Keahlian analis sistem sangat diperlukan jika Anda ingin menjadi seorang analis sistem di bidang IT.  Seorang analis sistem juga harus mempelajari setiap masalah dan ke kebutuhan dari suatu perusahaan untuk menentukan bagaimana orang, data, proses, komunikasi, dan teknologi informasi. Seorang analis sistem adalah orang yang paling bertanggung jawab pada proses analisis dan perancangan sistem informasi. Tugas utama seorang analis sistem adalah menentukan bentuk sistem yang akan dibangun nantinya. Oleh karena itu, seorang analis sistem harus  memiliki dan dibekali dengan beberapa keahlian spesifik seperti

1. Memiliki Keahlian Analisis

keahlian analis sistem

Image Source : marketingevolution.com

Keahlian analisis sistem sangat berguna karena digunakan dalam memetakan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan klien yang bisa diselesaikan dengan sistem informasi dan yang tidak. Karena itu,  dengan melakukan analisis terhadap komponen-komponennya maka seorang analis sistem akan lebih mudah memahami keseluruhan proses bisnis yang berjalan dan menentukan subsistem mana yang berindikasi mengalami masalah.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

2. Mampu Menguasai Metodologi Pengembangan Sistem

Metodologi pengembangan sistem adalah suatu proses dalam pengembangan sistem yang formal dan presisi yang mendefinisikan serangkaian aktivitas, metode, best practices dan tools yang terautomasi bagi para pengembang dan manager proyek dalam upaya mengembangkan dan merawat sebagai keseluruhan sistem informasi atau software.

Baca juga artikel lainnya : Fakta-Fakta Seputar Analis Sistem yang Wajib Kamu Tahu

3. Memiliki Keahlian Manajemen

keahlian analis sistem

Image Source : i1.wp.com

Analis sistem sangat bertanggung jawab dalam upaya mengatur sumber daya yang di bawah kendalinya, seperti programer dan teknisi. Manajemen tugas dari seorang analis sistem  yang tepat sangat berpengaruh sekali pada cepat lambatnya penyelesaian proyek. Seorang analis sistem juga harus mampu memprediksi faktor-faktor eksternal seperti kenaikkan harga perangkat, munculnya pesaing dan lain-lain.

4. Memiliki Keahlian Teknis

Seorang analis sistem  tuntut untuk mengenal dan menguasai perangkat lunak maupun perangkat keras terbaru, serta mengetahui keunggulan maupun batasan dari teknologi tersebut. Hal ini sangat membantu seorang analis sistem dalam memilih teknologi yang tepat untuk keperluan klien yang spesifik. Keahlian teknis bisa  diperoleh melalui pendidikan formal ataupun latihan khusus dan jam terbang yang lama dalam mengembangkan sistem informasi.

Baca juga artikel lainnya : Ini Pengertian Analis Sistem Secara Lebih Lengkap

5. Memiliki Keahlian Berkomunikasi

keahlian analis sistem

Image Source : 3.bp.blogspot.com

Tak hanya itu, seorang analis sistem juga harus memiliki keahlian dalam berkomunikasi atau biasa disebut interpersonal skill. Keahlian ini sangat diperlukan dalam upaya menjaring informasi yang akurat tentang permasalahan yang ada pada kliennya. Komunikasi juga sangat diperlukan untuk koordinasi dan instruksi dengan stakeholder yang lain. Dengan menjalin komunikasi secara efektif maka perkembangan proyek dan perubahan terbaru dapat dimonitor dan direspon dengan baik.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah keahlian sistem yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang analis. Oleh karena itu, peran dari seorang sistem analis sangat besar bagi perkembangan sebuah proyek dalam suatu perusahaan.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 46 times, 1 visits today)