Kian hari, kebutuhan akan jasa konsultan IT (Information Technology) Indonesia makin dibutuhkan. Tidak hanya oleh bisnis yang sedang atau sudah berkembang saja, namun bisnis yang ingin berkembang pun memerlukan jasa konsultan yang terkait dengan infrastruktur IT khususnya yang ada di Indonesia tersebut.

Seperti diketahui jika di abad ke-21 ini, semua fasilitas yang ada di sekitar kita telah berbasis teknologi. Hal ini memicu mobilitas yang tinggi dari setiap orang, tidak ketinggalan bisnis yang juga harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Sebab jika tidak, maka bisnis tersebut akan tertinggal jauh dan imbasnya akan mengalami kemunduran, atau yang parah lagi terkena kebangkrutan.

Bisnis yang dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi tentu akan dapat berkembang dengan cepat, ketimbang tidak mengikutinya. Namun tidak sedikit bisnis yang ingin berkembang tidak menghiraukan hal ini. Padahal, peran jasa konsultan IT ini demikian penting bagi tumbuh kembangnya bisnis di Indonesia.

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan IT Indonesia

Jasa konsultan IT Indonesia, saat ini telah menjadi suatu bagian penting dalam kegiatan bisnis. Aktivitas dan jasanya sendiri, bertanggung jawab kepada penerapan solusi teknologi dalam memecahkan masalah di dalam bisnis. Konsultan IT berarti adalah pakar IT yang menyediakan jasanya untuk merekomendasikan perencanaan terbaik untuk implementasi teknologi yang paling tepat diterapkan oleh suatu bisnis.

Nah, berikut ini adalah manfaatnya, apabila bisnis Anda menggunakan jasa konsultan IT Indonesia demi pengembangan bisnis yang masif :

  • Dapat menghemat waktu, karena optimasi IT akan dirancang oleh konsultan IT, sehingga Anda dapat lebih berkonsentrasi di dalam menjalankan strategi bisnis.
  • Pengeluaran bisnis akan dapat terkontrol, sebab konsultan IT dapat memberikan gambaran tentang pembiayaan kebutuhan IT yang diperlukan perusahaan.
  • Dengan hadirnya jasa konsultan IT Indonesia , maka bisnis akan dapat meningkatkan produktivitas kerja, sebab sistem perangkat lunak (software) yang diciptakan akan tepat guna sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Anda tidak perlu repot memikirkan seperti apa manajemen yang paling efektif diterapkan di dalam bisnis, karena konsultan IT paham dengan persis, seperti apa manajemen yang paling efektif diterapkan bagi bisnis klien.
  • Jasa konsultan IT memberi keterampilan teknis tertentu yang tidak dimiliki oleh klien dan dapat membagikan keterampilan tersebut kepada staf di bisnis klien.
  • Tim konsultan IT dapat mengajarkan keterampilan atau skill teknis tertentu di bidang IT yang tak dimiliki oleh staf, sehingga akan membuat staf menjadi berkembang.
  • Anda akan mendapat informasi terkait apa yang sedang atau sudah dilakukan oleh perusahaan lain atau kompetitor di industri yang sama sehingga klien tidak akan tertinggal di dalam kompetisi bisnis.
  • Konsultan IT akan dapat meningkatkan produktivitas bisnis Anda melalui komunikasi yang terbuka, seperti berbagi pengetahuan dan melakukan kolaborasi dengan para staf Anda, sehingga bisnis Anda akan lebih terbuka terhadap inovasi-inovasi baru yang dapat dihasilkan.
  • Kustomisasi layanan oleh jasa konsultan IT Indonesia, dapat menguntungkan dan memudahkan bisnis Anda cepat berkembang, sebab di dalam layanannya klien dapat menyesuaikan fasilitas di bidang IT apa yang paling dibutuhkan dan masalah apa yang sedang dihadapi.

