Apakah Anda masih menggunakan Spreadsheet di tempat kerja? Spreadsheet masih menjadi pilihan umum dalam mengelola data, membuat laporan, sampai mengukur keberhasilan dalam sesuatu laporan. Sebagai HR, data-data seperti absensi karyawan, payroll, cuti dan lembur, sampai laporan pajak tentunya memerlukan data entry pada Spreadsheet yang memakan waktu yang lama.

Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom. Selain itu, Spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.


IT Konsultan & Rekruitmen HR Terbaik di Jakarta dan Yogyakarta

IT Professional Service, Managed Services, Training & Development

Hubungi Kami di: +628151622988 (Jakarta) / +6285290880808 (Yogyakarta)

Email:  [email protected] / [email protected]


Dengan semakin kompleks nya situasi pekerjaan HR dan Recruiter, human error sangat mudah terjadi dan terkadang terdapat hal yang tidak terdeteksi ketika menggunakan Spreadsheet. Teknologi HR yang semakin fungsional dan serbaguna kini membuat banyak professional sadar bahwa sudah saatnya merubah kebiasaan lama dan mencoba kesempatan baru.

Apakah banyak terjadi kerugian ketika Anda menggunakan Spreadsheet? Jika 5 tanda di bawah ini sudah terjadi dengan Anda sebagai HR, waktunya untuk mencoba teknologi baru yang mempermudah pekerjaan Anda!

1. Sulit untuk Menyelidiki Data Error

spreadsheet

Menurut studi dari Dartmouth College, 94% persen orang yang menggunakan Spreadsheet akan mengalami data error. Walaupun sekarang banyak software Spreadsheet berbasis Cloud yang dapat diakses oleh banyak orang dalam 1 file, kemungkinan error atau data hilang akan semakin besar dikarenakan semakin banyak orang yang memiliki akses untuk edit, memodif, atau menghapus data tersebut.

2. Masalah Sekuritas

Dengan menggunakan Spreadsheet untuk data-data krusial yang Anda miliki, Staff HR Anda dapat dengan mudah mencuri database perusahaan hanya dengan copy paste tanpa Anda tahu, atau kemungkinan terburuknya: dihapus.

3. Mudah Terjadi Human Error

spreadsheet

Sebagai seorang HR, data-data penggajian merupakan data yang memerlukan fokus terlebih dikarenakan seorang HR harus menghitung jumlah absen karyawan, pemotongan pajak, allowance yang didapatkan, dan lainnya yang berhubungan dengan penggajian. Tentunya memerlukan banyak waktu dikarenakan HR harus mengcheck data tersebut satu persatu lagi, dan jika terdapat 1 komponen yang salah saja, semua nominal numerik nya akan salah hitungan.

4. Data Entry Membutuhkan Banyak Waktu

Waktu Anda habis untuk Data Entry? Jika Anda memakai spreadsheet, jawaban nya pasti “iya”. Penghitungan klaim kantor, jumlah absen dan cuti, pajak yang karyawan miliki tentunya membutuhkan banyak waktu untuk melakukan Data Entry.

5. Siapa yang Benar-Benar Memiliki Master Data?

spreadsheet

Ketika si “A” meng-update data Spreadsheet yang diberikan oleh “B” via email, Anda tetap harus merubah secara manual di file master Anda. Lalu siapa yang benar- benar memiliki Master Data dari file tersebut dan manakah data Spreadsheet yang paling update?

6. Kapan Terakhir Anda Terfokus kepada Pengembangan Diri dan Karir?

Coba hitung dalam satu minggu berapa jam Anda terjebak dalam spreadsheet, dan berapa jam Anda berfokus kepada pekerjaan Anda yang lain. Jika jam untuk spreadsheet lebih banyak, sudah waktunya Anda mencari solusi lain! Jaman sekarang karyawan lebih sadar dalam memperhatikan inovasi-inovasi yang diberikan oleh perusahaan dan bagaimana cara perusahaan tersebut dalam menjalin hubungan dengan karyawan. Sebagai seorang HR, Anda membutuhkan teknologi yang dapat membantu Anda untuk lebih berfokus dalam memahami kebutuhan SDM dan rekrutmen di perusahaan.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 30 times, 1 visits today)