Pada zaman sekarang, kita dituntut untuk tahu mengenai manfaat dari jaringan internet yang ada. Sebab, dengan mengetahui dan memahaminya, kita dapat mengidentifikasi jenis-jenis jaringan internet yang tersedia, dan memilih mana yang terbaik untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari.   

Para pengguna internet di Indonesia, umumnya mengakses internet untuk update berita secara online, kemudian berinteraksi dengan orang lain lewat media sosial seperti: facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan layanan video gratis YouTube. Namun pada saat terjadi pandemi Covid-19, mulai marak dilakukan oleh perusahaan untuk menerapkan sistem kerja pada karyawannya dengan cara Work From Home (WFH) alias bekerja dari rumah saja.

Terkadang, dari aktivitas-aktivitas tersebut, beberapa keluhan pada saat menggunakan internet, adalah mengenai koneksi yang buruk. Oleh karenanya, diperlukan pemahaman tentang koneksi internet ini, supaya pengguna tahu mana jaringan internet terbaik yang harus digunakannya. sedangkan, yang dimaksud dengan jenis koneksi internet ini adalah jalur yang digunakan, dan bukanlah provider penyedia layanan internet ya! 

Jenis-Jenis Koneksi Internet

Mengingat betapa pentingnya kegunaan internet bagi kehidupan kita saat ini, tentu Anda juga harus paham apa saja jenis-jenis jaringan internet yang ada. Jaringan internet merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting pada saat ini. Jaringan internet sendiri terbagi menjadi dua macam yakni jaringan internet dengan kabel dan internet tanpa kabel (wireless). Tetapi dari masing-masing jenis internet tersebut, masih dibagi lagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

A.   Jaringan Internet Dengan Kabel

1. Dial-up PSTN (Public Switched Telephone Network)

Jenis jaringan internet dengan kabel yang pertama adalah dial-up PSTN yang fungsinya untuk menghubungkan komputer dengan kabel telepon atau dial up, sehingga mendapatkan koneksi internet. Jenis ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan koneksi internet. Supaya Anda mendapatkan koneksi internet, maka dibutuhkan perangkat seperti komputer, sambungan telepon rumah, dan modem. Jenis jaringan internet ini, akan menghubungkan jalur PSTN dengan Internet Service Provider (ISP) melalui jaringan telepon. Jenis ini, mempunyai kekurangan dalam hal kecepatannya yang hanya mampu menghasilkan kecepatan sebesar 56 kbps. Bahkan terkadang, sering dijumpai koneksi jenis ini kecepatannya hanya sekitar 12 sampai 20 kbps saja. 

2. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

Jenis jaringan internet ini disebut Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL). Untuk memasang jaringan ini, maka dibutuhkan perangkat yang sama seperti di atas yaitu modem. Modem ini bekerja pada frekuensi antara 34 hingga 1104 KHz. Dibandingkan dengan modem yang bekerja pada frekuensi 4 KHz, maka modem yang digunakan pada jenis jaringan internet ini frekuensinya lebih tinggi. Dan modem ini mampu menghasilkan dua frekuensi yakni frekuensi tinggi untuk mengirim data dan frekuensi rendah untuk mengirim suara. 

3. LAN (Local Area Network)

Jenis satu ini tentu sering Anda lihat dan dengar, namanya Local Area Network (LAN). Jenis jaringan internet ini hanya mencangkup area yang lebih kecil. Dengan dibantu kabel, maka satu perangkat komputer dapat dihubungkan dengan banyak komputer lainnya. Komputer utama akan berperan sebagai server utama, yang terhubung langsung dengan internet. Sedangkan komputer lainnya yang terhubung dengan server utama akan dapat berkirim data secara otomatis, tatkala terhubung dengan ISP menggunakan kabel LAN. Untuk dapat terhubung dengan internet, maka Anda harus membutuhkan satu kabel komputer utama dengan komputer lainnya untuk mendapatkan koneksi internet. Adapun kabel yang sering digunakan untuk membuat jaringan internet ini adalah coaxial atau UTP.

