5 Kandidat Pesaing Terberat Anda Saat Wawancara Kerja

Sobat pembaca TOG HR Indonesia, Panggilan wawancara kerja telah datang. Anda merasa sangat bersemangat sekali. Sekarang Anda harus menyusun strategi untuk memenangkan persaingan dengan para kandidat lain. Apa saja yang sudah Anda siapkan? Latihan menjawab pertanyaan? Berkas-berkas lamaran kerja? Apakah Anda sudah membayangkan siapa saja kandidat yang akan berjuang melawan Anda kelak? Anda harus mengenali mereka agar bisa mengetahui cara mengunggulinya.

Penting sekali untuk mengenali potensi pesaing dalam wawancara kerja yang akan Anda hadapi. Setiap tipe pelamar kerja memang punya kelebihan masing-masing, tetapi mereka juga punya kelemahan. Karena itu, persiapkan strategi untuk melampaui mereka dan jadi yang terbaik.

Info Loker

Berikut ini 5 kandidat pesaing terberat anda saat wawancara kerja:

1. Si Super Siap

kandidat

Ini adalah tipe yang biasanya paling tidak kita sukai. Pesaing dalam wawancara kerja ini adalah tipe kandidat yang akan mulai mempersiapkan materi-materi untuk wawancara beberapa detik setelah dikabari. Dia adalah kandidat yang tangguh dan mungkin paling Anda benci, Dia meluangkan banyak waktu untuk mempelajari dan meneliti tentang perusahaan, dan berlatih cara menjawab setiap pertanyaan yang mungkin keluar dari mulut pewawancara.

2. Si Penyandang Gelar

Dalam wawancara kerja mana pun, kemungkinan Anda akan bersaing dengan seorang kandidat yang memiliki gelar kuat: pendidikan di universitas top, kronologi karir di perusahaan top, pengalaman organisasi global, dan sederet gelar lain yang bisa membuat Anda merasa terintimidasi.

3. Si Pandai Bicara

kandidat

Dia mungkin tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan banyak hal sebelum wawancara kerja. Tapi, ia tahu caranya memanfaatkan 20 menit di ruang wawancara kerja dengan sempurna. Ia bisa langsung terlibat obrolan asyik dengan pewawancara. Dia adalah kandidat yang memiliki “bakat” menjadi pembicara yang baik.

4. Si Sempurna

Tipe pesaing dalam wawancara kerja yang ini benar-benar pas dengan apa yang diminta dalam persyaratan: lama pengalaman yang dimiliki, dalam bidang yang memang diminta lowongan, pengetahuan spesifik di industri yang sama, dan sertifikat dalam skill yang diminta. Dalam kertas, kandidat inilah yang paling sempurna.

5. Si Sombong

kandidat

Kandidat ini sebenarnya mudah dikalahkan. Dia mungkin punya segala kelebihan, kemudian memamerkannya dengan dada membusung. Pewawancara mungkin tidak suka dengan kepribadiannya. Dia bisa saja membuat kesalahan sendiri.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

(Visited 36 times, 1 visits today)