Tugas dan Tanggung Jawab Konsultan IT

Tugas dan tanggung jawab konsultan IT tidak hanya sekedar memberikan ide dan perencanaan penerapan teknologi saja, namun terkadang juga merealisasikan ide dan saran bagi bisnis tersebut hingga terwujud. Sebagai informasi bahwa, konsultan IT biasanya diisi oleh tim yang telah ahli di bidangnya masing-masing seperti UI (User Interface), UX (User Experience), tim konten, tim analis, dan lain-lain. Sehingga apa yang bisnis butuhkan, benar-benar ditangani oleh tim yang profesional.

Berbeda cerita jika Anda mempercayakan kebutuhan akan infrastruktur IT hanya kepada individu saja, maka hal-hal detail di dalam optimasi IT yang dibutuhkan perusahaan, kemungkinan besar tidak akan terjamah. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab konsultan IT :

  1. Bertemu dengan klien untuk menentukan persyaratan dan infrastruktur yang diperlukan.
  2. Bersama dengan klien menentukan ruang lingkup pekerjaan dalam sebuah proyek yang akan direncanakan.
  3. Merencanakan waktu pengerjaan dan sumber daya yang akan dibutuhkan.
  4. Mempelajari spesifikasi sistem milik klien, praktik kerja dan bisnis yang dikerjakan oleh klien.
  5. Menjalin hubungan dengan semua staf di semua tingkatan organisasi bisnis milik klien.
  6. Menentukan persyaratan dan kebutuhan pekerjaan dari software, hardware, dan jaringan dari bisnis klien.
  7. Menganalisa persyaratan IT dalam bisnis klien dan memberikan saran yang objektif mengenai penggunaan teknologi yang akan diterapkan.
  8. Bertanggung jawab untuk memperbaiki rancangan sistem yang dibutuhkan bagi bisnis klien.
  9. Mengembangkan solusi dan menerapkan sistem baru, apabila diperlukan.
  10. Memberikan solusi dalam bentuk laporan ataupun dokumen tertulis.
  11. Membantu klien, apabila memerlukan perubahan dalam kegiatan pembelian sistem baru.
  12. Mendesain, menguji, melakukan penerapan, dan memantau sistem baru dapat bekerja dengan baik.
  13. Mengatur pelatihan bagi penggunaan infrastruktur IT di bisnis klien.
  14. Menjaga kontak dengan klien dan memberi bantuan apabila diperlukan, termasuk dalam maintenancenya.
  15. Mengidentifikasi klien yang memiliki potensial serta membangun hubungan baik dengan klien.
  16. Menyusun laporan mengenai kebutuhan sistem pengarsipan yang diperlukan bagi bisnis klien.

Kualifikasi Yang Perlu Dimiliki Konsultan IT

Dengan tugas dan tanggung jawabnya yang sedemikian besar dan kompleks bagi bisnis yang ingin dikembangkan, tentu saja sebagai konsultan IT haruslah memiliki tim yang telah mempunyai kompetensi dan kualifikasi yang sepadan dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya. Adapun beberapa kualifikasi dan keterampilan yang harus dimiliki oleh konsultan IT adalah:

  1. Memiliki pengetahuan, gelar sarjana atau magister di bidang IT, sistem informasi, ilmu komputer atau lainnya yang relevan.
  2. Memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara verbal dan nonverbal dengan baik.
  3. Dapat bekerja sama dengan tim.
  4. Memiliki pola pikir analitis dan mampu memecahkan suatu masalah atau problem solver.
  5. Memiliki keterampilan dalam layanan pelanggan yang baik.
  6. Memiliki keahlian di dalam menangani troubleshoot terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan software, hardware, dan network.
  7. Memiliki pengetahuan mengenai manajemen proyek.
  8. Memiliki kemampuan manajemen waktu yang efektif untuk mengejar deadline
  9. Dapat bekerja di bawah tekanan dan dapat bekerja secara multitasking.
  10. Memiliki perhatian terhadap detail sekecil apapun.
  11. Berpengalaman dengan berbagai sistem operasi dan database.
  12. Memiliki pengetahuan tentang pembuatan konsep rekayasa software dan bahasa pemrograman.
  13. Memiliki keterampilan dalam membuat keputusan yang kuat dan tepat
  14. Memiliki pengetahuan luas dan terkini mengenai dunia IT dan seluk-beluknya.

