Kebiasaan Buruk – Sebagai pekerja kantoran, Anda mungkin terbiasa untuk bekerja dari pagi hingga sore bahkan sampai larut malam di kantor. Sehingga kantor seolah menjadi rumah kedua untuk Anda. Tapi tahukah Anda, ada kebiasaan buruk ini yang tanpa disadari akan membuat Anda jadi gampang terserang sakit?

Karena ketika kita berada di kantor, biasanya kita melakukan beberapa hal lain di luar pekerjaan. Ternyata kebiasaan buruk di kantor ini berdampak tidak baik pada kinerja Anda. jangan sampai hanya karena kebiasaan seperti ini, Anda menjadi tidak produktif dalam melakukan tugas pekerjaan Anda.

Mengutip dari salah satu artikel, inilah kebiasaan-kebiasaan yang tampaknya sepele, yang patut Anda perhatikan supaya tak rentan sakit. Apa saja kebiasaan itu?

1. Tidak Rutin Membersihkan Meja Kerja

kebiasaan buruk

Banyak penelitian menunjukkan bahwa meja kantor rata-rata jauh lebih kotor daripada toilet. Itu karena, kita kerap jarang membersihkan bahkan tidak pernah membersihkan meja sendiri dibandingkan toilet yang lebih rutin dibersihkan.

Cobalah rutin membersihkan benda-benda yang ada di meja seperti telepon, mouse dan Anda setidaknya setiap dua minggu sekali dengan tisu atau sikat.

2. Keyboard Dibiarkan Kotor

Ketika Anda makan ataupun ngemil di meja kantor, tak jarang remah-remah makanan tersebut jatuh ke celah-celah tombol keyboard Anda. Untuk itu sering-seringlah membersihkan keyboard Anda dengan cara membalikkan kemudian mengguncangkannya agar debu dan kotoran yang terjebak di dalam keyboard bisa keluar. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan sikat atau sekaleng udara terkompresi untuk membersihkan keyboard Anda.

3. Menunda Makan Dalam Waktu Lama

kebiasaan buruk

Makanan harus dimakan dalam waktu 4 jam setelah dimasak. Jadi ketika Anda sudah terlanjur memesan makan, tapi Anda terlalu sibuk bekerja dan baru memakannya beberapa jam kemudian, itu tidak dianjurkan.

Solusinya, Anda bisa simpan dulu makanan tersebut ke dalam wadah yang aman lalu taruh di lemari es kantor untuk mencegah bakteri berkembang biak.

4. Membiarkan Makanan Terbuka di Dalam Lemari Es

Meski makanan sudah disimpan di dalam lemari es, tapi meninggalkannya dalam keadaan terbuka tanpa segel atau tanpa wadah di dalam lemari es dapat dengan mudah terkontaminasi bakteri. Apalagi Anda harus berbagi kulkas dengan rekan kerja lainnya.

5. Tetap Berangkat Kerja Meski Sedang Sakit

kebiasaan buruk

Setiap karyawan pasti punya dedikasi tinggi pada perusahaan. Makanya ketika sakit pun dipaksakan masuk kantor, tapi tidak harus seperti itu juga.

Ada baiknya Anda meminta izin pada atasan, paling tidak satu hari untuk memulihkan keadaan Anda. Selain membuat Anda jadi cepat sembuh, rekan-rekan kantor Anda juga terhindar dari paparan sakit Anda.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 27 times, 1 visits today)