Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, proses pencarian kerja menjadi lebih mudah dan praktis. Kini, undangan interview kerja dapat diberikan melalui email. Namun yang perlu para pelamar perhatikan, selama proses rekrutmen, membalas email panggilan interview dengan tutur kata yang baik dan sopan merupakan etika dalam berkomunikasi.

Merespon dan berinteraksi menjadi aspek yang tak kalah pentingnya dengan kemampuan, serta kualifikasi saat mencari pekerjaan. Nah, bagaimana cara menanggapi panggilan interview kerja yang tepat? Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips membalas email undangan interview yang baik dan profesional. Ikuti sampai habis, ya!

Tips Membalas Email Panggilan Interview Kerja

1. Jangan Slow Respon

Selama proses rekrutmen, penting bagi para kandidat untuk selalu mengecek email setelah mengirimkan lamaran. Tujuannya agar kandidat dapat membalas dan mengkonfirmasi email recruiters dengan cepat.  Pada email undangan, perekrut akan menyertakan jadwal dan waktu interview, serta menanyakan ketersediaan kandidat di waktu tersebut. Jika ternyata jadwal interview tidak sesuai, perekrut membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kembali jadwal panggilan interview dengan kandidat.

2. Usulkan Alternatif Jadwal bila Tidak Sesuai

Dalam beberapa situasi, perekrut akan memberikan opsi jadwal interview. Jika pada waktu yang sudah ditentukan ternyata Anda berhalangan, maka ajukan waktu yang paling sesuai dengan Anda. Katakan bahwa Anda sangat menghargai kesempatan interview yang telah diberikan, namun waktu yang telah ditentukan tidak sesuai. Tanyakan jadwal yang sudah Anda ajukan apakah memungkinkan atau tidak.

3. Apresiasi dan Antusiasme

Hormati dan hargai recruiters dengan menunjukkan sikap sopan santun dan beretika. Sampaikan apresiasi berupa ucapan terima kasih kepada perekrut karena sudah memberikan kesempatan untuk menghadiri panggilan interview. Tunjukkan bahwa Anda antusias dan siap untuk memenuhi panggilan ini. 

4. To the Point

Balaslah email dengan ringkas dan langsung pada intinya, namun tetap menunjukkan sikap sopan santun. Gunakan bahasa yang efektif dan efisien, susun kalimat yang to the point, singkat, padat, dan jelas.

5. Tetap Profesional

Tunjukkan keprofesionalitasan dengan mengkonfirmasi kembali waktu, nomor telepon, atau alamat lokasi, sehingga lebih jelas agar tidak menimbulkan kebingungan. Sebelum dikirim kembali ke recruiters, pastikan email yang akan Anda kirimkan tidak terdapat kesalahan penulisan.

6. Tetap Membalas Email Meski Menolaknya

Ketika mengikuti proses perekrutan, penting untuk bersikap profesional. Tetap berikan konfirmasi meskipun Anda memilih untuk tidak mengikuti proses ke tahap selanjutnya. Membalas email penolakan merupakan tanggung jawab dan komitmen Anda karena sudah melamar pada perusahaan yang dituju. Ketika menolak panggilan interview, pastikan menjelaskannya dengan sopan santun dan tetap mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Baca Juga: Memahami Data Wrangling yang Wajib Dikuasai Oleh Data Analyst

(Visited 35 times, 1 visits today)