Memilih Jasa Konsultan IT Indonesia Terbaik

Dengan peran konsultan IT yang membantu klien untuk menerapkan infrastruktur teknologi sesuai dengan tujuan dari bisnis yang dijalankan demi meningkatkan kinerja dan mengembangkan bisnis, tentu saja Anda tidak dapat memilih jasa konsultasi IT secara asal.

Sebab, banyak di antara konsultan IT yang tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik hanya karena mengejar keuntungan semata. Parahnya lagi, beberapa diantaranya menyamar menjadi konsultan IT abal-abal dengan capaian kinerja yang sangat lambat dan hasil yang tidak memuaskan, sehingga hal ini akan sangat merugikan bisnis.

Untuk itulah, kiranya Anda harus benar-benar memperhatikan setiap skill dan kompetensi yang ada pada perusahaan konsultan IT yang akan Anda pilih. Berikut ini adalah panduan untuk Anda dalam memilih jasa konsultan IT Indonesia yang terbaik:

1. Cari Yang Berpengalaman

Dalam mencari jasa konsultan IT Indonesia yang berpengalaman, carilah yang benar-benar mempunyai track record yang jelas dan portofolio pengalaman implementasi di bidang produk, sistem, aplikasi dari konsultan IT yang pernah dilakukan. Sehingga tidak seperti membeli kucing di dalam karung. Perusahaan jasa konsultan IT Indonesia yang terbaik dan layak dipilih adalah yang mampu mengelola dan mengatasi berbagai rangkaian teknologi di sepanjang perjalanan karier mereka.  

2. Memastikan Legalitas Dan Keamanan Finansial Bisnis Anda

Dalam memilih kandidat perusahaan konsultan IT, Anda salah satu hal yang penting adalah memastikan bagaimana legalitas dari perusahaan konsultan IT tersebut, seperti apakah mereka memiliki surat izin seperti CV dan PT untuk kepastian kredibilitasnya. Tidak cukup hanya itu saja, tetapi dalam hal kemampuan finansial atau keuangan bisnis Anda juga harus diperhatikan. Terutama, Apakah finansial bisnis Anda mampu untuk meng-hire perusahaan jasa konsultan IT tersebut, sebab ini erat kaitannya dengan faktor kritikal di dalam bisnis. Maka tentukan dan hitunglah untung ruginya terlebih dahulu, apabila nantinya Anda akan menggunakan jasa konsultan IT, supaya Anda terhindar dari kerugian.

3. Cerdas dan Solutif

Panduan memilih perusahaan jasa konsultan IT terbaik di Indonesia berikutnya adalah memiliki wawasan yang luas, kemudian juga cerdas dan solutif di dalam mengelola, menciptakan, serta memperbaiki infrastruktur IT secara komprehensif tentunya. Solusi yang diberikan jasa konsultan IT tersebut juga harus tepat guna sesuai dengan permasalahan IT bisnis Anda.

4. Mempunyai SLA (Service Level Agreement)

Untuk mengidentifikasi jasa konsultan IT Indonesia yang baik, salah satunya adalah dengan mengetahui ciri perusahaan konsultan IT tersebut telah mempunyai SLA (Service Level Agreement), sebagai penjamin kualitas layanan dan dukungan purna jual dari infrastruktur IT kepada organisasi atau bisnis. Selain itu, pilihlah konsultan IT yang memiliki tawaran harga dan layanan yang masuk akal dan tepat guna dengan bisnis yang Anda jalankan.

