anda akan terus bersemangat menyelesaikan pekerjaan harian Anda.

Pekerjaan sulit saja bisa diselesaikan, apalagi yang mudah? Pertanyaan tersebut mungkin ada di benak Anda sebagai motivasi internal.

7. Bekerja dengan ikhlas

Bekerjalah dengan ikhlas sehingga yang Anda lakukan menjadi ibadah bagi Anda. Keikhlasan ini akan membuat Anda terus bersemangat karena getaran positif memenuhi pikiran Anda.

Dengan getaran positif itu Anda akan terus bertindak menyelesaikan pekerjaan Anda. Di sinilah Hukum Ketertarikan bekerja untuk Anda.

Tambahan: Semua pekerjaan akan menjadi beban bila tidak dikelola dengan pikiran positif. Pikiran ini akan muncul bila Anda menerapkan satu atau beberapa tips di atas.

Ujung-ujungnya, Anda akan bersemangat karena semua pekerjaan dapat diselesaikan. Selamat mencoba ya!


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

 

(Visited 30 times, 1 visits today)