Baca juga: Tutorial Instalasi Server Lengkap Langkah Demi Langkah

4. TV Kabel

Jenis jaringan internet selanjutnya adalah TV kabel. Jaringan internet ini banyak digunakan oleh semua orang, dan biasanya berlangganan serta berbayar. Perangkat yang digunakan adalah Televisi (TV) yang terhubung dengan jaringan internet melalui kabel. Dengan TV kabel, Anda dapat menikmati tayangan TV lokal dari seluruh dunia. Untuk kabel yang menghubungkan perangkat TV kabel adalah kabel coaxial, yang dilengkapi dengan pemisah saluran di mana salah satu saluran akan dihubungkan ke modem. 

B.   Jaringan Internet Tanpa Kabel (Wireless)

Selain tersedia dalam jenis jaringan internet dengan kabel, penggunaan internet juga menggunakan jenis jaringan internet tanpa kabel atau biasa disebut dengan istilah wireless.

Adapun Jenis-jenis dari jaringan internet wireless ini, antara lain seperti:

1. GPRS (General Packet Radio Service)

Jenis jaringan internet wireless yang pertama ini merupakan jenis yang mengandalkan gelombang radio sehingga pengguna dapat berkomunikasi melalui suara dan berbagi data. GPRS umumnya digunakan pada alat komunikasi tanpa kabel seperti telepon seluler (ponsel). Gelombang yang digunakan ini, sangat membantu banyak orang untuk berkirim pesan termasuk dalam menggunakan e-mail. Apabila Anda pengguna ponsel, tentu Anda pernah merasakan jenis jaringan internet wireless yang satu ini! GPRS akan dipasang di ponsel yang bertipe Global Systems for Mobile Communications (GSM).

2. WiFi (Wireless Fidelity)

Istilah WiFi dapat dikatakan telah akrab di telinga masyarakat. Namun, masih banyak yang belum tahu mengenai kepanjangan dari WiFi ini. WiFi adalah kepanjangan dari wireless fidelity. Jenis jaringan internet ini menggunakan frekuensi tinggi dengan spektrum sekitar 2,4 GHz. Maka gelombang yang dihasilkan akan memungkinkan pengguna dapat menikmati jaringan internet tanpa kabel. WiFi banyak digunakan di berbagai tempat seperti kampus, kantor, fasilitas umum, dan bahkan digunakan di rumah, karena dinilai lebih praktis ketimbang menggunakan kabel LAN.

Baca juga: Apa Itu SSID? Bagaimana Cara Settingnya?

3. Akses Satelit

Jenis jaringan internet wireless berikutnya adalah akses satelit. Untuk jenis ini, biasanya pemasangannya menggunakan media parabola. Adapun kelebihan dari jaringan internet nirkabel ini adalah di koneksinya yang cepat. Di negara Indonesia sendiri, belum banyak yang menggunakan jenis jaringan internet ini. Di samping itu, harga instalasi satelit juga dirasa masih cukup mahal. Sehingga masyarakat, masih belum banyak yang menggunakannya. Akses satelit, sering dijumpai dipasang di tempat-tempat yang membutuhkan koneksi internet cepat seperti instansi pemerintahan dan juga swasta.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis jaringan internet yang ada dan tanpa kita sadari, kita telah menggunakannya dan banyak yang belum mengetahui apa saja jenis dan juga pengertiannya. Akses internet yang cepat, tentu memungkinkan seseorang dalam berselancar dengan nyaman tanpa gangguan. Dengan mengetahui perbedaannya, maka Anda akan bebas memilih dan memutuskan mana jenis koneksi internet yang paling memungkinkan dan terbaik untuk Anda gunakan di lingkungan Anda.

Lazimnya sebuah produk, semakin baik dan bagus kualitas dan kelebihannya, maka akan semakin mahal harga yang ditawarkan. Namun demikian, pilihlah dengan bijak mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, supaya nantinya biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan manfaat yang Anda terima. Ulasan di atas, semoga dapat membantu Sahabat TOGI ketika hendak memasang jaringan internet, dan juga semoga dapat memberikan wawasan baru dan bermanfaat. 

Apakah Anda fresh Graduate, atau profesional IT yang sedang mencari pekerjaan impian? Jangan ragu-ragu untuk mendaftarkan diri di situs pencarian kerja khusus IT terpercaya dan menjanjikan, yaitu TOGI HR. Segera kirim CV Anda melalui email yang tertera di laman web dan raih masa depan cerah bersama karir yang cemerlang. Upgrade terus skill Anda saat ini dan jangan pernah berpuas diri atas pencapaian yang didapat saat ini ya!


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)