UI dan UX – Beberapa orang tidak mengetahui secara pasti mengenai User Interface (UI) dan User Experience (UX), bahkan ada yang menganggap UI dan UX merupakan suatu hal yang sama. Pada faktanya UX dan UI itu berbeda, namun satu sama lain saling berhubungan.

Mari kita bahas terlebih dahulu soal HCI (Human Computer Interaction) Concept, Karena Human Computer Interaction adalah hal yang sangat berhubungan sekali dengan UI dan UX.

ui dan ux

Apa yang biasa kita lakukan sehari-hari yang berhubungan dengan device seperti komputer, atau laptop selama ini, merupakan suatu bagian dari HCI. Dimana saat kalian menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone, melakukan swap gesture, dan Anda bisa mendapatkan control penuh terhadap device tersebut. Nah itulah yang dinamakan dengan interaksi.

Belajar UI/UX Design kita juga harus mengetahui interaksi tentang 2 hal tersebut. USER dan DEVICE. Kita diharuskan mendesain bagaimana suatu Apps, platform website, dan platform yg lain agar bisa lebih mudah digunakan oleh user/manusia dari interface yang disuguhkan.

Perbedaan UI dan UX

UI Design

ui dan ux

Untuk UI designer mereka lebih fokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang akan digunakan oleh user. Visualisasi adalah kunci dari UI design dan fokus pada bagaimana tampilan interface yang akan dipakai user bisa menjadi menarik. Penataan bentuk yang kita lihat pada user interface adalah karya seorang UI designer.

UX Design

ui dan ux

Nah sampai sini sudah paham kan ya, apa perbedaan UI dan UX? Jadi kesimpulannya UI & UX itu adalah hal yang berbeda tapi saling terkait. Dan tugas dari seorang UI/UX Designer sendiri bukan berarti dia cuma bisa membuat design suatu aplikasi atau website yang keren dan bagus. Tapi bagaimana dia memecahkan suatu masalah, membuat aplikasi tersebut terlihat simple, dan mudah untuk digunakan oleh user/manusia.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 99 times, 1 visits today)