Personal branding menentukan bagaimana Anda akan membangun dan memasarkan apa yang Anda inginkan. Ini adalah asosiasi yang dimiliki orang dengan nama Anda. Dan dalam industri rekrutmen yang kompetitif, personal brand dapat membantu Anda menjadi yang paling depan. Tetapi bagaimana Anda tahu apa personal brand Anda seharusnya, dan bagaimana Anda mulai membangunnya?

Mengapa Personal Branding Sebagai Kunci Utama ?

personal branding

Personal brand yang kuat dapat secara otomatis memberi Anda keunggulan kompetitif, menurut Simon Yeung, General Manager Talent International di MelbourneNicola Godfrey, seorang konsultan di MARS Recruitment, setuju akan hal tersebut.Personal Brand yang dibangun dengan baik akan membantu meningkatkan kredibilitas Anda berdasarkan pengalaman, keahlian, kompetensi, tindakan, dan pencapaian,” kata Godfrey.

Ketika dilakukan dengan baik, personal brand pada dasarnya dapat bertindak sebagai alat rekrutmen sendiri, tambahnya.

Personal Brand yang dibangun dengan baik membantu meningkatkan kredibilitas Anda berdasarkan pengalaman, keahlian, kompetensi, tindakan, dan pencapaian,”

Ini mungkin membuatnya terdengar rumit. Tetapi personal brand perlu menyampaikan pesan yang jelas, kata Yeung. “Ini harus mengkomunikasikan siapa Anda, apa nilai-nilai yang ada pada diri Anda dan mengapa Anda,” ia menjelaskan.

1. Berbagi dan Berinteraksi

personal branding

Setelah Anda mendefinisikan pesan ini, penting untuk membagikannya melalui interaksi Anda — baik virtual maupun dalam kehidupan nyata. “Personal brand Anda mengikuti Anda ke mana pun Anda pergi, dan dalam setiap interaksi yang Anda miliki, itu sebabnya Anda harus mengetahui bagaimana Anda menampilkan diri Anda baik online maupun offline,” kata Yeung.

Meningkatkan personabrand Anda secara online sangat penting. Pelanggan baru akan meneliti Anda dan agensi / perusahaan tempat Anda bernaung sebelum mereka mendekati Anda, sehingga memiliki kehadiran online yang pintar memberi mereka materi yang baik untuk dipertimbangkan saat mereka memutuskan. Ini bisa melalui aktivitas media sosial (milik Anda dan agensi/perusahaan Anda), dan melalui konten termasuk artikel dan posting blog yang akan berguna bagi klien Anda. Interaksi offline tidak boleh diremehkan.

Acara offline/even dapat menjadi salah satu bagian dari ini — contohnya menjadi penyelenggara/tuan rumah acara networking yang berhubungan dengan CSR (Corporate Social Responsibility) atau kegiatan social lainnya, sebagai cara lain untuk meningkatkan brand perusahaan dan personal brand sebagai recruiter. Interaksi rutin dengan klien dan kandidat juga diperhitungkan. Hal ini dapat menjadi sorotan karena pencapaian utama bagi seorang recruiter, dan memasarkan keahlian recruiter sehingga tampil apa adanya dan mudah didekati. “Selalu isi/tulis pesan Anda selalu personalize dengan menunjukkan empati dan kreatif,” kata Godfrey.

2. Tampil Menonjol di Komunitas

personal branding

Personal Brand yang kuat harus menyoroti apa yang Anda lakukan secara berbeda, atau melakukan yang terbaik, kata Godfrey. “Fokus pada sebuah kedudukan yang sesuai dan spesifik di mana Anda sangat ahli dan mempromosikan diri Anda sebagai ahli dalam bidang tertentu,” katanya. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat artikel yang relevan, meninggalkan komentar yang relevan, berbicara di acara-acara menarik akan menunjukkan seorang recuitersebagai spesialis dan memberikan kredibilitas yang dibutuhkan oleh recruiter untuk berhasil.

Yeung mencontohkan seorang recruiter software developer di Talent International yang berpengalaman dalam berbagai bahasa pemrograman, framework dan teknologi. “Mereka mengekspresikan keahlian mereka melalui konten dan komentar yang mereka tulis online serta interaksi yang mereka miliki dengan klien dan kandidat dalam industri,” jelasnya.

3. Temukan Keseimbangan yang Tepat

personal branding

Terkadang, “terlalu banyak adalah berlebihan”. Jika tidak dilakukan dengan baik, personal branding dapat berubah menjadi ajang pamer diri sendiri, dan kita semua tahu ini jarang diterima dengan baik oleh orang lain. Self-promoters lebih sering fokus untuk memberi tahu pendengar mereka tentang diri mereka sendiri dan seberapa hebat mereka, alih-alih memusatkan perhatian pada hal-hal yang penting — memberikan informasi bermanfaat kepada audiens.

Godfrey mematuhi mantra: “berbicara kepada audiens Anda, bukan pada mereka.” Seorang recruiter yang benar-benar berkomitmen untuk branding positif mengetahui bahwa personal branding dibangun dari waktu ke waktu, kata Godfrey. “Itu datang dengan memahami kekuatan dan kelemahan Anda dan mengetahui bagaimana Anda ingin memposisikan diri Anda ke target market Anda,” jelasnya.

4. Jadilah Diri Anda Sendiri : Contoh Branding Pribadi

personal branding

Membuat personal brand yang memiliki reputasi baik membutuhkan waktu dan ketekunan, dan Mark Nielson, CEO APAC di Talent International adalah contoh sempurna menjadi diri Anda sendiri. Dia Mark Nielson mahir menggabungkan keyakinan dan keterampilannya sendiri dengan keseluruhan citra di Talent International.

Sebagai advokat untuk keberagaman dan inklusivitas di tempat kerja, ia mendukung inisiatif yang relevan, berpikir terbuka, dan otentik tentang siapa dirinya secara pribadi dan menghubungkannya dengan pekerjaan di industri rekrutmen. Semua ini kami tunjukkan kepada klien dan tim kami bahwa ini bukan hanya kata- kata karena kami melakukan lebih dari mengemukakan nilai – nilai dan dan Brand Talent International,” kata Yeung. “Kami menjalaninya, dan kami mempraktekkan apa yang kami ajarkan”


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 36 times, 1 visits today)