Pengertian Dan Jenis-Jenis E-Commerce Yang Ada Di Indonesia

E-commerce atau yang biasa kita ketahui dengan nama lain dari situs jual beli online. Pada intinya, e-commerce adalah suatu bentuk kegiatan atau aktivitas transaksi jual-beli barang atau jasa melalui jaringan internet.

Perkembangan internet yang sangat pesat, membuat jumlah pengguna internet semakin meningkat. Industri perdagangan digital juga ikut berkembang, makanya website seperti di atas terus bermunculan dan membuat bisnis online penuh dengan persaingan.

Mari kita coba bahas mengenai lebih jauh apa itu e-commerce dan juga jenis-jenisnya

E-Commerce

E-commerce (perdagangan elektronik), adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transimisi dana atau data melalui jaringan elektronik, terutama internet.

Namun kini telah mengalami berbagai macam perkembangan, mulai dari fungsi sampai jenis-jenis yang berbagai macam. Di bawah ini ada beberapa jenis-jenisnya:

1. Business to Business (B2B)

Bisnis ke Bisnis (B2B) maksud dari jenis e-commerce yang pertama ini adalah e commerce mencakup semua transaksi electronic barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan, seperti distributor/produsen dengan pedagang satuan yang biasanya melakukan jenis ini.

Contoh: Elevenia

2. Business to Consumer (B2C)

Bisnis ke Konsumen (B2C) maksud dari jenis e-commerce yang kedua ini merupakan bisnis dengan menjual ke masyarkat umum yaitu hubungan bisnis elektronik antara bisnis dengan konsumen akhir.

Contoh: Traveloka, BliBli, Tiket.com, Lazada, Berrybenka

3. Consumer to Consumer (C2C)

Konsumen ke Konsumen (C2C) maksud dari jenis e-commerce yang ketiga ini yaitu yang mencakup semua elektronik barang dan jasa yang dilakukan antar konsumen.

Contoh: Elevenia, Tokopedia dan Bukalapak

4. Consumer to Business (C2B)

Konsumen ke Bisnis (C2B) maksud dari jenis e-commerce yang keempat ini adalah konsumen memposting apa proyek atau programnya yang ditetapkan secara online lalu dalam beberapa jam perusahaan akan meninjau persyaratan dan tawaran dari konsumen atas proyeknya tersebut.

Contoh: Membuat forum/thread di olx


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Business to Administration (B2A)

B2A adalah jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi publik. Jenis e-commerce ini melibatkan banyak layanan, khususnya di bidang-bidang seperti fiskal, jaminan sosial, ketenagakerjaan, dokumen hukum dan register, dan lainnya.

Jenis ini disebutkan juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan investasi yang dibuat melalui e-government atau pihak pemerintah.

Contoh: website BPJS Kesehatan, website Pajak

6. Consumer to Administration (C2A)

Untuk C2A ini memiliki model bisnis yang sama dengan B2A. Hanya saja, C2A melibatkan transaksi antara konsumen/individu dengan administrasi publik

Contoh: website BPJS Kesehatan, website Pajak

7. Online to Offline (O2O)

Jenis O2O ini mengusung model bisnis untuk menarik pelanggan online agar mau berbelanja ke toko fisik. Intinya, konsep ini ingin menghubungkan antara saluran online dengan toko fisik.

Contoh: alfacart.com dan mataharimall.com


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 31 times, 1 visits today)