5. SDM (Sumber Daya Manusia) Yang Berkompeten

Salah satu faktor penting yang dapat mendukung perusahaan jasa konsultan IT menjadi perusahaan yang kredibel atau diakui kelebihannya adalah adanya dukungan tim SDM (Sumber Daya Manusia) di dalamnya yang berkompeten di bidang IT. Bukan hanya mengenai kuantitas SDM-nya saja, tetapi kualitas dari SDM perusahaan konsultan IT tersebut juga harus terbukti, termasuk pengalaman menangani proyek dan kompetensinya yang berkaitan dengan bidang IT.

6. Memiliki Banyak Mitra

Panduan bagi Anda dalam memilih jasa konsultan IT terbaik selanjutnya adalah memastikan perusahaan konsultan IT tersebut telah memiliki banyak mitra kerja. Mitra kerja yang loyal dan telah menjadi klien tetap perusahaan konsultan IT tersebut menjadi tolak ukur dalam menilai suatu jasa konsultan IT mempunyai kinerja yang bagus dan terpercaya. Adanya mitra kerja atau klien tetap yang selalu menggunakan layanan jasa konsultan IT tersebut tentu saja berpengaruh dengan bagusnya layanan yang diberikan bagi bisnis klien.

7. Punya Portfolio Yang Berkualitas

Panduan penting terakhir dalam memilih jasa konsultan IT Indonesia terbaik dan terpercaya adalah melihat apakah perusahaan jasa konsultan IT tersebut telah memiliki portofolio yang berkualitas. Arti kualitas di sini adalah, telah memiliki pengalaman dalam mengimplementasikan layanannya di beberapa tempat. Hal ini penting untuk diketahui, sebab untuk menghindari adanya trial dan error yang dilakukan oleh tim konsultan IT di dalamnya, baik yang masih dengan background fresh graduate maupun pada level ahli. Tentu saja ini erat kaitannya dengan formasi tim di dalam jasa konsultan IT tersebut yang mana apakah menempatkan tim-tim terbaik sesuai dengan bidang kualifikasi yang dikuasainya ataukah tidak. Ini harus Anda ketahui untuk mencegah kerugian di bidang finansial yang Anda akan anggarkan, apabila menggunakan jasa konsultan IT Indonesia.

Penutup

Itu tadi pembahasan mengenai pentingnya manfaat jasa konsultan IT di Indonesia bagi bisnis yang ingin berkembang dengan cepat. Termasuk di dalamnya penjelasan mengenai seperti apa tugas, kualifikasi dan juga panduan memilih perusahaan konsultan IT yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini. Apabila Anda masih ragu, Anda dapat memilih layanan terbaik dari TOGI. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: Layanan Konsultan IT Terbaik di Jakarta

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan Konsultan IT Terbaik

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Kami siap membantu bisnis Anda untuk mengidentifikasi solusi infrastruktur IT yang paling sesuai dalam bisnis Anda untuk mencapai tujuan perusahaan yang tepat, berdasarkan budaya profesionalisme. 

Termasuk dalam hal SDM, kami mempunyai talenta bidang IT yang telah ditempatkan di berbagai perusahaan meliputi: IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, dan sebagainya.

Selain itu, TOGI juga menyediakan pelatihan kompeten dalam bidang IT dengan rekam jejak yang tersertifikasi demi mengembangkan SDM yang mempunyai pondasi kuat dalam menghadapi tantangan di era digital ini.

TOGI telah memiliki rekam jejak penempatan banyak tenaga-tenaga IT profesional maupun layanan IT manage service baik di instansi BUMN maupun swasta. Berbagai testimoni positif dan rasa puas terhadap layanan kami menjadi bukti jika kami adalah yang terdepan dalam hal solusi IT Anda. Jangan ragu ataupun bimbang karenanya. segera hubungi kami di sini untuk informasi dan layanan konsultasi IT gratis dari TOGI!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)