Konsultan IT atau Consultant IT Merupakan profesi yang bergelut dalam bidang IT yang ahli dalam memberikan jasa berupa nasihat dalam bidangnya, wujudnya berupa memberikan layanan sekaligus dalam satu waktu. Orang awam mungkin memandang bahwa seorang konsultan it memiliki pekerjaan yang sama dengan profesi IT lainnya yang tidak jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan.

Namun pada kenyataannya seorang konsultan it juga harus memiliki beberapa kemampuan diantaranya :

  • Pengetahuan yang luas dengan dunia it.
  • Mengetahui setiap permasalahan dan solusi terkait komputer, software ataupun jaringan.
  • Menguasai tulis menulis dengan baik.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan presentasi.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam hal dokumentasi

Profesi konsultan it juga merupakan salah satu profesi yang banyak di cari karena memiliki gaji nya lumayan fantastis. Akan tetapi dari gaji yang fantastis tersebut seorang konsultan it memiliki sisi yang sesuai dengan gaji yang didapat, diataranya :

Memiliki Stress Tingkat Tinggi
Profesi konsultan memiliki tingkat stress yang tinggi hal ini disebabkan oleh pekerjaan yang begitu padat. Tingkat resign nya pun tergolong sangat tinggi. Oleh karena itu lowongan pekerjaan ini  selalu tersedia. Para petinggi perusahaan pun mengiming-imingi dengan bayaran yang tinggi. Bayaran yang membuat mereka terpukau dan menjadikan mereka tidak aware dengan pekerjaan apa yang akan mereka hadapi di kemudian hari.

SOP yang Tidak Jelas
Syarat berjalannya sebuah proyek adalah dengan dengan kelengkapan dokumen panduan pengerjaan. Akan tetapi seorang konsultan it selalu ditempatkan dalam posisi yang salah, meskipun sudah mengerjakan sesuai dengan dokumen panduan. Namun pada kenyataannya adalah seiring proyek berjalan buku tersebut jarang dipatuhi terutama oleh klien yang memiliki proyek. Karena kebanyakan buku semacam itu tidak mendetail dan tidak lengkap. Atau bisa juga memang buku tersebut sudah detail dan lengkap, tetapi si klien fantasi nya berubah di tengah jalan. Sialnya seorang Project Manager tidak mampu memberikan solusi yang bagus sehingga terjadilah adu mulut diantara mereka.

Jam Kerja Ngawur
Mungkin orang IT lah yang memiliki jam kerja paling kacau setelah agen rahasia. Kondisi di lapangan yang padat memaksa terjadinya semua itu. Begadang berhari-hari di kantor klien bahkan sering kali nginep adalah keseharian si orang IT. Begadang terpaksa dilakukan karena memang ada problem yang bersumber dari si konsultan dan tidak jarang juga sumber datang dari si klien.

Hal tersebut diatas merupakan beberapa pengalaman bagi beberapa orang pernah merasakan bekerja sebagai konsultan it. Sedangkan jika ingin tahu bagaimana yang rasa yang sebenarnya tentang konsultan it adalah diketahui dengan menjalaninya. Masuk dan terjun ke dalamnya.

(Visited 177 times, 1 visits today)