Dari Sekian banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia, bahasa pemrograman Cobol adalah salah satunya yang merupakan bahasa pemrograman yang sudah ada sejak lama. Berikut ulasan lengkap mengenai bahasa pemrograman Cobol.

Pengertian Bahasa Pemrograman Cobol

Cobol sendiri merupakan singkatan dari Common Business Oriented Language yang merupakan bahasa pemrograman untuk komputer mainframe yang sudah didesain dengan menggunakan bahasa yang mirip dengan bahasa Inggris untuk keperluan bisnis. COBOL sendiri termasuk dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi karena sudah memiliki statement yang mampu menyerupai bahasa manusia sehari-hari yaitu bahasa Inggris (English-like).

Meskipun banyak yang belum mengetahui bahasa pemrograman yang satu ini, masih banyak digunakan secara luas, telah terpasang di komputer-komputer mainframe yang memproses tumpukan data dalam skala besar dan pekerjaan pemrosesan transaksi. Untuk pengembangannya bahasa ini sudah mulai memasuki ke dalam ranah object-oriented sejak tahun 2002.

Sejarah Bahasa Pemrograman Cobol

Jean E. Sammet adalah seorang ilmuwan komputer yang sudah mengembangkan bahasa pemrograman FORMAC, lalu mendesain bahasa Cobol. Dia juga wanita pertama yang menjadi presiden Association for Computing Machinery (ACM).

Jean E. Sammet lahir di New York pada 23 Maret 1928. Dia merupakan penggemar berat dari pelajaran Matematika hingga memperoleh gelar Sarjana dari Mount Holyoke College. Saat melanjutkan studinya di University of Illinois at Urbana-Champaign, Jean E. Sammet pertama kali mengenal komputer. Pada saat itu dia masih belum begitu tertarik. Dia pertama kali mencoba pemrograman saat melakukan kalkulasi menggunakan punch card.

Pada saat dia bergabung dengan Sperry Gyroscope, disitulah karir programmernya dimulai. Setelah itu, dia dan bergabung dengan IBM pada tahun 1961.  Saat Jean bergabung dengan IBM tugas yang harus dijalani ialah mengelola Boston Programming Center.

Disinilah Jean menginisiasi konsep dan memimpin dalam pengembangan bahasa pemrograman FORMAC (Formula Manipulation Compiler), yang merupakan yang bertujuan untuk melakukan manipulasi aljabar non-numeric berbasis FORTRAN. Karya selanjutnya yang masih bertahan hingga hari ini adalah bahasa Cobol Jean merupakan salah satu dari enam orang yang mendesain bahasa ini diakhir tahun 1959.

Bahasa Cobol sendiri pada saat pertama kali muncul mendapatkan banyak sekali kritikan oleh para akademisi dan ilmuwan komputer. Mulai dari sisi penggunaan bahasanya (verbosity), desain prosesnya, dan minimnya dukungan (support) terhadap pemrograman yang lebih matematis dan terstruktur.

Oleh karena itu, bahasa Cobol mulai distandarisasikan sejak tahun 1968 dan sejak itu sudah terjadi revisi sebanyak 4 kali. Ekspansi bahasa ini sekarang sudah mendukung untuk pemrograman terstruktur (structured) dan berbasis objek (object-oriented), standar yang paling update saat ini adalah SO/IEC 1989:2014. Karena pada awal pengembangannya didukung oleh pihak militer, karena itulah bahasa ini lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer, militer Amerika Serikat pada khususnya.

Fungsi Bahasa Cobol

Sintaks dalam bahasa pemrograman ini telah dibagi menjadi empat (4) division, yaitu sebagai berikut.

  1. Identification division, yang berguna untuk melakukan indentifikasi dalam pembuatan program, tanggal pembuatan, nama program, tanggal kompilasi, dan keterangan lain berkaitan dengan info pembuatan program.
  2. Environment division, berguna sebagai informasi keadaan komputer yang digunakan serta perangkat lainnya yang berkaitan.
  3. Data division, bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mengenai format dan jenis dari data apa saja yang dipergunakan dalam program bersangkutan.
  4. Procedure division, berguna dalam memuat prosedur pemrosesan data input yang tampak pada data division untuk dihasilkan output-nya

Kelebihan dan kekurangan Bahasa Cobol

Kelebihan

  1. Bahasa pemrograman yang sintaksnya dapat menangani pemrosesan data yang masif
  2. Merupakan salah satu bahasa tingkat tinggi (high-level) yang utama
  3. Termasuk bahasa yang kompatibel dengan versi bahasa pendahulunya
  4. Apabila ada bug, akan sangat mudah ditangani karena memiliki sistem penampilan pesan error yang efektif
  5. Semua instruksi yang dikodekan ke dalam bahasa Inggris sederhana
  6. Sifatnya terbilang standar sehingga dapat digunakan pada komputer yang berbeda-beda tanpa banyak mengalami perubahan

Kekurangan

  1. Untuk sintaksnya sangat menekankan pada bentuk verbal atau (wordy)
  2. Format dan strukturnya terlihat sangat kaku (rigid)
  3. Tidak dirancang untuk diterapkan pada aplikasi sifatnya matematis dan rumit
  4. Memerlukan banyak waktu dalam melakukan kompilasi program daripada bahasa pemrograman yang lebih mengorientasikan kinerja mesin
  5. Karena kurang populer, dokumentasi yang ada pada bahasa ini pun sudah lama tidak update, sulit mencari informasi yang lengkap mengenai bahasa ini bila hanya mengandalkan search engine di internet
  6. Struktur penulisan programnya kaku dan bertele-tele, serta kurang menekankan sisi matematis

Contoh Program Cobol

Bahasa Pemrograman Cobol

Baca juga artikel lainnya : Peluang Kerja Jika Kamu Menguasai Bahasa Pemrograman Ruby


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 63 times, 1 visits today)